Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Babak 16 Besar Euro 2020: Kroasia vs Spanyol Imbang, Lanjut Babak Tambahan

Hasil babak 16 besar antara Spanyol vs Kroasia berakhir imbang 3-3 dalam waktu 90 menit waktu normal.
Pemain Timnas Spanyol, Ferran Torres/Twitter UEFA
Pemain Timnas Spanyol, Ferran Torres/Twitter UEFA

Bisnis.com, JAKARTA - Hasil babak 16 besar antara Spanyol vs Kroasia berakhir imbang 3-3 dalam waktu 90 menit waktu normal.

Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Parken, Denmark, Senin (28/6/2021) malam, Spanyol mengurung pertahanan Kroasia hingga mempunyai penguasaan bola sampai 80 persen.

Spanyol mempunyai peluang pertama di babak pertama namun sepakan Jose Gaya di sayap kiri hanya menerpa sisi gawang Kroasia yang dijaga Dominik Livakovic.

Tidak lama berselang giliran gelandang serang Spanyol Koke yang mendapat peluang di menit 15. Mendapat umpan matang dari Pedri, Koke yang sudah berhadapan satu lawan satu dengan kiper gagal menaklukkan Livakovic.

Spanyol yang terus menyerang malah kebobolan terlebih dahulu di menit 20 berkat gol bunuh diri Unai Simon yang gagal menahan bola backpass.

Selepas gol ini, pemain Kroasia mulai percaya diri membangun serangan dan beberapa kali mencuri peluang termasuk dari Matteo Kovacic.

Spanyol yang terus mengurung pertahanan Kroasia akhirnya bisa memecah kebuntuan dengan menyamakan kedudukan di menit 38.

Berawal dari tendangan keras yang dilepas Gaya, bola muntah langsung disambar Pablo Sarabia tanpa bisa dihalau Livakovic.

Koke kembali melepaskan tembakan dari luar kotak penalti pada meni 42 tapi bola masih belum tepat sasaran.

Masuk di babak kedua, Spanyol langsung menggebrak dengan kembali menyerang pertahanan Kroasia.

Spanyol langsung unggul cepat 2-1 di menit 56 berkat gol sundulan Cesar Azpilicueta memanfaatkan umpan crossing dari Ferran Torres di sebelah kiri.

Kroasia yang mencoba menyamakan kedudukan mendapat kesempatan emas di menit 68, tapi sepakan bek kiri Kroasia, Josko Gvardiol, bisa ditangkap kiper Spanyol Unai Simon.

Ferran Torres yang bermain untuk Manchester City menjadi mimpi buruk Kroasia. Usai memberikan assist matang untuk Azpilicueta, kini giliran dirinya membuat gol di menit 78.

Berawal dari umpan panjang Pau Torres, Torres dengan cerdik menggiring bola ke dalam kotak penalti mengecoh Gvardiol lalu menjebol gawang Livakovic dengan kaki kiri.

Gool, Kroasia mencetak gol balasan menjadi 3-2 lewat kaki Mislav Orsic usai terjadi kemelut di depan gawang Unai Simon.

Usaha Kroasia menyamakan kedudukan akhir berbuah manis. Taktik pelatih Kroasia Zlatko Dalic memasukkan Orsic dan Mario Pasalic berbuah manis.

Pasalic yang masuk menggantikan Nikola Vllasic berhasil menjebol gawang Unai Simon di menit 93 lewat sundulan kepala berkat umpan Orsic.

Skor 3-3 ternyata tidak berubah. Spanyol yang sudah unggul 3-1 dipaksa bermain imbang oleh Kroasia. Pertandingan berlanjut ke babak tambahan.

Susunan pemain Kroasia vs Spanyol:

Kroasia:

Spanyol:

Hasil head to head Kroasia vs Spanyol:

DateMatchResultScoreCompetition
23 Mar 1994Spain v CroatiaW0-2International Friendly
05 May 1999Spain v CroatiaL3-1International Friendly
23 Feb 2000Croatia v SpainD0-0International Friendly
07 Jun 2006Spain v CroatiaL2-1International Friendly
18 Jun 2012Croatia v SpainL0-1UEFA European Championship
21 Jun 2016Croatia v SpainW2-1UEFA European Championship
11 Sep 2018Spain v CroatiaL6-0UEFA Nations League
15 Nov 2018Croatia v SpainW3-2UEFA Nations League


Pertemuan Kroasia vs Spanyol sebelumnya:

• Rekor Kroasia dalam delapan pertandingan melawan Spanyol adalah M3 S1 K4. Mereka tanpa kemenangan dalam empat pertemuan sebelum UEFA EURO 2016, di mana gol dari Nikola Kalinic (45) dan Ivan Periši (87) membalikkan gol pembuka lvaro Morata di menit ketujuh dan memastikan Kroasia finis di atas Spanyol di tabel grup terakhir.

• Laju tanpa kemenangan yang mendahului keberhasilan Kroasia 2-1 di Bordeaux juga termasuk kemenangan 1-0 Spanyol di Gdansk di UEFA EURO 2012, Jesús Navas mencetak satu-satunya gol dua menit dari waktu. Itu berarti UEFA EURO 2020 adalah final EURO ketiga berturut-turut di mana tim saling berhadapan.

• Kroasia mengalami kekalahan terberat mereka pada 11 September 2018, kalah 6-0 dari Spanyol di UEFA Nations League. Saúl íguez (24) Marco Asensio (33), gol bunuh diri Lovre Kalinic (35), Rodrigo (49), Sergio Ramos (57) dan Isco (70) semuanya menjadi pencetak gol untuk Spanyol di Estadio Manuel Martínez Valero Elche.

• Kroasia membalikkan keadaan dengan kemenangan 3-2 di Stadion Maksimir Zagreb pada 15 November 2018. Pembukaan Andrej Kramaric pada menit ke-54 dibatalkan oleh Dani Ceballos dua menit kemudian; Tin Jedvaj mengembalikan keunggulan Kroasia pada menit ke-69, Ramos membalas dari titik penalti pada menit ke-78 sebelum Jedvaj mencetak gol kemenangan pada tiga menit tambahan waktu.

• Robert Prosinecki dan Davor uker mencetak gol dalam kemenangan persahabatan 2-0 di Valencia pada Maret 1994 – kemenangan tandang pertama Kroasia sejak kemerdekaan. Semua empat pertandingan pertama tim adalah pertandingan persahabatan; empat pertandingan terakhir semuanya merupakan pertandingan kompetitif.

Prediksi Skor Kroasia vs Spanyol:

Skor Kroasia vs Spanyol: 1-2

Skor Kroasia vs Spanyol: 0-3

SkorKroasia vs Spanyol: 2-1

Daftar susunan pemain Kroasia vs Spanyol:

Kroasia:

Goalkeepers: Dominik Livakovic (Dinamo Zagreb), Lovre Kalinic (Hajduk Split), Simon Sluga (Luton)

Defenders: Borna Barišic (Rangers), Domagoj Bradaric (LOSC Lille), Duje Caleta-Car (Marseille), Joško Gvardiol (Leipzig), Josip Juranovic (Legia Warszawa), Dejan Lovren (Zenit), Mile Škoric (Osijek), Domagoj Vida (Besiktas), Šime Vrsaljko (Atlético Madrid)

Midfielders: Mateo Kovacic (Chelsea), Luka Modric (Real Madrid), Marcelo Brozovic (Inter Milan), Milan Badelj (Genoa), Nikola Vlašic (CSKA Moskva), Mario Pašalic (Atalanta), Ivan Perišic (Inter Milan), Mislav Oršic (Dinamo Zagreb), Luka Ivanušec (Dinamo Zagreb)

Forwards: Josip Brekalo (Wolfsburg), Ante Budimir (Osasuna), Andrej Kramaric (Hoffenheim), Bruno Petkovic (Dinamo Zagreb), Ante Rebic (AC Milan)

Pemain kunci: Luka Modric

Pemain terbaik dalam sejarah Kroasia, pemimpin tim dan pesulap sepakbola akan berusia 36 tahun pada bulan September, tetapi tetap menjadi sosok yang vital seperti biasanya. Setelah kampanye yang sibuk di Real Madrid, ia dinobatkan sebagai pemain terbaik klub musim ini: ukuran pemain yang tampaknya kebal terhadap kerusakan waktu. Pada zamannya, masih manusia ajaib.

Spanyol:

Goalkeepers: David de Gea (Manchester United), Unai Simón (Athletic), Robert Sánchez (Brighton & Hove Albion)

Defenders: José Gayà (Valencia), Jordi Alba (Barcelona), Pau Torres (Villarreal), Aymeric Laporte (Manchester City), Eric García (Manchester City), Diego Llorente (Leeds United), César Azpilicueta (Chelsea)

Midfielders: Thiago Alcántara (Liverpool), Sergio Busquets (Barcelona), Koke (Atlético), Marcos Llorente (Atlético), Dani Olmo (Leipzig), Rodri (Manchester City), Fabián Ruiz (Napoli), Pablo Sarabia (Paris), Ferran Torres (Manchester City), Adama Traoré (Wolves)

Forwards: Álvaro Morata (Juventus), Gerard Moreno (Villarreal), Mikel Oyarzabal (Real Sociedad), Pedri (Barcelona)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper