Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pra-Piala Dunia Zona Amerika Selatan, Jadwal Brasil, Argentina, Uruguay

Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol) pada Juni ini menggelar dua hajatan sekaligus yakni lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 matchday ketujuh dan kedelapan serta Copa America di Brasil.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 03 Juni 2021  |  18:22 WIB
Pra-Piala Dunia Zona Amerika Selatan, Jadwal Brasil, Argentina, Uruguay
Pelatih Timnas Brasil Adenor Leonardo Bacchi alias tite. - Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar zona Amerika Selatan segera menggulirkan matchday ketujuh dan kedelapan.

Meski demikian, dua matchday, kelima dan keenam, yang sedianya digelar pada maret 2021, belum dimainkan. Hal tersebut disebabkan ketika itu klub-klub Eropa menolak melepas para pemain yang berasal dari Amerika Selatan dengan pertimbangan virus Covid-19 dan langkah itu mendapatkan izin dari Federation Internationale de Football Association (FIFA).

Dengan demikian, setiap tim anggota Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol) baru memainkan empat pertandingan dari rencana masing-masing bermain 18 kali.

Setelah setiap kontestan memainkan empat pertandingan, Brasil memimpin klasemen sementara dengan nilai sempurna 12, diikuti Argentina 10.

Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Confederación Sudamericana de Fútbol/Conmebol) hanya beranggotakan 10 negara, tetapi tiga di antaranya merupakan juara Piala Dunia.

Ketiga negara itu adalah Brasil, Uruguay, dan Argentina. Total ketiganya telah sembilan kali menjuarai Piala Dunia sepanjang sejarah sejak digelar pertama kali pada 1930 atau 90 tahun silam.

Brasil merupakan juara terbanyak yakni lima kali. Skuad Samba tampil sebagai kampiun pada Piala Dunia 1958, 1962, 1970, 1994, dan 2002. Sementara itu, Uruguay dan Argentina masing-masing dua kali menjadi juara. Uruguay juara pada 1930 dan 1950, sedangkan Argentina pada 1978 dan 1986.

Sebanyak 10 tim beradu dengan menerapkan sistem round-robin kandang dan tandang. Jadi, setiap tim total 18 kali bertanding. Pola ini diterapkan mulai Pra-Piala Dunia 1998 dan hampir selalu Brasil yang tampil sebagai juara babak kualifikasi.

Satu-satunya momen Brasil terlibat di kualifikasi tetapi tidak juara ialah pada edisi 2002. Ketika itu mereka hanya finis di peringkat ketiga di bawah Argentina dan Ekuador, tetapi justru akhirnya menjadi juara Piala Dunia di Korea Selatan dan Jepang, menaklukkan Jerman di final.

Argentina menjadi juara babak kualifikasi zona Amerika Selatan—sejak sistem seperti sekarang diterapkan, menggantikan sistem grup—ketika Brasil tidak ikut yakni untuk edisi 1998 dan 2014. Brasil tak ikut kualifikasi Piala Dunia 1998 karena lolos langsung ke putaran final sebagai juara Piala Dunia 1994, sedangkan untuk edisi 2014 mereka langsung lolos sebagai tuan rumah.

Selain Brasil, Argentina selalu menjadi langganan lolos ke putaran final Piala Dunia sejak sistem saat ini diberlakukan mulai kualifikasi Piala Dunia 1998.

Brasil merupakan satu-satunya negara yang selalu tampil di putaran final Piala Dunia. Sementara itu, Argentina selalu lolos ke putaran final Piala Dunia sejak edisi 1974.

Terakhir kali tim Tango gagal lolos ke putaran final terjadi pada edisi 1970 di Meksiko, ketika itu di kualifikasi mereka kalah bersaing dengan Peru. Saat itu babak kualifikasi Piala Dunia zona Conmebol masih menggunakan sistem grup.

Conmebol memiliki jatah empat tim teratas di klasemen akhir kualifikasi langsung lolos ke Qatar, sedangkan peringkat kelima akan berebut satu tiket melalui laga dua leg melawan salah satu dari tiga kemungkinan yaitu peringkat keempat zona Asia, peringkat keempat zona Amerika Utara, Tengah, dan Karibia, atau juara zona Oseania. Tim-tim yang saling bertemu baru akan ditetapkan kemudian.

Secara keseluruhan, Pra-Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan dijadwalkan selesai pada 29 Maret, sedangkan putaran final digelar di Qatar pada 21 November hingga 18 Desember 2022.

Berikut jadwal matchday ketujuh dan kedelapan babak Pra-Piala Dunia 2022 zona Conmebol (dalam WIB):

Jumat, 4 Juni:

03:00   Bolivia vs Venezuela

05:00   Uruguay vs Paraguay

07:00   Argentina vs Cile

09:00   Peru vs Kolombia

Sabtu, 5 Juni:

07.30   Brasil vs Ekuador

Rabu, 9 Juni:

04:00   Ekuador vs Peru

05:30   Venezuela vs Uruguay

06:00   Kolombia vs Argentina

07:30   Paraguay vs Brasil

08:30   Cile vs Bolivia

Setelah memainkan rangkaian pertandingan matchday ketujuh dan kedelapan Pra-Piala Dunia 2022, seluruh anggota Conmebol segera bertarung di Copa America di Brasil yang digelar pada 13 Juni hingga 10 Juli 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

timnas brasil timnas argentina timnas uruguay piala dunia 2022

Sumber : FIFA.com

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top