Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Schalke Pecat Baum, Huub Stevens si Legenda Kembali Tangani Tim

Schalke 04, yang tengah terbenam di dasar klasemen Bundesliga jerman, memecat Manuel Baum dari posisi pelatih kepala dan kembali memanggil legenda klub Huub Stevens untuk menjadi penyelamat dari degradasi.
Legenda Schalke 04 Huub Stevens/Bild
Legenda Schalke 04 Huub Stevens/Bild

Bisnis.com, JAKARTA – Schalke 04, yang tengah terbenam di dasar klasemen sementara Bundesliga Jerman, pada Jumat (18/12/2020) memecat Manuel Baum sebagai pelatih kepala setelah hanya 79 hari menjabat.

Pelatih asal Belanda Huub Stevens akan memimpin untuk keempat kalinya, setelah klub tersebut melewati 28 pertandingan tanpa meraih kemenangan.

Baum, 41 tahun dan juga mantan pelatih Ausburg dan Timnas Jerman U-18 dan U-20, adalah bos ketiga Schalke musim ini, bertahan hanya 10 pertandingan, menggantikan David Wagner pada September lalu.

Stevens, 67 tahun, merupakan legenda di klub Lembah Ruhr tersebut yang membimbing mereka sukses meraih Piala UEFA pada musim 1996–1997.

Dia terakhir kali turun tangan untuk Schalke ketika Domenico Tedesco dipecat pada Maret 2019 dan memimpin tim itu meraih kemenangan 4–2 atas Borussia Dortmund untuk membantu mereka menghindari degradasi.

Stevens, mantan bek PSV Eindhoven dan Timnas Belanda, berjanji tidak kembali ke klub itu lagi tahun lalu, tetapi pada Jumat ini dia berkata: "Hati saya masih biru dan putih [seragam Schalke]. Ketika klub berpaling kepada saya pada masa-masa sulit, saya tidak bisa mengatakan tidak."

Selain berulang kali menangani Schalke, Stevens pernah menukangi PSV dan Roda JC di Belanda; Hertha Berlin, Koln, Hamburg, Stuttgart, dan Hoffenheim di Jerman, Red Bull Salzburg di Austria; serta PAOK di Yunani.

Schalke terakhir kali menghabiskan satu musim di luar kompetisi teratas Jerman pada musim 1990–1991 atau 29 tahun silam.

Laga kandang Sabtu (19/12/2020) malam WIB melawan Arminia Bielefeld, yang menempati tempat play-off degradasi di klasemen sementara, dianggap sebagai pertandingan penting dan peluang bagi klub untuk mengklaim kemenangan pertama kalinya sejak Januari 2020 di ajang Bundesliga.

Mereka saat ini tertinggal hanya tiga pertandingan dari rekor terburuk liga dengan 31 pertandingan tanpa kemenangan, yang dicatatkan Tasmania Berlin—dibubarkan pada 1973—pada musim 1965–1966.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : BBC
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper