Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gara-Gara Corona, Seluruh Liga Serie A akan Dipertandingkan Tanpa Penonton

Menteri Olahraga Italia Vincenzo Spadafora mengatakan pada Rabu (4/3/2020), bahwa pemerintah kemungkinan akan mengeluarkan larangan pada suporter menghadiri pertandingan.
Ilustrasi Liga Serie A
Ilustrasi Liga Serie A

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri olahraga Italia mengatakan seluruh laga liga Serie A akan dipertandingkan di stadion tanpa penonton sebagai bagian upaya menghambat penyebaran virus corona.

Menteri Olahraga Italia Vincenzo Spadafora mengatakan pada Rabu (4/3/2020), bahwa pemerintah kemungkinan akan mengeluarkan larangan pada suporter menghadiri pertandingan dalam upaya untuk mencegah penyebaran virus corona, dengan sejumlah pertandingan sudah terpengaruh selama dua minggu terakhir.

"Kami sedang mempertimbangkan keputusan itu," kata Spadafora ketika ditanya apakah pemerintah berpikir untuk melarang penggemar dari menghadiri pertandingan di stadion.

"Kami akan melanjutkan semua kegiatan, dan begitu juga liga, tetapi kami akan menghormati kesehatan masyarakat," katanya.

Dikutip dari The Independent, 5 Maret 2020, sepuluh pertandingan Serie A telah ditunda di wilayah utara Lombardy, Veneto, dan Emilia-Romagna, meskipun virus Corona telah terdeteksi di semua kecuali satu dari 19 wilayah negara tersebut.

Jika keputusan tersebut dikonfirmasi oleh pemerintah, acara olahraga di Italia akan sangat terganggu, dengan Stadio Olimpico Roma juga akan menjadi tuan rumah pertandingan final rugby Six Nations Azzurri melawan Inggris pada 14 Maret.

Tunda Semifinal

Langkah ini mengikuti keputusan Serie A untuk menunda kedua semifinal Coppa Italia minggu ini, menambah dampak luas yang disebabkan COVID-19 terhadap virus corona.

Napoli dan Inter Milan, yang dijadwalkan bertanding Kamis malam, menjadi jadwal pertandingan terakhir yang ditunda karena wabah virus Corona, menyusul keputusan sebelumnya untuk menangguhkan leg kedua semifinal lainnya antara Juventus dan AC Milan.

"Presiden Liga Serie A, setelah mencatat perintah Prefektur Napoli pada 4 Maret 2020 nomor 0069870 yang memerintahkan penangguhan pertandingan semifinal Coppa Italia Napoli-Inter yang dijadwalkan pada 5 Maret pukul 20.45, mengumumkan bahwa pertandingan ditunda hingga tanggal yang belum ditentukan," bunyi pernyataan Serie A.

Jumlah kasus sejak wabah muncul 13 hari lalu naik menjadi 3.089 dari 2.502 pada hari Selasa (3/3/2020). Dari mereka yang tertular penyakit itu, sekitar 3,5 persen telah meninggal, kata kepala Badan Perlindungan Sipil Italia, Angelo Borrelli, dikutip dari Reuters.

Pemerintah telah menangguhkan acara dalam bentuk apapun dan memberikan jarak aman antar orang setidaknya satu meter.

Selain pertandingan olahraga, pengumuman juga menyerukan penutupan bioskop dan teater, dan memberitahu orang Italia untuk tidak berjabat tangan atau berpelukan, dan untuk menghindari kontak fisik langsung dengan semua orang.

Pemerintah telah menutup beberapa kota di utara Italia untuk menghambat penyebaran virus.

Langkah-langkah tersebut termasuk melarang orang memasuki atau meninggalkan daerah yang terkena dampak, menangguhkan acara publik dan menutup atraksi, seperti museum, kepada publik, menurut Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa, dikutip dari CNN. Diperkirakan 100.000 orang di Italia secara efektif berada di bawah karantina virus corona.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.Co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper