Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hasil Piala Afrika : Madagaskar Mengejutkan, Lolos ke Perempat Final

Madagaskar, yang selama ini tidak pernah terdengar kiprahnya di sepak bola Afrika, apalagi dunia, secara mengejutkan melaju ke perempat final Piala Afrika 2019 setelah mencatat kemenangan di babak 16 besar.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 08 Juli 2019  |  02:53 WIB
Hasil Piala Afrika : Madagaskar Mengejutkan, Lolos ke Perempat Final
Para pemain Madagaskar memberi salam kepada suporter mereka setelah memastikan lolos ke perempat final Piala Afrika 2019 di Mesir. - Reuters/Mohamed Abd El Ghany

Bisnis.com, JAKARTA – Madagaskar, yang selama ini tidak pernah terdengar kiprahnya di sepak bola Afrika, apalagi dunia, secara mengejutkan melaju ke perempat final Piala Afrika 2019 setelah mencatat kemenangan di babak 16 besar.

Dalam pertandingan di Alexandria, Mesir, pada Senin (8/7/2019) dini hari WIB, Madagaskar menundukkan Republik Demokratik Kongo, yang semasa masih bernama Zaire, dua kali tampil sebagai juara yakni pada edisi 1968 dan 1974.

Madagaskar baru kali ini berhasil lolos ke putaran final Piala Afrika. Itu pun setelah Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF) menambah jatah tim yang masuk putaran final dari 16 tim 2 tahun lalu menjadi 24 tim mulai edisi tahun ini.

Kemenangan tim asuhan pelatih asal Prancis Nicolas Dupuis ditentukan melalui adu penalti setelah dalam permainan selama 120 menit termasuk perpanjangan waktu skor imbang 2 - 2.

Madagaskar dua kali unggul, tetapi RD Kongo berhasil dua kali melesakkan gol balasan termasuk di ujung waktu reguler pada menit ke-90.

Samuel Amada Ibrahim membuka keunggulan Madagaskar ketika pertandingan baru berjalan 9 menit, tetapi RD Kongo membalas lewat gol Cedric Bakambu pada menit ke-21 dan skor 1-1 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Pada babak kedua, Madagaskar kembali unggul melalui kontribusi Faneva Ima Andriatsima pada menit ke-77, tetapi lagi-lagi RD Kongo membalas di ujung laga lewat aksi Chancel Mbemba Mangulu.

Dengan skor selama 2 x 45 menit imbang 2-2, penentuan pemenang diteruskan ke babak perpanjangan waktu 2 x 15 menit, tetapi tak ada tambahan gol sehingga dilanjutkan ke fase adu penalti.

Kemenangan akhirnya menjadi milik Madagaskar setelah dalam masing-masing empat eksekusi pertama semua penendang mereka berhasil menjebol gawang RD Kongo, sebaliknya dua pemain RD Kongo gagal menjebol gawang Madagaskar sehingga skor adu penalti 4 - 2.

Di perempat final, Madagaskar akan menghadapi pemenang pertandingan 16 besar antara Ghana dan Tunisia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

piala afrika

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top