Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Profil 7 Sponsor Piala Dunia 2022, Empat Diantaranya Dari China

Kesuksesan ajang Piala Dunia didukung dengan adanya sponsor. Berikut ini 7 sponsor Piala Dunia tahun ini, empat diantaranya berasal dari China.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 23 November 2022  |  11:02 WIB
Profil 7 Sponsor Piala Dunia 2022, Empat Diantaranya Dari China
Daftar Sponsor Piala Dunia 2022 / BYJU's
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Piala Dunia 2022 akan diadakan di Qatar mulai tanggal 20 November sampai 18 Desember 2022. Kompetisi olahraga sepak bola terbesar di dunia ini melibatkan 32 negara dari tiga benua yang tergabung dalam FIFA. Tentunya, banyak sponsor piala dunia yang terlibat dalam Piala Dunia 2022. 

Profil Sponsor Piala Dunia 2022

Negara China tidak lolos sebagai peserta Piala Dunia 2022, namun hadir sebagai sponsor terbesar tahun ini. Sponsor Piala Dunia 2022 tidak hanya dari China, tetapi ada juga dari Belgia, dan Singapura. Berikut profil sponsor-sponsor Piala Dunia 2022. 

1. Anheuser-Busch InBev

Anheuser-Busch InBev adalah salah satu sponsor Piala Dunia 2022 yang berasal dari Belgia. Perusahaan  asal Belgia ini bergerak di bidang barang konsumsi. Pendirinya adalah Eberhard Anheuser dan Adolphus Busch. 

Anheuser-Busch InBev berfokus pada produksi minuman yaitu bir. Saat ini telah memiliki 140 pabrik di 10 pasar utamanya. 

2. Byju’s

Sponsor Piala Dunia 2022 ini berasal dari Belgia. Byju’s adalah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi pendidikan multinasional India. Byju’s bermarkas besar di Bangalore. 

Salah satu produknya adalah Byju’s The Learning App. Perusahaan ini sudah dibentuk sejak 2011 oleh Byju Raveendran dan Divya Gokulnath.

3. Crypto.com

Crypto.com adalah perusahaan asal Singapura yang memberikan sponsor Piala Dunia 2022. Perusahaan ini memberikan layanan jasa perdagangan spot dan derivatif seperti features dan kedua volume transaksi jasanya. 

Perusahaan Crypto.com berpusat di Singapura. Pendirinya adalah Bobby Bao, Rafael Melo, Kris Marszalek, dan Gary Or. Crypto.com. Crypto.com tidak mengungkap nilai dana atau jangka waktu kesepakatan kerja samanya bersama dengan FIFA.

4. Mengniu Dairy

Mengniu Dairy adalah salah satu sponsor Piala Dunia 2022 asal China. Perusahaan ini bergerak di bidang industri produk pangan dengan es krim sebagai hasil produksinya. Sudah didirikan pada tahun 1995 oleh Ning Gaoning, berarti perusahaan Mengniu Dairy sudah beroperasi selama 27 tahun. Dalam kompetisi Piala Dunia 2022, Mengniu Dairy memberikan dana sekitar US$ 60 juta.

5. Vivo

Vivo adalah perusahaan asal Dongguan, Guangdong, China yang berdiri sejak tahun 2009. Perusahaan ini bergerak di bidang smartphone. Dikomandoi oleh Shen Wei dan Duan Yongping, Vivo memproduksi ponsel pintar, perangkat sandang, dan layanan berbasis digital. Perusahaan ini telah menghabiskan dana sekitar US$ 450 juta sebagai hasil dari kesepakatan enam tahun yang mencakup Piala Konfederasi 2017 dan Piala Dunia 2018. 

6. Hisense

Hisense adalah salah satu sponsor Piala Dunia 2022 yang memiliki kantor pusat di Qingdao, Shandong, China. Perusahaan ini membuat alat elektronik multinasional. 

Perusahaan Hisense didirikan oleh Zhou Houjian sudah tersebar di beberapa pabrik luar China, diantaranya Hongaria, Afrika Selatan, Mesir, Aljazair, Prancis, dan Meksiko. Dalam kompetisi Piala Dunia 2022, Hisense memberikan dana sekitar US$ 35 juta.

7. McDonald’s

Sponsor Piala Dunia 2022 yang terakhir adalah McDonalds. McDonald’s adalah perusahaan makanan cepat saji Amerika yang didirikan pada tahun 1940 oleh Maurice McDonald's dan Richard. 

Produk unggulan McDonalds adalah Burger dengan nama Big Mac. McDonald’s kini sudah memiliki ribuan cabang yang tersebar dari 100 negara, salah satunya di Indonesia. 

Itulah ketujuh sponsor Piala Dunia 2022 yang empat diantaranya berasal dari perusahaan China. FIFA juga memiliki partner yang turut meramaikan Piala Dunia 2022 yakni Wanda Group, Coca-Cola, Hyundai-Kia, VIVA, Qatar Airways, dan Adidas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sponsor piala dunia piala dunia 2022
Editor : Hesti Puji Lestari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top