Maroko Tim Ke-4 Lolos ke 16 Besar Piala Afrika di Mesir

Maroko menjadi tim keempat yang lolos ke 16 besar Piala Afrika 2019 di Mesir setelah mencatat kemenangan kedua dengan mengatasi sesama tim favorit Pantai Gading 1 - 0 di Kairo.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 29 Juni 2019  |  06:18 WIB
Maroko Tim Ke-4 Lolos ke 16 Besar Piala Afrika di Mesir
Pemain dan pelatih Maroko merayakan gol ke gawang Pantai Gading yang dicetak Youssef En-Nesyri (19). - Reuters/Amr Abdallah Dalsh

Bisnis.com, JAKARTA – Maroko menjadi tim keempat yang lolos ke 16 besar Piala Afrika 2019 di Mesir setelah mencatat kemenangan kedua dengan mengatasi sesama tim favorit Pantai Gading 1 - 0 di Kairo.

Satu-satunya gol Maroko dalam pertandingan Grup D di Stadion Al Salam pada Sabtu (29/6/2019) dini hari WIB dikontribusi oleh penyerang klub La Liga Spanyol Leganes Youssef En-Nesyri pada menit ke-23.

Dalam laga pertama 5 hari lalu Maroko menang juga dengan skor 1-0 atas Namibia. Dengan nilai 6, Maroko dipastikan melaju ke 16 besar paling tidak sebagai runner up Grup D jika di laga terakhir kalah dari Afrika Selatan.

Di laga lain Grup D yang digelar setelah Maroko menaklukkan Pantai Gading di tempat yang sama, Afrika Selatan membuka peluang ke fase knock out setelah mengatasi Namibia juga dengan skor 1 - 0 dengan gol tunggal Bongani Zungu pada menit ke-68 menjadi penentu kemenangan.

Dengan hasil dua pertandingan itu, klasemen sementara Grup D dipimpin oleh Maroko dengan nilai 6, diikuti Pantai Gading dan Afrika Selatan masing-masing 3, sedangkan Namibia di dasar klasemen tanpa nilai sudah dipastikan tersingkir.

Maroko menjadi tim keempat yang memastikan lolos ke perdelapan final setelah tuan rumah Mesir di Grup A, Nigeria di Grup B, dan Aljazair di Grup C.

Sementara itu, persaingan ketat terjadi di Grup E ketika pada matchday kedua Tunisia seri 1 - 1 versus Mali di Stadion Kota Suez. Mali membuka skor ketika pertandingan berjalan 1 jam melalui Diadie Samassekou dan Tunisia menyamakan kedudukan 10 menit kemudian lewat aksi Wahbi Khazri.

Dengan demikian, belum ada tim yang mencatat dua kemenangan sehingga belum ada yang lolos ke 16 besar. Mali di posisi teratas klasemen sementara dengan nilai 4, diikuti Tunisia 2, Angola 1, dan Mauritania 0.

Angola dan Mauritania akan berhadapan dalam pertandingan maychday kedua yang baru digelar pada Sabtu mulai pk. 21.30 WIB.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
piala afrika, Timnas Pantai Gading, Timnas Maroko

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top