Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lorimer, Top Skor Leeds Sepanjang Masa & Debutan Termuda, Meninggal

Peter Lorimer, legenda Leeds United dan Skotlandia, meninggal dunia pada Sabtu (20/3/2021). Lorimer meninggal dalam usia 74 tahun. Dia memenangkan dua gelar liga, Piala FA, dan Piala Liga bersama tim berjuluk The Whites.
Peter Lorimer, legenda Leeds United./BBC
Peter Lorimer, legenda Leeds United./BBC

Bisnis.com, JAKARTA – Pencetak gol terbanyak Leeds United sepanjang masa, Peter Lorimer, meninggal pada usia 74 tahun, demikian diumumkan klub tersebut pada Sabtu (20/3/2021).

Mantan pemain internasional Skotlandia itu mencetak 238 gol dalam 705 penampilan untuk Leeds United dalam dua periode dengan total waktu 19 tahun.

Dia memenangkan dua gelar liga, Piala FA, dan Piala Liga bersama tim berjuluk The Whites di bawah arahan pelatih legendaris Don Revie, mantan pemain Timnas Inggris yang meninggal dunia pada 1989.

Leeds United mengumumkan "dengan sangat sedih" Lorimer telah meninggal pada Sabtu siang WIB "setelah sakit dalam waktu lama".

Sebuah pernyataan berbunyi: "Kontribusi Peter untuk Leeds United tidak akan pernah dilupakan dan kepergiannya meninggalkan lubang besar dalam keluarga Leeds United. Dia akan selalu menjadi ikon klub dan warisannya di Elland Road akan terus berlanjut."

Lorimer juga mencatatkan 21 caps untuk Skotlandia dan bermain di ketiga pertandingan mereka di Piala Dunia 1974, dengan mencetak gol dalam kemenangan 2–0 melawan Zaire.

Dalam pernyataan di Twitter, federasi sepak bola Skotlandia mengatakan "sangat sedih" atas berita kematian Lorimer.

Lorimer menjadi pemain termuda tim pertama Leeds United ketika dia melakukan debutnya melawan Southampton pada September 1962 pada usia 15 tahun 289 hari.

Sebagai gelandang serang, dia kemudian menjadi anggota kunci tim Revie yang menjadi kekuatan dominan di sepak bola Inggris, memenangkan Piala Liga pada 1968, Divisi Pertama pada 1969 dan 1974, Charity Shield pada 1969 dan Piala FA 1972.

Mereka juga mencicipi kesuksesan Eropa dengan kemenangan di Inter-Cities Fairs Cup pada 1968 dan 1971, serta mencapai final Piala Winners Piala Eropa 1973 dan final Piala Eropa 1975.

Dia mengira dia telah mencetak gol di final Piala Eropa 1975, tetapi golnya secara kontroversial dianulir, dan Leeds kalah dari Bayern Munchen.

Banyak dari gol Lorimer yang membobol gawang dengan kekuatan sedemikian rupa sehingga dia diberi julukan 'Jagoan' dan 'Lash' oleh para pendukung.

Dia meninggalkan Leeds pada 1979 untuk berseragam Toronto Blizzard, Vancouver Whitecaps, dan York City sebelum kembali ke Elland Road, markas Leeds, pada 1983 pada usia 37, ketika klub itu berada di Divisi Kedua.

Lorimer mencetak 19 gol lagi dalam 87 penampilan untuk memecahkan rekor pencetak gol klub sebelum pindah ke Whitby Town pada 1985.

Dia mempertahankan hubungannya dengan Leeds setelah pensiun sebagai pemain, menjabat sebagai direktur dan duta klub.

Lorimer juga bekerja sebagai pakar untuk Radio BBC Leeds, memiliki kolom di Yorkshire Evening Post dan menulis kolom di program hari pertandingan klub hingga pertandingan Liga Primer bulan lalu melawan Aston Villa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : BBC
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper