Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ditentang Penggemar, Everton Segera Umumkan Benitez Pelatih Baru

Rafael Benitez menjadi kandidat terkuat untuk menggantikan Carlo Ancelotti sebagai pelatih Everton. Namun, rencana kedatangannya membuat para penggemar bereaksi keras, karena dia pada 2007 menyatakan Everton sebagai klub kecil.
Rafael Benitez/Reuters
Rafael Benitez/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Klub Liga Primer Inggris Everton berharap dapat mengumumkan Rafael Benitez sebagai penerus Carlo Ancelotti dalam beberapa hari ke depan.

Benitez, 61 tahun, telah mengadakan beberapa putaran negosiasi dengan pemilik Everton Farhad Moshiri, pebisnis asal Iran, dan pengambil keputusan klub selama 2 pekan terakhir.

Ancelotti, 62 tahun dan mantan pemain Timnas Italia, mengundurkan diri pada awal bulan ini untuk kembali menukangi klub raksasa La Liga Spanyol Real Madrid, yang pernah dia tangani pada 2013 hingga 2015.

Rencana kedatangan Benitez menjadi perdebatan dan kontroversial karena banyak penggemar tetap menentangnya setelah dia menggambarkan Everton sebagai "klub kecil" setelah derbi Merseyside tanpa gol di Anfield pada Februari 2007. Ketika itu Benitez menanganai Liverpool.

Benitez itu kemudian mengakui bahwa dia telah melakukan kesalahan, dengan mengatakan bahwa dia mengacu pada pendekatan defensif tim yang saat itu ditukangi David Moyes dalam pertandingan itu dan bukan melihat Everton sebagai sebuah klub.

Pembicaraan kontrak antara Everton dan Benitez sedang berjalan dan sekarang terlihat pasti bahwa, kecuali ada halangan terlambat, dia akan menjadi orang kedua yang mengelola dua klub Merseyside setelah memenangkan Liga Champions dan Piala FA selama 6 tahun di Anfield sebelum kepergiannya pada 2010.

William Edward Barclay, yang merupakan bagian dari yayasan awal Everton pada 1890-an dan kemudian klub Liverpool yang memisahkan diri, sejauh ini menjadi satu-satunya orang yang mengelola kedua klub tersebut.

Benitez merupakan kandidat terkuat pekerjaan sebagai pelatih Everton, tetapi itu menjadi masalah rumit Moshiri, karena menuai kritik dari banyak pendukung dan melihat dua spanduk ditempatkan di luar Goodison Park.

Pelatih kelahiran Madrid itu terakhir melatih di Liga Primer di Newcastle United sebelum pergi pada Juni 2019 untuk pindah ke China sebagai pelatih Dalian Professional, yang dia tinggalkan pada Januari tahun ini.

Benitez tidak asing dengan pergi ke lingkungan yang berpotensi memusuhinya dia menjadi pelatih sementara Chelsea pada November 2012 menyusul persaingan yang panjang dan intens ketika dia bertanggung jawab atas Liverpool.

Dia dicemooh ketika memimpin pertandingan pertamanya di kandang melawan Manchester City di Stamford Bridge, tetapi kemudian sukses besar, memenangkan Liga Europa dan membimbing The Blues London finis di tempat ketiga di Liga Primer.

Moshiri sekarang berharap dia akan memicu kebangkitan serupa di Goodison Park. Benitez juga pernah menangani klub besar yakni Real Madrid, Valencia, Napoli, dan Inter Milan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : BBC
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper