Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Gold Cup, Haiti Paksa Kosta Rika Hadapi Meksiko di 8 Besar

Haiti membuat kejutan setelah menundukkan Kosta Rika dengan skor tipis 2 - 1 dalam pertandingan terakhir Grup B Gold Cup.
Warga Port au Prince, ibu kota Haiti, yang menggelar nonton bareng, kegirangan setelah tim nasional mereka menjebol gawang Kosta Rika di Gold Cup di Amerika Serikat./Reuters-Andres Martinez Casares
Warga Port au Prince, ibu kota Haiti, yang menggelar nonton bareng, kegirangan setelah tim nasional mereka menjebol gawang Kosta Rika di Gold Cup di Amerika Serikat./Reuters-Andres Martinez Casares

Bisnis.com, JAKARTA – Haiti membuat kejutan setelah menundukkan Kosta Rika dengan skor tipis 2 - 1 dalam pertandingan terakhir Grup B Gold Cup pada Selasa (25/6/2019) pagi WIB untuk tampil sebagai juara grup dan lolos ke 8 besar berhadapan dengan runner up Grup A Kanada.

Di Red Bull Arena di Harrison, New Jersey, Amerika Serikat, Haiti, yang hanya satu kali masuk putaran final Piala Dunia yakni pada edisi 1974 dan kandas di fase grup, layak disebut membuat kejutan, karena Kosta Rika yang lolos ke empat dari lima putaran final Piala Dunia terakhir.

Bahkan, Kosta Rika melaju hingga perempat final Piala Dunia edisi 2014 di Brasil dan hanya terhenti lantaran kalah adu penalti dari Belanda setelah permainan selama 120 menit berakhir imbang tanpa gol.

Haiti lebih dahulu tertinggal akibat gol bunuh diri bek Djimy Alexis pada menit ke-13. Haiti bangkit pada babak kedua dengan memasok dua gol balasan ;ewat penalti Duckens Nazon (57’) dan Alexis membayar kesalahan dengan mencetak gol kemenangan 11 menit sebelum laga usai.

Sebenarnya, sebelum pertandingan dimulai, kedua tim telah memastikan lolos ke perempat final karena berhasil memenangi dua laga awal melawan Bermuda dan Nikaragua. Jadi, hasil pertandingan ini hanya untuk menentukan posisi juara dan runner up.

Pertandingan perempat final antara Haiti dan Kanada dijadwalkan berlangsung pada Minggu (30/6/2019) mulai pk. 06.00 WIB. Berselang 3 jam kemudian, Kosta Rika dijadwalkan jumpa sesama tim unggulan yakni Meksiko, juara Grup A, yang merupakan juara terbanyak Gold Cup, tujuh kali.

Sementara itu, dalam laga matchday ketiga Grup B lainnya yang digelar di tempat yang sama sebelum Haiti versus Kosta Rika, Bermuda mengatasi Nikaragua 2 - 0. Kemenangan itu membuat Bermuda finis di tempat ketiga meski keduanya sudah tersingkir sebelum pertandingan dimulai.

Putaran final Piala Emas 2019 diikuti 16 negara yang lolos kualifikasi yang melibatkan 40 anggota konfederasi tersebut. Satu-satunya negara yang tak ikut kualifikasi adalah Guatemala yang ketika itu masih menjalani skorsing Federation Internationale de Football Association (FIFA) akibat kasus korupsi.

Ke-16 kontestan putaran final Gold Cup ini dibagi menjadi empat grup. Grup A diisi Meksiko sebagai unggulan, Kanada, Martinique, Kuba dengan seluruh pertandingan digelar di Amerika Serikat.

Grup B diisi Kosta Rika, Haiti, Nikaragua, dan Bermuda dengan dua pertandingan awal digelar di San Jose, Kosta Rika, selanjutnya di AS.

Grup C dihuni Jamaika sebagai unggulan, Honduras, El Salvador, dan Curacao dengan dua pertandingan awal digelar di Kingston, Jamaika, selanjutnya di AS.

Grup D diisi AS sebagai unggulan, Trinidad & Tobago, Panama, dan Guyana dengan seluruh pertandingan digelar di AS.

Setiap dua tim teratas dari setiap grup lolos ke 8 besar atau perempat final.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper