Uji Coba Copa America : Brasil Lumat Habis Honduras, Kolombia Menang Telak

Brasil melumat habis Honduras 7 - 0, sedangkan Venezuela dan Kolombia menang telak tiga gol dalam pertandingan uji coba menjelang Copa America.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 10 Juni 2019  |  10:03 WIB
Uji Coba Copa America : Brasil Lumat Habis Honduras, Kolombia Menang Telak
Penyerang Timnas Brasil Gabriel Jesus - Reuters/Ricardo Moraes

Bisnis.com, JAKARTA – Brasil melumat habis Honduras 7 - 0, sedangkan Venezuela dan Kolombia menang telak tiga gol dalam pertandingan uji coba menjelang Copa America yang berlangsung pada Senin (10/6/2019) pagi WIB.

Bermain di Porto Alegre, Brasil, ujung tombak Manchester City Gabriel Jesus mencetak dua dari tujuh gol tuan rumah pada menit ke-6 dan 47.

Lima gol lainnya milik tim asuhan pelatih Adenor Leonardo Bacchi alias Tite dicetak Thiago Silva (13’), penalti Philippe Coutinho (37’), David Neres (56’), Roberto Firmino (65’), dan Richarlison (71’).

Sementara itu, Venezuela menghantam tuan rumah Amerika Serikat dengan skor telak tiga gol tanpa balas di Cincinnati, Ohio. Dua dari tiga gol tamu dilesakkan Jose Salomon Rondon, penyerang milik West Bromwich Albion yang musim lalu dipinjamkan ke Newcastle United.

Pemain depan berusia 29 tahun itu membuka keunggulan Venezuela pada menit ke-16 dan kemudian mengontribusi gol ketiga pada menit ke-36, sedangkan gol kedua disumbang Jefferson Savarino pada menit ke-30.

Pada babak kedua, Venezuela mengendurkan tekanan sehingga tuan rumah tidak menananggung malu lebih besar akibat kebobolan gol lebih banyak lagi.

Kemenangan tiga gol tanpa balas juga diraih tim tamu Kolombia di Lima, Peru. Andres Mateus Uribe membuka dua gol awal pada menit ke-23 dan 65, sedangkan satu gol lain dipersembahkan Duvan Zapata ketika pertandingan babak kedua telah memasuki waktu tambahan.

Kontestan Copa America lainnya, Paraguay, juga berhasil mencatat kemenangan. Menjamu Guatemala di Asuncion, Paraguay menang 2 - 0 berkat gol-gol Gustavo Gomez (48’) dan penalti Derlis Gonzalez (76’).

Copa America 2019, turnamenan taranggota Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan, dimulai 5 hari lagi di Brasil.

Tuan rumah mengisi Grup A bersama Bolivia, Venezuela, dan Peru. Grup B diisi Argentina sebagai unggulan bersama Kolombia, Paraguay, dan Qatar, juara Piala Asia 2019 sebagai tim tamu. Grup C diisi Uruguay sebagai unggulan bersama juara bertahan Cile, Ekuador, dan Jepang, runner up Piala Asia juga sebagai tim undangan.

Di sisi lain, bagi AS, kekalahan ini merupakan modal buruk menjelang mereka bertarung di Gold Cup, turnamen antaraanggota Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara, Tengah, dan Kariia (Concacaf) yang digelar di AS dengan Kosta Rika dan Jamaika sebagai co-host.

Di tunamen kali ini, AS yang merupakan juara bertahan ditempatkan sebagai unggulan Grup D bersama Panama, Trinidad & Tobago, serta Guyana.

Sementara itu, Guatemala, juga anggota Concacaf, tidak mertarung di putaran final Gold Cup tahun ini karena ketika kualifikasi digelar, mereka masih menjalani sanksi dari Federation Internationale de Football Association (FIFA) akibat kasus korupsi di asosiasi sepak bolanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
timnas brasil, timnas kolombia, timnas venezuela, copa america, Timnas Peru, Timnas Paraguay

Sumber : Reuters & TeleSur

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top