Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Timnas Australia, Siap Melompat Lebih Tinggi di Piala Dunia 2022

Australia yang memiliki julukan Socceroos ini tergabung di grup D bersama juara bertahan Prancis, Denmark, dan Tunisia.
Para pemain Timnas Australia /Reuters-Satish Kumar Subramani
Para pemain Timnas Australia /Reuters-Satish Kumar Subramani

Bisnis.com, JAKARTA - Timnas Australia akan menjadi salah satu tim kuda hitam di Piala Dunia 2022 Qatar. Australia yang memiliki julukan Socceroos ini tergabung di grup D bersama juara bertahan Prancis, Denmark, dan Tunisia. 

Timnas Australia berafiliasi dengan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) dan Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF). Australia adalah satu-satunya tim nasional yang memenangkan dua ajang konfederasi. Setelah memenangkan Piala OFC Nations, turnamen sepak bola antar-negara Oseania, empat kali pada periode 1980 dan 2004, Australia berhasil menjadi juara Piala Asia 2015 saat menjadi tuan rumah.

Australia sudah tampil di Piala Dunia sebanyak lima kali. Pertama kali, Socceroos, julukan timnas Australia, tampil pada Piala Dunia tahun 1974. Sistem kualifikasi kerap menjegal mereka untuk tampil di putaran final. Setelah lama absen, Australia kembali ke Piala Dunia 2006 di Jerman. Setelahnya, Australia menjadi langganan masuk Piala Dunia di Afrika Selatan, Brasil, dan Rusia.  

Julukan Australia, "Socceroos", diciptakan pada tahun 1967. Penciptanya adalah jurnalis Sydney Tony Horstead dalam liputannya tentang timnas Australia dalam tur di Vietnam. Julukan tersebut mewakili kecenderungan budaya dan bahasa di Australia untuk penamaan di bidang olahraga.

Nama itu sendiri mirip dengan kebanyakan julukan tim olahraga perwakilan nasional Australia lainnya. Lambang tim nasional juga diambil dari hewan khas Australia, yaitu kanguru. Kata soccer dan kanguru digabungkan menjadi kata "portmanteau" sebagai "soccer-roo". 

Peringkat FIFA

Tim nasional Australia menempati posisi ke-39 dalam peringkat FIFA dengan 1483,73 poin per Juni 2022. Australia pernah berada di peringkat tertinggi dalam sejarah sepak bola mereka pada 2009 ketika bertengger di peringkat 14, sedangkan posisi terendah terjadi pada 2014 ketika berada di ranking 102.

Perjalanan Australia ke Piala Dunia 2022

Australia memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2022 setelah menang adu penalti atas Peru pada 14 Juni lalu. Ini adalah kesuksesan Piala Dunia keenam berturut-turut Socceroos. Mereka memetik kemenangan adu penalti 5-4 melawan Peru menyusul hasil imbang tanpa gol di waktu normal di Stadion Al Rayyan di Doha, Qatar.

Penjaga gawang pengganti Australia, Andrew Redmayne, menjadi pahlawan. Dia menyelamatkan penalti terakhir Peru yang dieksekusi Alex Valera. Di Piala Dunia 2022, Australia akan masuk Grup D bersama Prancis, Denmark, dan Tunisia.

Pelatih Timnas Australia

Lahir 3 Agustus 1963, Graham Arnold adalah manajer dan mantan pemain timnas sepak bola Australia. Ia ditunjuk sebagai asisten pelatih tim nasional Australia pada tahun 2000. Setelah pelatih kepala Frank Farina dipecat pada tahun 2005, Arnold bekerja dengan Guus Hiddink untuk Piala Dunia 2006. Pada edisi tersebut, The Socceroos lolos ke putaran kedua. Setelah Hiddink pergi, ia menjadi pelatih sementara Socceroos.

Arnold membawa timnas U-23 Australia lolos ke Olimpiade Beijing 2008. Dia kemudian membantu Pim Verbeek untuk kualifikasi Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Pada Agustus 2018, Arnold ditunjuk sebagai pelatih kepala timnas senior Australia.

Kapten Tim Timnas Australia

Mathew David Ryan lahir 8 April 1992. Ia adalah pemain sepak bola profesional Australia yang bermain sebagai penjaga gawang untuk klub La Liga Real Sociedad dan tim nasional Australia.

Ryan melakukan debut internasional seniornya pada tahun 2012. Sejak itu, ia membuktikan dirinya sebagai kiper pilihan pertama Australia dan berhasil menggantikan idola masa kecilnya, Mark Schwarzer. Ia bermain di Piala Dunia 2014 dan 2018 serta Piala Asia 2015 dan 2019. Ia pernah memenangkan penghargaan Kiper Terbaik di Piala Asia 2015.

Rekor Kemenangan Timnas Australia

Australia saat ini memegang rekor dunia untuk kemenangan terbesar dan gol terbanyak yang dicetak oleh seorang pemain dalam pertandingan internasional. Kedua rekor tersebut diraih pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2002 melawan Samoa Amerika pada 11 April 2001.

Australia menang 31-0 atas Samoa Amerika. Archie Thompson mencetak 13 gol dan David Zdrilic mencetak 8 gol. Dua hari sebelum kemenangan 31–0, Australia memecahkan rekor kemenangan terbesar dengan kemenangan 22–0 atas Tonga. 

Dengan masing-masing 13 dan 8 gol, Thompson dan Zdrilic memecahkan rekor sebelumnya yang dimiliki oleh pemain Australia lainnya, Gary Cole, yang mencetak tujuh gol melawan Fiji pada 1981. Ia juga melampaui catatan Karim Bagheri dari Iran, yang juga mencetak tujuh gol melawan Maladewa pada 1997.

Trofi 

Piala Asia AFC: 2015
Piala OFC Nations : 1980, 1996, 2000, 2004 
Tim Terbaik AFC Tahun: 2006, 2015 

Prediksi Skuad Australia di Piala Dunia 2022

Kiper
Mathew Ryan (Copenhagen); Andrew Redmayne (Sydney FC); Mitchell Langerak (Nagoya Grampus).

Bek
Milos Degenek (Columbus Crew), Fran Karacic (Brescia), Nathanial Atkinson (Hearts), Bailey Wright (Sunderland), Aziz Behich (Dundee United), Trent Sainsbury (Al-Wakrah), Ryan Strain (St Mirren), Harrison Delbridge (Incheon United), Joel King (OB), Thomas Deng (Albirex Niigata).

Gelandang 
Denis Genreau (Toulouse), Ajdin Hrustic (Verona), Aaron Mooy (Celtic); Riley McGree (Middlesbrough), Jackson Irvine (St. Pauli); Connor Metcalfe (St. Pauli); Keanu Baccus (St Mirren); Cameron Devlin (Hearts); Tyrese Francois (Gorica).

Penyerang 
Martin Boyle (Hibernian); Mathew Leckie (Melbourne City); Jamie Maclaren (Melbourne City); Awer Mabil (Cadiz); Mitchell Duke (Fagiano Okayama); Marco Tilio (Melbourne City); Jason Cummings (Central Coast Mariners); Garang Kuol (Central Coast Mariners) ; Adam Taggart (Cerezo Osaka).

Profil Tim Sepak Bola Australia

Nama: Tim nasional sepak bola Australia 
Julukan : Socceroos 
Association: Football Australia 
Konfederasi:
OFC (Oceania): 1966–2006 
AFC (Asia): 2006–sekarang 
Sub-konfederasi: AFF (Asia Tenggara) 

Pelatih kepala: Graham Arnold 
Kapten tim: Mathew Ryan 
Caps Terbanyak: Mark Schwarzer (109) 
Pencetak gol terbanyak: Tim Cahill (50) 
Kode FIFA: AUS 
Warna: Kuning dan hijau

Jadwal Pertandingan Grup D Piala Dunia 2022 Qatar:

Selasa, 22 November 2022
Perancis vs Australia: 20:00 WIB 

Rabu, 23 November 2022
Denmark vs Tunisia: 02:00 WIB 

Sabtu, 26 November 2022
Perancis vs Denmark: 17:00 WIB
Tunisia vs Australia: 23:00 WIB 

Rabu, 30 November 2022
Tunisia vs Prancis : 22:00 WIB
Australia vs Denmark: 22.00 WIB

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper