Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Argentina vs Kroasia: Luka Modric Sesumbar Timnya Punya DNA Real Madrid, Terus Kenapa?

Kapten timnas Kroasia, Luka Modric sesumbar jika timnya memiliki DNA Real Madrid?
Kapten Timnas Kroasia Luka Modric/Reuters-Darren Staples
Kapten Timnas Kroasia Luka Modric/Reuters-Darren Staples

Bisnis.com, JAKARTA – Kapten Kroasia Luka Modric menyebut bahwa Kroasia memiliki DNA yang sama dengan klub raksasa asal Spanyol Real Madrid.

Karena DNA ini, Modric meyakini jika timnya tak akan gentar meski harus berhadapan dengan raksasa sekuat Argentina di semifinal Piala Dunia 2022 nanti malam.

"Bisa dibilang kami memiliki DNA yang sama dengan Real Madrid karena kami selalu berjuang sampai akhir dan tidak pernah menyerah," ungkap Modric dikutip dari Daily Mail pada Selasa (13/12/2022).

Gelandang berusia 37 tahun ini memang telah membela Real Madrid cukup lama, yakni sejak 2012. Bersama Los Blancos, Modric telah bermain 307 kali dan mencetak 25 gol.

Ia juga telah membantu Los Blancos memenangkan 4 kali gelar Liga Champions. Bahkan di Madrid, ia berhasil mendapatkan trofi Ballon d'Or.

Dengan sederet pengalamannya itu, ia mengklaim bahwa tanda-tanda Real Madrid ada di skuad Kroasia saat ini. Bersama Kroasia, Modric telah menjalani 160 caps sejak debutnya pada 2006.

Modric juga cukup berprestasi bersama Kroasia. Pada Piala Dunia 2018 di Rusia, Modric berhasil mengantarkan tim berjuluk Vatreni ini menjadi runner-up.

Pada ajang Piala Dunia 2022 di Qatar, Modric berhasil mengandaskan perlawanan raksasa Brasil di perempat final dan berhasil melaju ke babak semi final.

Padahal, Kroasia merupakan negara kecil yang jumlah penduduknya hanya sekitar 3,8 juta. Kroasia juga merupakan negara yang baru merdeka pada 1991 setelah sebelumnya menjadi bagian dari Yugoslavia.

Sementara itu, pada laga semi final menghadapi Argentina, Modric optimis Kroasia bisa memberikan perlawanan kuat.

"Saya ingin memainkan semifinal lagi melawan tim besar, itu yang saya inginkan, bukan hanya melawan pemainnya. Tentu saja Lionel Messi sangat besar di Argentina, dia adalah pemain terbaik, tetapi kami siap dan kami akan memberikan segalanya," ungkap peraih Ballon d'Or 2018 ini.

Kroasia akan menghadapi Argentina pada babak semi final Piala Dunia 2022 yang akan berlangsung di Lusail Stadium pada Rabu (14/12/2022) pukul 02.00 WIB.

Pelatih Kroasia Zlatko Dalic mengatakan telah mempersiapkan dengan matang pertandingan melawan Argentina itu. Ia telah menginstruksikan anak asuhnya untuk disiplin menahan ancaman Lionel Messi.

Dalic mengatakan Kroasia tidak akan menjalankan strategi man marking atau penjagaan ketat kepada Messi, tetapi menjalankan pendekatan defensif seperti yang dilakukan saat lawan Brasil kepada Neymar.

Pada pertandingan perempat final itu, bek-bek Kroasia bekerja meminimalisir pengaruh Neymar dalam permainan.

“Kami perlu waspada terhadap Messi, tetapi tidak dalam gaya man to man. Kami tahu seberapa banyak dia berlari, betapa dia suka bermain dengan bola di kakinya dan kunci fase pertahanan kami adalah disiplin," ungkap Dalic dikutip dari laman resmi FIFA.

Kroasia sendiri diperkirakan akan tampil dengan kekuatan penuh dan masih mengandalkan formasi seperti di laga-laga sebelumnya yakni 4-3-3.

Formasi ini ditopang oleh kekuatan lini tengah Kroasia yang diisi oleh gelandang-gelandang terbaik dunia seperti Luka Modric, Marcelo Brozović, dan Mateo Kovacic.

Prediksi Susunan Pemain

Argentina (4-3-3): Emiliano Martínez; Nahuel Molina, Nicolás Otamendi, Cristian Romero, Marcos Acuña; Alexis Mac Allister, Enzo Fernández, Rodrigo De Paul; Ángel Di María, Lionel Messi, Julián Álvarez.

Pelatih: Lionel Scaloni

Kroasia (4-3-3): Dominik Livakovic; Josip Juranovic, Dejan Lovren, Josko Gvardiol, Borna Sosa; Luca Modric, Marcelo Brozovic, Mateo Kovacic; Ivan Perisic, Bruno Petkovic, Mario Pasalic.

Pelatih: Zlatko Dalic

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper