Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Piala Dunia 2022, Swiss vs Kamerun: Embolo Bawa Swiss Menang

Hasil Piala Dunia 2022, Timnas Swiss vs Kamerun berakhir untuk kemenangan Swiss dengan skor tipis.
Hasil Swiss vs Kamerun berakhir untuk kemenangan Swiss dengan skor 1-0. Gol kemenangan Swiss diciptakan striker Breel Embolo /FIFA
Hasil Swiss vs Kamerun berakhir untuk kemenangan Swiss dengan skor 1-0. Gol kemenangan Swiss diciptakan striker Breel Embolo /FIFA

Bisnis.com, JAKARTA - Hasil Piala Dunia 2022, Timnas Swiss vs Kamerun berakhir untuk kemenangan Swiss dengan skor 1-0.

Gol Timnas Swiss diciptakan oleh Striker Breel Embolo pada menit 48 memanfaatkan assist dari Xherdan Shaqiri.

Timnas Swiss menghadapi tim kuat asal Afrika Kamerun pada pukul 17.00 WIB, hari ini (25/11/2022) di Al Janoub Stadium, Qatar. Pertandingan kedua tim di Grup G itu dipimpin oleh wasit asal Argentina, Facundo Tello.

Setelah peluit tanda dimulai pertandingan, Swiss memulai serangan secara sporadis. Namun, pertahanan Kamerun yang dikawal oleh Castelleto dan Nkoulou membuat Swiss kesulitan melancarkan serangan.

Malah, Kamerun berbalik menyerang. Pada menit ke 10, pemain dari klub Premier League Brantford, Mbuemo melakukan akselerasi memanfaatkan umpan dari tengah.

Tendangan Mbuemo dari dalam kotak pinalti berhasil digagalkan kiper Swiss Yan Sommer. Bola muntah hasil tepisan Sommer pun gagal dimanfaatkan oleh Toko Ekambi, tendangannya meluncur ke atas atas mistar gawang.

Menit ke 11 Swiss berbalik menyerang. Namun, tendangan dari luar kotak pinalti Xhaka masih jauh di atas mistar gawang.

Striker Swiss Breel Embolo sebenarnya mempunyai peluang menghasilkan gol setelah diberikan umpan manis dari Shaqiri pada menit 12, namun posisinya offside.

Memanfaatkan kesalahan dari Manuel Akanji pada menit 14, striker gaet Choupo-Moting melakukan akselerasi ke dalam pertahanan Swiss. Sayangnya, tendangannya lemah dan berhasil diamankan Sommer.

Pada menit 25, tendangan Fai pun melambung di atas mistar. Kemudian, menit 29 kerja sama apik antara Mbuemo dan Choupo-Moting menghasilkan peluang yang dimanfaatkan Hongla. Namun lagi-lagi, Yan Sommer tampil apik dengan menahan tendangan dari Hongla.

Choupo-Moting pun lagi-lagi mendapatkan peluang. Namun, tendangannya masih bisa ditahan oleh bek Swiss, Elvidi. Pada sisa babak pertama, Akanji mendapatkan peluang dengan sundulan dari tendangan pojok, namun sundulannya masih melebar.

Hingga Facundo Tello meniup peluit babak pertama, skor pertandingan Swiss vs Kamerun masih 0-0. Swiss menguasai pertandingan dengan 44 persen penguasaan bola. Namun, tendangan yang dihempaskan Kamerun lebih banyak, yakni 5 tendangan dengan 2 diantaranya tepat sasaran.

Memasuki babak kedua, Swiss tampil lebih agresif. Hasilnya, pada menit ke 48 lewat skema serangan yang apik, Shaqiri berhasil mengirim umpan manis ke Breel Embolo.

Breel Embolo yang tanpa pengawalan berhasil menceploskan bola ke gawang yang dijaga Andre Onana. Skor pun menjadi 1-0 untuk keunggulan Swiss.

Setelah menceploskan gol ke gawang Kamerun, Embolo tidak merayakan gol, karena Kamerun merupakan negara kelahirannya.

Tertinggal 1-0 dari Swiss, Kamerun kemudian menggempur tembok pertahanan Swiss. Pada menit ke 56 akselerasi Choupo-Moting dari sisi kanan pertahanan Swiss membawa ancaman, namun tendangannya berhasil dimentahkan oleh Yan Sommer.

Pada menit ke 65, Anguissa berhasil melepaskan sundulan, namun lagi-lagi Yan Sommer berhasil mengamankannya.

Swiss pun mencoba berbalik menggempur lini pertahanan Kamerun. Pada menit 66, Vargas mendapatkan peluang lewat sontekan yang memanfaatkan umpan dari Widmer, namun berhasil digagalkan Onana.

Pelatih Kamerun Rigobert Song mengganti sejumlah pemain seperti Hongla, Choupo-Moting, dan Toko Ekambi untuk memberi angin segar lini serang sejak menit ke 68. Ketiganya diganti oleh N'koudou, Vincent Aboubakar, dan Oundoa.

Pelatih Swiss Murat Yakin pun tak tinggal diam, sejumlah pemain diganti untuk memberi kreativitas serangan. Breel Embolo yang mencetak gol semata wayang Swiss diganti oleh striker dari Galatasaray, Haris Saferovic.

Kemudian, Shaqiri yang mencatatkan assist pada laga tersebut diganti oleh Noah Okafor untuk membantu keseimbangan lini tengah.

Tendangan dari luar kotak penalti Granit Xhaka pada menit 88 meluncur deras ke gawang Onana. Namun, dengan sigap Onana berhasil mengamankannya.

Pada menit 94, Haris Saferovic juga berhasil merangsak masuk ke kotak penalti Kamerun setelah memanfaatkan kelengahan bek Kamerun. Namun, tendangannya berhasil diblok oleh Okafor.

Hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan, skor Swiss vs Kamerun bertahan 1-0 untuk kemenangan La Nati. Swiss unggul dalam penguasaan bola sebanyak 55 persen. Namun, efektivitas serangan sebenarnya dikuasai oleh Kamerun dengan 8 tembakan dan 5 diantaranya mengarah ke gawang.

Susunan Pemain Swiss vs Kamerun:

Swiss (4-2-3-1): Yan Sommer; Rodriguez, Manuel Akanji, Fabian Schär, Widmer; Granit Xhaka, Remo Freuler; Vargas, Shaqiri, Djibril Sow; Breel Embolo
Pelatih: Murat Yakin

Kamerun (4-3-3): Andre Onana; Fai, Castelleto, Nkoulou, Ebosse; Tolo; Hongla, Anguissa, Oum Gouet; Mbeumo, Toko Ekambi, Choupo-Moting
Pelatih: Rigobert Song

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper