Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PON XXI di Aceh & Sumut Tetap Digelar 2024

PON XXI yang direncanakan digelar di Sumatra Utara dan Aceh bakal tetap berlangsung pada 2024 walaupun PON XX Papua mundur setahun akib at pandemi Covid-19.
Rapat virtual KONI./Antara
Rapat virtual KONI./Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang direncanakan digelar di Sumatra Utara dan Aceh tetap akan berlangsung pada 2024 meski PON XX di Papua diundur setahun ke 2021 akibat pandemi Covid-19.

Hal itu merupakan salah satu hasil keputusan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) KONI 2020 yang dilaksanakan secara virtual pada Kamis (28/8/2020).

“Pelaksanaan PON XXI pada 2024 Aceh-Sumut sesuai dengan tahun penyelenggaraan Olimpiade,” kata Wakil Ketua KONI Pusat Suwarno.

Jadwal pelaksanaan dan kesiapan PON XXI menjadi pembahasan pada Rakernas KONI 2020. Provinsi Aceh dan Sumut sebelumnya sempat mengusulkan agar PON XXI digelar 4 tahun berikutnya, yakni pada 2025 sehubungan dengan adanya SK KONI Pusat tentang penundaan PON Papua ke 2021.

Namun, penangguhan PON Papua 2021 ternyata tak memengaruhi pelaksanaan PON XXI karena hal tersebut merupakan kejadian luar biasa. Dengan demikian, PON Aceh-Sumut tetap digelar pada 2024 sebagaimana tahun Olimpiade Paris digelar.

Sementara itu, untuk cabang olahraga yang dipertandingkan di PON XXI akan tetap mengikuti Aceh dan Sumut selaku tuan rumah bersama PON XXI.

Rencananya, ada total 56 cabang olahraga yang akan dipertandingkan di PON XXI Aceh-Sumut, dengan setiap  provinsi akan mempertandingkan 28 cabang olahraga (cabor).

Adapun cabor yang belum pernah dipertandingkan, lanjut Suwarno, harus terlebih dahulu melakukan eksibisi di PON Papua agar bisa dimasukkan di PON XXI Aceh-Sumut. “Khusus cabor yang telah melakukan ekshibisi di PON Papua akan ditambahkan di PON XXI 2024 Aceh-Sumut,.

Aceh dan Sumut sebelumnya terpilih sebagai tuan rumah PON XXI pada saat Musyawarah Olahraga Nasional (Musornas) KONI Pusat tahun lalu di Jakarta.

Namun, hingga saat ini kedua provinsi tersebut masih harus menunggu agar Surat Keputusan (SK) Menpora terkait penetapan dua provinsi tersebut sebagai tuan rumah bersama PON XXI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper