Hasil Copa America : Uruguay Juara Grup C, Jepang Tersingkir

Uruguay tampil sebagai juuara Grup C Copa America 2019 di Brasil setelah menundukkan juara bertahan Cile dengan skor tipis 1 - 0.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 25 Juni 2019  |  08:27 WIB
Hasil Copa America : Uruguay Juara Grup C, Jepang Tersingkir
Dua penyerang Timnas Uruguay, Edinson Cavani (kiri) dan Luis Suarez, merayakan gol ke gawang Cile. - Reuters/Ricardo Moraes

Bisnis.com, JAKARTA – Uruguay tampil sebagai juara Grup C Copa America 2019 di Brasil setelah menundukkan juara bertahan Cile dengan skor tipis 1 - 0 berkat gol sundulan kepala Edinson Cavani dalam gelaran di Stadion Maracana di Rio de Janeiro.

Dalam pertandingan yang berlangsung pada Selasa (25/6/2019) pagi WIB itu, ritme permainan tidak terlalu tinggi dan lebih banyak terhenti lantaran begitu banyak pelanggaran yang dilakukan kedua tim, mencapai sedikitnya 40 kali.

Dengan pelanggaran sebanyak itu, pertandingan praktis terhenti rata-rata setiap 2,5 menit sehingga menutup kesempatan untuk para pemain kedua tim, yang diisi nama-nama beken seperti Luis Suarez dan Cavani di sisi Uruguay serta Alexis Sanchez dan Eduardo Vargas dari Cile, untuk menunjukkan kemampuan mereka.

Tidak banyak peluang terjadi sampai akhirnya Cavani melepaskan sundulan kepala pada menit ke-82 yang masuk tipis bagian dalam tiang kanan gawang Cile sehingga memang sulit dijangkau kiper Gabriel Arias.

Dalam pertandingan Group C lainnya di Stadion Mineirao di Belo Horizonte, Jepang bermain imbang 1 - 1 versus Ekuador. Jepang membuka skor pada menit ke-15 melalui kontribusi Shoya Nakajima dan dibalas Ekuador 20 menit kemudian lewat aksi Angel Israel Mena.

Dengan hasil dua pertandingan terakhir fase grup ini, Uruguay menjadi juara Grup C dengan nilai 7, diikuti Cile sebagai runner up dengan koleksi 6 angka, Jepang (2) di slot ketiga, dan Ekuador di dasar klasemen dengan hanya 1 angka.

Hasil pertandingan Jepang versus Ekuador ini meloloskan Paraguay ke perempat final atau 8 besar sebagai salah satu dari dua peringkat ketiga terbaik. Nilai Paraguay juga 2, tetapi selisih golnya lebih baik ketimbang Jepang yakni -1 berbanding -4.

Peringkat ketiga terbaik adalah Peru yang finis dengan poin 4 di Grup A di bawah Brasil (7) dan Venezuela (5).

Di perempat final yang dijadwalkan berlangsung pada 28 - 30 Juni, Brasil bertemu Paraguay, Venezuela versus Argentina, Kolombia versus Cile, serta Uruguay berhadapan dengan Peru.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
timnas uruguay, timnas chile, copa america, timnas jepang

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup