Jerman, Belanda, Kroasia, Austria Lolos ke Euro 2020

Jerman, Belanda, Kroasia, dan Austria menjadi tim-tim berikutnya yang memastikan lolos ke putaran final Piala Eropa (Euro) 2020.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 17 November 2019  |  06:17 WIB
Jerman, Belanda, Kroasia, Austria Lolos ke Euro 2020
Pemain Jerman Leon Goretzka (kanan) merayakan golnya ke gawang Belarusia bersama rekan-rekan setimnya. - Reuters/Leon Kugeler

Bisnis.com, JAKARTA – Jerman, Belanda, Kroasia, dan Austria menjadi tim-tim berikutnya yang memastikan lolos ke putaran final Piala Eropa (Euro) 2020 setelah menyelesaikan pertandingan matchday kesembilan pada Minggu (17/11/2019) dini hari WIB.

Dengan lolosnya empat tim itu, telah 16 tim yang memastikan menggenggam tiket ke putaran final Euro 2020. Ke-12 tim telah lebih dahulu lolos yaitu  Inggris, Republik Cheska (Grup A), Ukraina (B), Spanyol, Swedia (F), Polandia (G), Prancis, Turki (H), Belgia, Rusia (I), dan Italia, Finlandia (J).

Jerman dan Belanda, dua kekuatan sepak bola dunia, lolos sebagai wakil Grup C. Jerman menggenggam tiket Euro tahun depan setelah menghantam Belarusia 4 - 0 di Monchengladbach berkat gol-gol Matthias Ginter (41’), Leon Goretzka (49’), serta Toni Kroos (55’ dan 83’).

Sementara itu, pada saat bersamaan Belanda berhasil memaksakan skor imbang tanpa gol melawan tuan ruah Irlandia Utara di Belfast.

Pertandingan ini ditandai dengan kegagalan kapten tim Irlandia Utara menunaikan tugas mengeksekusi penalti pada menit ke-32 lantaran boldanya melayang di atas mistar gawang Belanda yang dikawal kiper Jasper Cillessen.

Dengan hasil dua pertandingan tersebut, Jerman memuncaki klasemen sementara Grup C dengan koleksi 18 angka, diikuti Belanda dengan nilai 16.

Meski masih menyisakan satu pertandingan, keduanya telah dipastikan lolos ke putaran final tahun depan. Nilai Jerman dipastikan tak terkejar oleh peringkat ketiga Irlandia Utara.

Nilai Belanda memang masih bisa disamai Irlandia Utara yang mendulang nilai 13 dan berada di slot ketiga, tetapi apa pun hasil matchday terakhir pada Rabu (20/11/2019) dini hari, Irlandia Utara tak bisa lagi melewati peringkat Belanda karena kalah head to head selain juga kalah selisih gol.

Namun, Irlandia masih berpeluang merebut satu tiket ke putaran final Euro tahun depan karena berhak melaju ke babak playoff yang memperebutkan empat tiket. Begitu pula dengan Belarusia, lolos ke jalur playoff, walaupun hanya menduduki peringkat keempat dengan nilai 4.

Tim-tim hingga peringkat keempat pun masih melaju ke jalur playoff karena Union of European Football Associations (UEFA) menetapkan tim-tim yang masuk ke gase tersebut berdasarkan hasil yang mereka raih di ajang Nations League 2018 - 2019, bukan peringkat di klasemen akhir fase grup babak kualifikasi.

Satu tim lagi kontestan di Grup C adalah Estonia, yang mendapat giliran tidak bermain pada matchday kesembilan karena grup ini hanya terdiri atas lima tim, dipastikan finis di dasar klasemen dengan hanya 1 angka dan sudah dipastikan tersingkir meski masih menyisakan satu pertandingan kontra Belanda.

Sementara itu, runner-up Piala Dunia tahun lalu Kroasia juga memastikan lolos ke Euro 2020 setelah dalam pertandingan Grup E menundukkan tamunya Slowakia dengan skor 3 - 1 di Rijeka.

Sempat dikejutkan gol tamu pada menit ke-32 melalui kontribusi Robert Bozenik, Kroasia bangkit pada babak kedua dengan membalas tiga gol yang dihasilkan oleh Nikola Vlasic (56’), Bruno Petkovic (60’), dan Ivan Perisic (74’).

Kemenangan itu memastikan Luka Modric tampil sebagai juuara Grup E dengan nilai 17 dan dipastikan tak terkejar lagi oleh peringkat kedua Hongaria dengan nilai 12.

Satu pertandingan lain Grup E yang digelar pada Minggu dini hari WIB adalah Wales mengatasi tuan rumah Azerbaijan di Baku berkat dua gol yang dilesakkan Kieffer Moore (10’) dan Harry Wilson (34’).

Dengan kemenqangan ini, Gareth Bale dan kawan-kawan menjaga asa untuk lolos ke putaran final Euro sebagai runner-up Grup E.

Wales kini menduduki peringkat ketiga dengan nilai 11 dan akan lolos langsung ke putaran final tanpa harus melalui jalur playoff jika bisa menang atas Hongaria pada Rabu dini hari mendatang.

Walaupun kemudian Wales gagal finis di posisi kedua, skuat asuhan Ryan Giggs tetap berpeluang lolos karena dipastikan masuk jalur playoff sebagaimana Slowakia di slot keempat klasemen sementara dengan nilai 10.

Adapun Azerbaijan, dengan nilai hanya 1, hasil imbang dengan skor 1 - 1 ketika menjamu Kroasia, terpuruk di dasar klasemen dan telah dipastikan tersingkir.

Satu tim lagi yang memastikan melaju ke putaran final Euro tahun depan hasil pertandingan pada Minggu dini hari WIB adalah Austria setelah mengatasi tamunya Macedonia Utara dengan skor 2 - 1 di Wina dalam pertandingan Grup G.

Pertandingan baru berjalan 7 menit, David Alaba telah membuka keunggulan tuan rumah yang kemudian digandakan oleh Stefan Lainer—pemasok assist gol Alaba—ketika babak kedua memasuki menit ke-3.

Macedonia Utara hanya mampu melesakkan sebiji gol balasan melalui kontribusi Vlatko Stojanovski ketika babak kedua telah memasuki injury time.

Kemenangan itu memastikan Austria finis di posisi kedua klasemen meski masih menyisakan satu pertandingan. Nilai Austria 19 dan mendampingi pemimpin klasemen akhir Polandia (22) lolos ke Euri 2020.

Jika Austria menang di laga terakhir pada Rabu dini hari nanti melawan tuan rumah Latvia dan di laga lain pada saat bersamaan Polandia kalah ketika menjamu Slovenia, nilai Austria menyamai Polandia, Polandia tetap finis sebagai juara grup karena unggul head to head 1 - 0 atas Austria.

Posisi berikutn ya di klasemen sementara Grup G ialah Slovenia dengan 14 angka, Macedonia Utara dan Israel masing-masing 11, serta Latvia tanpa nilai karena selalu kalah.

Slovenia dan Latvia sudah dipastikan tersingkir, sedangkan Macedonia Utara dan Israel, walaupun han ya menduduki posisi keempat dan kelima, justru lolos ke playoff berdasarkan hasil yang mereka peroleh di Nations League 2018 - 2019.

Terdapat 55 tim yang berebut 24 tiket ke putaran final Euro 2020, yang digelar di 12 negara, format yang baru diterapkan mulai edisi tahun depan.

Ke-55 tim itu terbagi dalam 10 grup. Juara dan runner up setiap grup lolos ke putaran final, sedangkan empat lainnya ditentukan melalui playoff.

Berbeda dengan edisi sebelumnya, peserta playoff bukan ditetapkan berdasarkan hasil klasemen akhir kualifikasi, melainkan mengacu pada raihan mereka di Nations League musim 2018 - 2019.

Juara bertahan Euro adalah Portugal. Dalam pertandingan final Euro 2016 di Prancis, Portugal menundukkan tuan rumah dengan skor tipis 1 - 0 melalui perpanjangan waktu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
timnas jerman, timnas belanda, Timnas Kroasia, Timnas Austria, Euro 2020

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top