Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Top Skor & Top Assist Piala Dunia 2022: Mbappe, Messi, Giroud Adu Tajam

Perebutan posisi pencetak gol dan assist terbanyak di Piala Dunia 2022 berlangsung ketat setidaknya hingga perempat final.
Striker Argentina, Lionel Messi/FIFA
Striker Argentina, Lionel Messi/FIFA

Bisnis.com, JAKARTA – Perebutan posisi pencetak gol dan assist terbanyak di Piala Dunia 2022 berlangsung ketat setidaknya hingga perempat final. Di sisa laga semi final dan final, perebutan gelar tersebut semakin mengerucut pada sejumlah nama.

Di daftar top skor, Kylian Mbappe masih tetap kokoh memimpin daftar top skor Piala Dunia 2022 dengan raihan 5 gol. Pemain Paris Saint Germain (PSG) ini telah mencetak 3 gol di babak penyisihan dan 2 gol di babak 16 besar.

Posisi Mbappe dibuntuti oleh rekan setimnya di Prancis yakni Olivier Giroud. Pemain AC Milan itu mencetak gol penentu kemenangan saat menghadapi Inggris di perempat final Piala Dunia 2022.

Gol tersebut mengangkat nama Giroud bersaing di daftar top skor sementara Piala Dunia 2022 dengan raihan 4 gol. "Saya pikir saya mendapat kesempatan, dan ketika kesempatan itu datang, rasanya luar biasa untuk mencetak gol," ungkap Giroud dikutip dari ESPN pada Senin (12/12/2022).

Kemudian, bersama Giroud ada Lionel Messi yang sama-sama telah mencetak 4 gol. Pada laga panas melawan Belanda di babak perempat final, peraih 7 kali Ballon d'Or itu mencetak gol lewat tendangan penalti.

Di bawah ketiga pemain itu ada nama-nama pencetak 3 gol di Piala Dunia 2022. Namun, kesemua nama seperti Marcus Rashford, Bukayo Saka, Cody Gakpo, Richarlison, Gonçalo Ramos, hingga Alvaro Morata telah pulang meninggalkan Qatar karena negaranya masing-masing tersingkir di ajang Piala Dunia 2022.

Sementara itu, pada posisi top assist, muncul nama Antoine Griezmann di puncak daftar menyamai catatan Harry Kane dan Bruno Fernandes.

Griezmann berhasil mencetak 2 assist kala menghadapi Inggris di perempat final. Ia berhasil mengirim umpan mematikan yang berujung gol dari Tchouaméni dan Giroud.

"Anda harus tetap percaya. [Antoine Griezmann] memberi saya umpan, itu sangat bagus untuk tim, luar biasa," kata Giroud.

Griezmann sendiri berpeluang memperbanyak raihan assistnya karena akan tampil di semi final. Sementara, Harry Kane dan Bruno Fernandes sudah tersingkir di ajang Piala Dunia 2022.

Berikut daftar top skor dan top assist Piala Dunia 2022

Top Skor

Pencetak 5 gol

Kylian Mbappé (Prancis)

Pencetak 4 gol

Lionel Messi (Argentina)

Olivier Giroud (Prancis)

Pencetak 3 gol

Álvaro Morata (Spanyol)

Bukayo Saka (Inggris)

Cody Gakpo (Belanda)

Enner Valencia (Ekuador)

Gonçalo Ramos (Portugal)

Marcus Rashford (Inggris)

Richarlison (Brasil)

Top Assist

Pencetak 3 assist

Antoine Griezmann (Prancis)

Bruno Fernandes (Portugal)

Harry Kane (Inggris)

Pencetak 2 assist

Andrija Živković (Serbia)

Christian Pulisic (Amerika Serikat)

Denzel Dumfries (Belanda)

Davy Klaassen (Belanda)

Dušan Tadić (Serbia)

Jordi Alba (Spanyol)

Kylian Mbappé (Prancis)

Lionel Messi (Argentina)

Mislav Oršić (Kroasia)

Ousmane Dembélé (Prancis)

Phil Foden (Inggris)

Raphael Guerreiro (Portugal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper