Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Pernah Juara di Thailand, Akankah Tim Thomas Indonesia Kembali Ukir Sejarah?

Indonesia pernah berhasil menjuarai Thomas Cup di Thailand pada medio 1970-an. Kala itu, tim Indonesia mengalahkan negeri jiran Malaysia dengan skor telah 9 - 0.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 15 Mei 2022  |  14:07 WIB
Pernah Juara di Thailand, Akankah Tim Thomas Indonesia Kembali Ukir Sejarah?
Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting - PBSI

Bisnis.com, JAKARTA -- Tim nasional bulutangkis Indonesia berpeluang kembali keluar sebagai juara dalam turnamen Thomas Cup yang berlangsung di Bangkok, Thailand.

Sejarah mencatat, bulutangkis Indonesia punya kenangan manis di Negeri Gajah.

Mengutip laman resmi BWF, Minggu (15/5/2022), Thomas dan Uber Cup 2022 merupakan kali kedua kota Bangkok, Thailand, berperan sebagai tuan rumah. Pertama kali Bangkok menyelenggarakan turnamen tersebut pada edisi 1975 - 1976.

Indonesia berhasil menjuarai Thomas Cup edisi tersebut setelah mengalahkan negeri jiran Malaysia dengan skor telah 9 - 0. Perlu diketahui, Thomas Cup edisi 1975 - 1976 masih menggunakan format lama dengan 9 pertandingan.

Nama-nama melegenda seperti Liem Swie King, Rudi Hartono, Christian Hadinata, Ade Chandra, Tjun Tjun, dan Johan Wahjudi merupakan pahlawan yang berhasil membuat piala Thomas bertahan di Tanah Air untuk ketiga kalinya secara berturut-turut.

Sementara itu, Malaysia waktu itu memiliki sederet nama pebulutangkis, seperti Phua Ah Hua, Saw Swee Leong, James Selvaraj, Moo Foot Lian, Dominic Soong, dan Cheah Hong Chong.

Kemenangan di Bangkok, Thailand, pada 1975 - 1976 merupakan kali keenam Indonesia menjuarai turnamen yang telah bergulir sejak 1948 tersebut.

Apabila berhasil kembali menyabet juara Thomas Cup, maka Indonesia total akan mengantongi sebanyak 15 gelar juara dan untuk pertama kalinya menjuarai turnamen secara berturut-turut sejak 2002.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

thailand bulutangkis Thomas Cup
Editor : Edi Suwiknyo

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top