Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hasil Pertandingan dan Klasemen Grup D Euro 2021: Ceko Memimpin

Republik Ceko dan Inggris memiliki poin yang sama di Grup D Euro 2020. Namun, Ceko lebih unggul jumlah selisih gol.
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 15 Juni 2021  |  07:51 WIB
Laga Grup D Euro 2020 antara Skotlandia dan Republik Ceko - Twitter/@EURO2020
Laga Grup D Euro 2020 antara Skotlandia dan Republik Ceko - Twitter/@EURO2020

Bisnis.com, JAKARTA - Seluruh tim yang tergabung di Grup D Piala Eropa (Euro) 2020 telah memainkan laga perdananya. Kemarin, Senin (14/6/2021) malam WIB, Republik Ceko berhasil mengatasi perlawanan tuan rumah Skotlandia dengan skor 2–0.

Ceko unggul dua gol yang dicetak oleh Patrik Schick. Gol pertama pemain yang merumput bersama kontestan Bundesliga Jerman Bayer 04 Leverkusen tersebut dicetak pada menit ke-42.

Dia menanduk bola di antara dua pemain belakang Skotlandia Grant Hanley dan Liam Cooper setelah menerima umpan lambung bek Vladimir Coufal.

Schick kembali menunjukkan ketajamannya ketika babak kedua memasuki menit ke-7. Dia melepas bola lob dari tengah lapangan yang memperdaya kiper Skotlandia David Marshall.

Bagi Schick, 25 tahun, sekarang dia telah mengemas 14 gol untuk negaranya dari 28 penampilan sejak debut pada 2016.

Ceko

Penyerang Republik Ceko Patrik Schick usai mencetak gol perdana ke gawang Skotlandia - Twitter/@EURO2020

Secara umum, Skotlandia mendominasi penguasaan bola hingga 56 persen dengan melepaskan 19 kali upaya mencetak gol, sedangkan Ceko hanya memiliki 44 persen penguasaan bola dan 10 kali percobaan.

Namun, Ceko lebih banyak melakukan tembakan yang tepat sasaran yakni tujuh kali, berbanding lima yang dilakukan Skotlandia.

Sehari sebelumnya, Minggu (13/6/2021) malam WIB, Inggris mengatasi Kroasia melalui satu-satunya gol dicetak Raheem Sterling. Pemain Manchester City itu membuat penonton di Stadion Wembley, London, bergemuruh pada menit ke-57 setelah berhasil mengkonversi umpan dari Kalvin Phillips. 

Secara keseluruhan, kedua tim hampir berimbang dalam penguasaan bola dengan Inggris mampu mengendalikan permainan hingga 52 persen berbanding 48 persen milik Kroasia.

Kedua tim sama-sama melakukan 8 upaya untuk mencetak gol. Namun, Inggris unggul dengan dua tendangan mengarah ke gawang, sedangkan Kroasia hanya sekali.

Baik Inggris maupun Kroasia melakukan 5 kali upaya mencetak gol yang belum menemui sasaran. Satu tendangan Inggris berhasil dihalau bek Kroasia, sebaliknya dua upaya timnas yang dikomandoi Luka Modric ini berhasil digagalkan.

Dengan kemenangan ini, Inggris mampu mengatasi tren buruk di Euro. Pasalnya, sebelum melawan Kroasia semalam, Inggris tak pernah menang di laga pembuka Euro dengan imbang lima kali dan kalah tiga kali.

Di sisi lain, hasil tersebut menambah catatan negatif Kroasia yang sebelumnya hanya menang dua kali dalam sembilan pertandingan terakhir yakni dua seri dan lima kalah.

Hasil ini membuka jalan Inggris untuk lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup D. Namun, Kroasia masih berpeluang lolos ke 16 besar.

Inggris

Pemain Inggris merayakan gol Raheem Sterling ke gawang Kroasia - Twitter/@EURO2020

Klasemen

Dengan hasil pertandingan tersebut, Ceko untuk sementara memuncaki klasemen Grup D Piala Eropa atau Euro 2020, sedangkan Kroasia berada di posisi paling bawah. 

Sementara itu, Inggris menduduki peringkat kedua dan Kroasia berada diposisi berikutnya Grup D Euro 2020. Ceko dan Inggris memiliki poin yang sama, tetapi Ceko lebih unggul selisih gol.

Tim MainMenangKalahSeriGolKemasukanSelisih GolPoin
Rep. Ceko11002023
Inggris11001013
Kroasia101001-10
Skotlandia101002-20

Sumber: UEFA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

timnas inggris republik ceko Timnas Kroasia Timnas Skotlandia Euro 2020
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top