Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Covid-19 Masih Mengkhawatirkan, Komisi Senat Brasil Ingin Copa America 2021 Ditunda

Anggota komisi senat tersebut menyatakan bahwa baru 10,77 persen populasi negara itu mendapat vaksinasi dosis pertama hingga Jumat (4/6/2021) pekan lalu.
Trofi Copa America/Reuters
Trofi Copa America/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Salah seorang anggota Komisi Senat Brasil yang membawahi penyelidikan penanganan pandemi Covid-19 meyakini bahwa pelaksanaan Copa America 2021 harus ditunda.

Terlebih lebih dari 472 ribu orang meninggal karena Covid-19 di Brasil, membuat mereka jadi negara dengan korban jiwa tertinggi kedua di dunia setelah Amerika Serikat.

Pun demikian, hal itu tidak menghentikan Presiden Jair Bolsonaro menerima penunjukan dari CONMEBOL sebagai tuan rumah Copa America 2021 setelah Kolombia ditarik karena gelombang protes sipil dan Argentina mundur karena lonjakan kasus Covid-19.

Dalam surat yang ditujukan untuk tim nasional Brasil, anggota komisi senat tersebut menyatakan bahwa baru 10,77 persen populasi negara itu mendapat vaksinasi dosis pertama hingga Jumat (4/6/2021) pekan lalu.

"Brasil tidak menyediakan keamanan sanitas untuk menggelar turnamen internasional sebesar ini. Selain menyebarkan perasaan aman dan normal yang semu, berbanding terbalik dengan realitas yang dirasakan warga Brasil, ini juga akan menimbulkan aglomerasi masyarakat dan memberi contoh keliru," tulis surat tersebut seperti dilansir Antara, Senin (7/6/2021).

"Kami tidak menolak Copa America di Brasil maupun lokasi mana pun. Tetapi kami percaya bahwa turnamen ini bisa menunggu hingga negara yang bersangkutan siap menyelenggarakannya."

Surat itu juga menyatakan bahwa membatalkan penyelenggaraan turnamen ataupun ambil bagian di dalamnya akan menjadi gestur positif bagi timnas Brasil untuk menghormati jutaan warga yang masih berduka atas kepergian anggota keluarganya.

Surat itu muncul dua hari setelah kapten timnas Brasil Casemiro mengatakan skuad mereka akan mengeluarkan pernyataan pada Selasa terkait keputusan ambil bagian atau tidak dalam Copa America 2021.

Media-media Brasil melaporkan bahwa para pemain tidak ingin bermain dalam turnamen yang disiapkan terburu-buru dalam sepekan ke depan, sementara mereka masih disibukkan dengan upaya meloloskan diri dalam kualifikasi Piala Dunia 2022.

Brasil saat ini menyapu bersih lima laga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONMEBOL dan jadi pemimpin klasemen sementara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper