Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hasil Persela Vs Persipura: 10 Pemain Persela Tekuk Persipura

Hasil Persela Lamongan vs Persipura Jayapura dalam lanjutan Liga Indonesia yang berlangsung di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat, berakhir dengan skor 1-0 untuk Persela Lamongan.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 10 September 2021  |  17:36 WIB
Persela - Liga Indonesia
Persela - Liga Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Hasil Persela Lamongan vs Persipura Jayapura dalam lanjutan Liga Indonesia yang berlangsung di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat, berakhir dengan skor 1-0 untuk Persela Lamongan, Jumat (10/9/2021).

Kemenangan Persela atas Persipura berkat gol penyerang asingnya, Ivan Carlos Franca Coelho, pada babak pertama dan berhasil mempertahankan kedudukan meskipun bermain dengan 10 orang sejak menit ke- 37.

Pada laga kali ini, Persela Lamongan menurunkan dua pemain asingnya, Ivan Carlos Franca Coelho dan Demerson Bruno Costa. Kedua pemain asal Brasil itu absen pada laga pertama kontra PSIS Semarang karena belum mendapatkan vaksin Covid-19 dosis kedua.

Persipura Jayapura juga melakukan sejumlah perubahan susunan pemain. David Rumakiek dan Ian Louis Kabes berada di bangku cadangan, begitu juga dengan penjaga gawang Geri Mandagi yang sempat bermain pada laga pertama kontra Persita Tangerang.

Sama-sama berambisi meraih kemenangan pertama musim ini, kedua tim bermain terbuka sejak awal. Alhasil pada menit ke-12 Persela langsung unggul.

Menerima umpan panjang dari belakang, Ivan Carlos lolos dari kawalan dua pemain belakang Persipura. Dia pun merangsek kotak penalti dan kemudian melepaskan tembakan mendatar yang tak mampu ditepis oleh penjaga gawang Fitrul Dwi Rustapa.

Pada menit ke-17, Persela nyaris menggandakan keunggulan. Ivan Carlos memenangkan duel udara melawan Doni Monim untuk menyambut umpan silang Nasir dari sektor kiri. Akan tetapi sundulan Carlos kali ini masih melambung di atas mistar gawang.

Pada menit ke-37, Persela harus bermain dengan 10 orang. Wasit Gideon F Dapaherang memberikan kartu kuning kedua bagi gelandang Akbar Hermawan. Pesepakbola berusia 23 tahun itu dianggap mengangkat kaki terlalu tinggi saat berebut bola dengan Irsan Lestaluhu.

Kehilangan Akbar membuat Pelatih Persela Lamongan, Iwan Setiawan, melakukan pergantian pemain pada menit ke-43. Dia menarik keluar Gian Zola dan memasukkan bek Andri Muliadi.

Unggul jumlah pemain tak berhasil dimanfaatkan Persipura Jayapura untuk menyamakan kedudukan. Skor 1-0 menutup babak pertama.

Pada babak kedua Persipura Jayapura mengurung pertahanan Persela sejak awal. Hal itu direspon Iwan dengan menarik Ivan Carlos dan Ahmad Bustomi pada menit ke-53 untuk memasukkan Iman Budi Hernandi dan Risqi Putra Utomo.

Pada menit ke-55, Gunansar Mandowen membuat penjaga gawang Persela Lamongan Dwi Kuswanto harus terbang ke sisi kiri gawangnya. Mandowen melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang sayangnya masih sedikit melebar.

Persela Lamongan bertahan dengan enam pemain di kotak penalti. Hal itu membuat skuad Mutiara Hitam kesulitan untuk mendapatkan ruang. Alhasil mereka lebih banyak melancarkan tendangan dari luar kotak penalti.

Donni Monim nyaris membuat kedudukan imbang pada menit ke-64. Akan tetapi kali ini upayanya menempatkan bola ke pojok kanan atas gawang masih membentur mistar.

Lima menit berselang, mistar gawang kembali menyelamatkan Persela Lamongan. Kali ini, tendangan M Thahir yang gagal masuk ke gawang meskipun penjaga gawang Dwi Kuswanto telah tak dalam posisi yang menguntungkan.

Pemain yang baru masuk Theo Fillo Munmberi pun sempat mengancam gawang Persela. Akan tetapi tendangan keras dari luar kotak penalti yang dia lancarkan masih mengarah tepat ke pelukan Dwi Kuswanto.

Pada menit ke-76 Feri Pahabol berhasil mendapatkan ruang tembak di dalam kotak penalti Persela Lamongan. Akan tetapi tembakannya juga masih mengarah tepat ke pelukan Dwi Kuswanto, hakim garis pun menganggap Pahabol telah berada dalam posisi offside.

Upaya Nelson Alom melepaskan tembakan dari luar kotak penalti pada menit ke-84 juga masih terlalu mudah diantisipasi Dwi Kuswanto. Hingga peluit akhir berbunyi Persipura Jayapura gagal menyamakan kedudukan.

Hasil 1-0 laga Persela Lamongan vs Persipura Jayapura tersebut membuat posisi kedua tim berubah di klasemen BRI Liga 1 2021-2022. Persela untuk sementara naik ke peringkat ke-7 dengan perolehan tiga angka sementara Persipura Jayapura terbenam di dasar klasemen karena belum mendapatkan satu angka pun.

Susunan pemain Persela Lamongan vs Persipura Jayapura:

Persela Lamongan: (4-1-4-1): Dwi Kuswanto; Nasir, Demerson, Mochammad Zaenuri, Birrul Walidan; Ahmad Bustomi; Riyatno Abiyoso, Gian Zola, Akbar Hermawan, Malik Risaldi; Ivan Carlos

Persipura Jayapura (4-3-3): Fitrul Dwi Rustapa; Irsan Lestaluhu, Ricardo Salampessy, Donni Monim, Israel Wamiau; M Tahir, Todd Rivaldo Ferre, Ramai Rumakiek; Ginansar Mandowen, Riky Kayame, Yehven Bokhashvili


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

liga indonesia persipura persela

Sumber : Tempo

Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top