Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lyon Singkirkan City, Garcia Menangi Adu Taktik Lawan Pep

Kami memenangi adu taktik, sebab kami bisa menguasai sistem yang kami mainkan," ujar Garcia.
Rudi Garcia/Reuters-Jean^Paul Pelissier
Rudi Garcia/Reuters-Jean^Paul Pelissier

Bisnis.com, JAKARTA - Manajer Olympique Lyon, Rudi Garcia, menegaskan bahwa ia sejak awal meyakini pemain pengganti bakal menjadi kunci ketika timnya mengalahkan Manchester City 3-1 dalam laga perempat final Liga Champions di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Portugal, Minggu (16/8/2020)WIB.

Garcia berkaca kepada keberhasilan Paris Saint-Germain menang berkat Kylian Mbappe masuk sebagai pemain pengganti, demikian juga peran Tyler Adams untuk RB Leipzig di perempat final lainnya.

Hal itu, menurut Garcia sempat ia sampaikan kepada Moussa Dembele yang memulai laga dari bangku cadangan dan akhirnya masuk sebagai supersub mencetak dua gol penentu kemenangan ke gawang City.

"Moussa kecewa tak main sejak awal, tetapi sebelum pertandingan saya sudah bilang dia akan berperan sangat penting ketika masuk," kata Garcia dalam komentar pascalaga dilansir laman resmi UEFA.

"Seperti dua perempat final lainnya, laga tadi juga ditentukan oleh pemain pengganti," ujarnya menambahkan.

Kendati demikian, Garcia juga tidak mengecilkan peran Maxwell Cornet yang mencetak gol pembuka keunggulan timnya di awal laga, ketika City masih menerapkan skema tiga bek.

"Kami tahu bisa unggul sebab ada Maxwell di sana!" katanya.

"Kami memenangi adu taktik, sebab kami bisa menguasai sistem yang kami mainkan," ujar Garcia melengkapi.

Keunggulan berkat gol Cornet berhasil dipertahankan hingga babak pertama usai di tengah penampilan City yang masih tak menentu.

Lantas ketika City menyamakan kedudukan melalui Kevin de Bruyne, Garcia berhasil mengeluarkan kartu as-nya dengan mengirim masuk Dembele menggantikan Memphis Depay yang praktis membunuh momentum kebangkitan tim besutan Pep Guardiola.

"Saya bangga atas penampilan para pemain, kami tampil penuh percaya diri kendati sadar bukan unggulan dan melawan tim besar," katanya.

"Di atas semua itu, keberhasilan ini adalah buah semangat kebersamaan tim. Semua bekerja untuk meringankan beban rekan-rekannya dan tentu saja para pemain pengganti banyak membantu," pungkas Garcia.

Garcia sukses mengantarkan Lyon meraih kembali capaian tertinggi mereka di Liga Champions, yakni babak semifinal, yang mereka lakukan sedekade lalu.

Hanya saja, Lyon menemui lawan yang sama yakni Bayern Muenchen yang mengalahkan mereka pada 2009/10 dengan skor 0-3 dan 0-1 dalam dua leg semifinal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper