Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sea Games 2021: Emas Indonesia Bertambah! Pencak Silat Sumbang Tiga Medali

Perolehan medali emas Indonesia di Sea Games 2021 bertambah melalui cabang pencak silat putri.
Atlet pencak silat Indonesia meraih emas di SEA Games 2021 / Antara
Atlet pencak silat Indonesia meraih emas di SEA Games 2021 / Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Perolehan medali emas Indonesia di Sea Games 2021 bertambah melalui cabang pencak silat putri.

Pencak silat menyumbang emas kedua bagi Indonesia di Sea Games 2021. Dua pesilat putri Indonesia, Riska Hermawan dan Ririn Rinasih, meraih medali emas pertama dari cabang olahraga pencak silat setelah mengalahkan pasangan tuan rumah Vietnam di Stadion Bac Tu Liem, Hanoi, Rabu (11/5/2022).

Riska Hermawan dan Ririn Rinasih yang tampil di nomor seni ganda, memukau 10 juri dengan mengumpulkan total 9.955 poin. Mereka mengalahkan pasangan bersaudara wakil Vietnam, Nguyen Thi Thu Ha dan Nguyen Thi Huyen (9.925 poin).

Dengan mengenakan pakaian hitam berserta asesoris penutup kepala dan selendang di pinggang berwarna dominan merah, Ririn/Riska tampil apik menutup setiap jurus dengan kompak.

Dukungan dari rekan sesama atlet semakin membuat Riska dan Ririn bersemangat hingga menyuguhkan seni silat yang memukau saat memperagakan gerakan bela diri menggunakan golok dan toya selama 3,01 menit.

Tak berbeda jauh, tim tuan rumah juga berupaya tampil bersemangat dengan dukungan para pendukung setianya.

Namun, pekik sorak kemenangan pecah di suporter Indonesia setelah wasit mengumumkan pemenangnya untuk kategori seni silat ganda putri adalah pasangan Indonesia.

Sontak, Riska dan Ririn memberikan salam takzim ke para pendukungnya, dan langsung berkeliling arena membawa bendera Indonesia.

"Alhammdulillah Ya Allah tidak menyangka, ini Sea Games saya yang kedua. Sebelumnya dapat perunggu. Memang dari semalam saya hanya banyak berdoa saja," kata Ririn.

Sukacita juga diungkapkan Riska Hermawan. Bahkan ia sama sekali tak menyangka kali ini berhasil menggondol medali emas bagi Indonesia pada Sea Games kali ini bersama Ririn.

Ia pun mempersembahkan medali emas ini untuk sang ayah tercinta Cece Hermawan yang merupakan peraih medali emas Sea Games Indonesia pada nomor yang sama pada tahun 1997 dan keluarga besarnya yang sebagian besar merupakan pesilat.

Riska dan Ririn sudah berpasangan pada nomor ganda putri sejak 2016. Medali pertama Sea Games diraih pada edisi sebelumnya yakni satu keping perunggu.

Khusus untuk Sea Games 2021, keduanya melakukan persiapan dalam pemusatan latihan nasional sejak Januari 2022.

Sebelumnya, harapan tim silat Indonesia untuk meraih emas pupus setelah pesilat seni tunggal putri Puspa Arum Sari dikalahkan atlet Filipina, Mary Francine Padios. Kemudian tim beregu putra yang diperkuat Nunu Nugraha, Asep Yuldan Sani, dan Anggi Faisal Mubarak dikalahkan Sobri Cheni, Abdul Karim Koolee dan Abdul Rahim Sidek dari Thailand.

Atas capaian ini, Tim Silat Indonesia sudah menyumbangkan satu emas dan dua medali perak di Sea Games 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper