Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jadwal Liga Prancis : Lille Amankan Slot Liga Champions, Lyon vs Caen

Ligue 1 segera menggulirkan rangkaian pertandingan pekan ke-37 yang digelar secara bersamaan pada Minggu (19/5/2019) mulai pk. 02.00 WIB.
Pelatih klub Ligue 1 Prancis Christope Galtier/Reuters
Pelatih klub Ligue 1 Prancis Christope Galtier/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Ligue 1 segera menggulirkan rangkaian pertandingan pekan ke-37 yang digelar secara bersamaan pada Minggu (19/5/2019) mulai pk. 02.00 WIB.

Dengan demikian, setiap tim tinggal menyisakan dua pertandingan lagi di kompetisi sepak bola teratas di Prancis musim 2018 - 2019 itu.

Paris Saint-Germain (PSG) telah dipastikan mempertahankan gelar, sehingga arah perhatian kini tertuju pada perebutan slot tiket Liga Champions Eropa musim depan.

Ligue 1 memiliki jatah dua tim teratas langsung masuk fase grup Liga Champions, sedangkan tim yang finis di slot ketiga harus masuk jalur kualifikasi untuk berusaha lolos ke fase grup.

Sementara itu, tim yang finis di peringkat keempat lolos ke fase grup Liga Europa, kompetisi antarklub Eropa level kedua setelah Liga Champions.

Posisi klasemen sementara, PSG sebagai juara dipastikan teratas dengan koleksi 88 angka, diikuti tim-tim di lima besar yakni Lille 72, Lyon 66, Saint-Etienne 62, dan Montpellier 58.

Dengan peta klasemen sedemikian, Lille dapat dikatakan sudah 99,99 persen akan mengikuti jejak PSG mendapatkan tiket langsung masuk fase grup Liga Champions.

Secara matematis, Lyon masih bisa finis di slot kedua, tetapi praktiknya sangatlah sulit. Katakanlah Lyon mampu memenangi dua laga terakhir dan sebaliknya Lille kalah di dua pertandingan sisa, nilai keduanya menjadi sama-sama 72, dan Lille akan unggul selisih gol.

Saat ini perbandingan selisih gol kedua tim tersebut sangat jauh. Selisih gol Lille 62-30 (32), sedangkan Lyon 63-45 (18).

Posisi Lyon di slot ketiga yakni jalur kualifikasi Liga Champions pun belum bisa dikatakan aman karena Saint-Etienne masih berpeluang finis di angka 58 atau 2 lebih banyak ketimbang nilai Lyon sekarang.

Jadi, jalan paling aman bagi Lyon untuk paling tidak finis di posisi ketiga ialah memetik poin penuh ketika menjamu Caen pada pekan ke-37 ini. Namun masalahnya, Caen tengah berjuang untuk meraup 3 poin untuk memastikan terhindar dari degradasi sehingga bakal memberi perlawanan sengit.

Caen, dengan nilai 33, kini ada di posisi 18, slot khusus laga dua leg playoff melawan tim yang finis di peringkat ketiga Ligue 2 yang tengah diperebutkan Troyes, Paris, dan Lens dalam laga playoff. Sedangkan dua tim teratas Ligue 1 yakni Metz dan Stade Brestois 29 sudah pasti promosi.

Adapun di Ligue 1, dua tim terbawah setelah Caen ialah Dijon (31) dan Guingamp (26). Dengan sisa dua laga, Guingamp sudah pasti degradasi karena nilai maksimalnya jika menang di dua laga akhir adalah 32, sedangkan Dijon masih berpeluang bertahan di Ligue 1.

Jadwal lengkap pekan ke-37: Bordeaux vs Stade Reims; Guingamp vs Nimes; Lille vs Angers; Lyon vs Caen; Monaco vs Amiens; Montpellier vs Nantes; PSG vs Dijon; Saint-Etienne vs Nice; Strasbourg vs Stade Rennais; Toulouse vs Marseille.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper