Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Lengkap Top Skor Piala Dunia 2022: Rashford dan Gakpo Pepet Mbappe

Papan top skor Piala Dunia 2022 kian atraktif menjelang akhir pertandingan babak penyisihan. Akankah rekor tercipta di Qatar pada tahun ini?
Selebrasi striker timnas Prancis Kylian Mbappe usai mencetak gol ke gawang Denmark pada laga Piala Dunia 2022/FIFA
Selebrasi striker timnas Prancis Kylian Mbappe usai mencetak gol ke gawang Denmark pada laga Piala Dunia 2022/FIFA

Bisnis.com, JAKARTA - Persaingan dalam mencetak gol di Piala Dunia 2022 kian ketat setelah memasuki babak akhir fase grup. Kylian Mbappe yang sempat bertahan di daftar top skor terbanyak bersama Enner Valencia, dibayang-bayangi Cody Gakpo dan Marcus Rashford.

Berdasarkan hasil pertandingan pada babak penyisihan hingga Selasa (30/11/2022), tercatat ada tiga pemain yang mengoleksi tiga gol, yakni Mbappe (Prancis), Valencia (Ekuador), Gakpo (Belanda), dan Rashford (Inggris).

Namun, langkah Valencia untuk memperbesar pundi-pundi gol terhenti, karena Ekuador gagal menembus fase gugur di grup A. La Tri, sebutan bagi timnas Ekuador, pada pertandingan Senin (29/11/2022) malam, Valencia dkk dilibas Senegal dengan skor 1-2. Ekuador tersingkir dari grup A bersama tuan rumah Piala Dunia 2022, Qatar. 

Langkah Mbappe, Gakpo, dan Rashford untuk mengoleksi gol masih sangat terbuka. Pasalnya, timnas negaranya lolos fase gugur atau masuk ke babak 16 besar. Prancis adalah timnas pertama yang lolos ke babak selanjutnya dengan menorehkan dua kemenangan pada dua pertandingan pertama. Hal itu disusul oleh Portugal dan Brasil.

Sementara itu, pencetak 2 gol tercatat ada 11 pemain. Yang mendominasi adalah pemain dari Spanyol, yakni Ferran Torres dan Alvaro Morata. Kemudian diikuti Inggris, Iran, Prancis, Brasil, Argentina, Kroasia, Korea Selatan, dan Portugal.

Adapun pencetak 1 gol tercatat mencapai 48 pemain. Asal negara terbanyak dalam mencetak gol dari Spanyol, Inggris dan Ghana. Masing-masing negara itu mengoleksi 4 gol dari empat pemain.  

Dilansir dataindonesia.id yang mengutip Opta Analyst, sepanjang 21 kali pagelaran Piala Dunia, sudah ada 2.548 gol yang berasal lebih dari 1.300 pemain berbeda.

Miroslav Klose berhasil menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Piala Dunia digelar. Sejak tampil di Piala Dunia 2002-2014, mantan penyerang timnas Jerman ini mencetak 16 gol.

Ronaldo Luis Nazario de Lima menempati posisi kedua pencetak gol terbanyak di ajang Piala Dunia, yakni 15 gol.

Kemudian, Gerd Müller telah mengoleksi sebanyak 14 gol di Piala Dunia. Pesepak bola Prancis Just Fontaine berhasil mencetak 13 gol ke gawang lawan. Sementara, Pelé pernah mencetak 12 gol di Piala Dunia. Adapun Jürgen Klinsmann dan Sándor Kocsis sama-sama mencetak 11 gol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Hendri T. Asworo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper