Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Prancis & Italia Pesta Gol, Jerman vs Turki Seri, Belanda Kalah di Uji Coba

Prancis dan Italia pesta gol dalam rangkaian pertandingan uji coba yang berlangsung pada Kamis (8/10/2020) dini hari WIB.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 08 Oktober 2020  |  07:50 WIB
Para pemain Turki merayakan gol pertama ke gawang Jerman./Antara - Reuters
Para pemain Turki merayakan gol pertama ke gawang Jerman./Antara - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Prancis, Italia, Polandia, dan Denmark menang besar dalam laga uji coba pada Kamis (8/10/2020) dini hari WIB, sementara Jerman imbang versus Turki dan Belanda menyerah dari Meksiko.

Juara dunia Prancis menang dengan skor mencolok 7–1 atas Ukraina. Bertanding di Stade de France di Saint-Denis, Paris, tuan rumah sudah unggul 4–0 saat rehat berkat gol-gol Eduardo Camavinga (9’), Olivier Giroud (24’ dan 34’), serta bunuh diri pemain Ukraina Vitalii Mykolenko (39’).

Memasuki babak kedua, berjalan 8 menit, Ukraina sempat memperkecil ketertuinggalan melalui kontribusi Viktor Tsygankov, tetapi Prancis menjaringkan tiga gol lagi lewat Corentin Tolisso (65’), Kylian Mbappe (82’), dan Antoine Griezmann (89’).

Pelatih Didier Deschamps baru memasukkan Mbappe dan Griezmann pada babak kedua. Mbappe masuk ketika babak kedua dimulai untuk menggantikan Anthony Martial, sedangkan Griezmann masuk menggantikan Houssem Aouar ketika pertandingan berjalan 1 jam.

Sementara itu, runner-up Piala Dunia 2018 Kroasia memetik kemenangan tipis 2–1 ketika melawat ke Stadion Kybunpark di Sankt-Gallen, Swiss. Tuan rumah sempoat membuka skor pada menit ke-31 lewat Mario Gavranovic, tetapi dibalas dua gol tamu melalui Josip Brekalo (42’) dan Mario Pasalic (66’)

Kemenangan selisih enam gool dicatatkan pula oleh Italia ketika menjamu Moldova di Stadion Artemio Franchi di Florence, markas Fiorentina.

Saat rehat, tuan rumah berjuluk Gli Azzurri alias Si Biru telah unggul 5-0 berkat gol-gol Bryan Cristante (18’), Francesco Caputo (23’), Stephan El Shaarawy (30’ dan 45’), serta bunuh diri pemain Moldova Veaceslav Posmac (37’).

Pada babak kedua, pasukan asuhan Roberto Mancini mengendurkan tekanan dan hanya menambah sebiji gol lagi lewat ujung tombak Sassuolo Domenico Berardi pada menit ke-72, hanya 3 menit berselang dia digantikan dengan Moise Kean, yang baru 4 hari dipinjamkan Everton ke Paris Saint-Germain.

Polandia juga berhasil mencatat kemenangan telak. Bermain di Stadion Energa di Gdanks, tuan rumah mencetak kemenangan 5–1 atas Finlandia.

Tampil tanpa pemain terbaik Eropa musim 2019–2020 Robert Lewandowski, tim asuhan Jerzy Brzeczek sudah unggul 3-0 saat turun minum berkat hattrick pemain West Bromwich Albion Kamil Grosicki dengan gol-golnya pada menit ke-9, 18, dan 38.

Memasuki babak kedua, berjalan 8 menit, giliran penyerang Hertha Berlin Krzysztof Piatek menjebol gawang tamu yang dikawal kiper Jesse Joronen. Pada menit 60 Ilmari Niskanen memperkecil ketinggalan tamu, tetapi 3 menit menjelang usai, Arkadiusz Milik memulihkan keunggulan empat gol milik Polandia.

Denmark juga meraih kemenangan besar atas Kepulauan Faroe, wilayah yang memiliki perdana menteri sendiri bernama Bárður á Steig Nielsen, tetapi secara resmi masih berstatus wilayah otonom Denmark.

Bermain di MCH Arena di Herning, keempat gol tuan rumah dilesakkan pada babak pertama melalui Andreas Skov Olsen (22’), penalti Christian Eriksen (27’), Joakim Mahle (32’), dan Andreas Cornelius (45’).

Pada babak kedua, tampak jelas bahwa skuad asuhan Kasper Hjulnad tak lagi berminat untuk menambah gol untuk tidak menambah penderitaan tim tamu yang sejatinya masih menjadi bagian wilayah negaranya dan skor 4–0 terpelihara hingga wasit asal Swedia Glenn Nyberg mengakhiri pertandingan.

Dalam pertandingan uji coba lainnya, Jerman dipaksa imbang Turki ketika beradu di Stadion Rhein Energie di Koln. Tiga kali Jerman memimpin, tetapi tiga kali pula Turki berhasil menyamakan skor.

Julian Draxler membuka keunggulan skuad asuhan Joachim Loew pada injury time babak pertama, tetapi dibalas ozan tyufan ketika babak kedua memasuki menit ke-4.

Pada menit ke-58 Florian Neuhas mengembalikan keunggulan Der Panzer, tetapi tamu kembali menyamakan kedudukan menjadi 2–2 lewat aksi Efecan Karaca 9 menit kemudian.

Jerman lagi-lagi berhasil unggul setelah Gian-Luca Waldschmidt menjebol gawang Turki yang dikawal kiper Fehmi Mert Gunok pada menit ke-81, tetapi skuad asuhan Senol Gunes kembali membuat skor imbang ketika injury time babak kedua telah berjalan 4 menit lewatb kontribusi Kenan Karaman.

Nasib tak elok dialami Belanda. Runner-up Piala Dunia 1974, 1978, dan 2010 itu menyerah di kandang sendiri, Johan Cruyff Arena di Amsterdam, dengan skor 0–1 dari Meksiko. Satu-satunya gol tamu dicetak dari titik penalti oleh Raul Jimenez ketika pertandingan berjalan 1 jam.

Ini menjadi awal buruk bagi Frank de Boer yang baru menggantikan Ronald Koeman sebagai npelatih kepala Timnas Belanda.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Sumber : Soccerway & BBC

Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top