Hasil Piala Asia, Korsel Ikuti Yordania & China Lolos ke 16 Besar

Korea Selatan menjadi tim ketiga yang lolos ke 16 besar Piala Asia 2019 setelah Yordania dan China. Korsel melaju ke fase knock out setelah menundukkan Kirgistan dengan skor tipis 1 - 0.
M. Syahran W. Lubis | 12 Januari 2019 09:36 WIB
Para pemain Korea Selatan merayakan gol ke gawang Kirgistan yang meloloskan mereka ke 16 besar Piala Asia 2019. - Reuters/Satish Kumkar

Bisnis.com, JAKARTA – Korea Selatan menjadi tim ketiga yang lolos ke 16 besar Piala Asia 2019 setelah Yordania dan China. Korsel melaju ke fase knock out setelah menundukkan Kirgistan dengan skor tipis 1 - 0.

Dalam pertandingan Grup C di Stadion Hazza bin Zayed di Al Ain, Uni Emirat Arab, satu-satunya gol kemenangan tim berjuluk Laskar Taegeuk tersebut dilesakkan oleh bek tengah berusia 22 tahun, Kim Min-jae, 4 menit menjelang rehat.

Sebiji gol dalam pertandingan pada Sabtu (12/1/2019) dini hari itu sudah cukup untuk mengantar tim asuhan pelatih berkebangsaan Portugal Paulo Bento untuk mengikuti China lolos dari Grup C ke babak 16 besar.

China, yang ditanganieks-pelatih Timnas Italia Marxcello Lippi, telah beberapa jam lebih dahulu memastikan lolos ke perdelapan final setelah menggasak Filipina, salah satu dari tiga wakil Asia Tenggara di putaran final Piala Asia kali ini selain Thailand dan Vietnam, tiga gol tanpa balas.

Dengan demikian, China dan Korsel menempati posisi dua teratas klasemen sementara Grup C masing-masing dengan mengoleksi nilai 6 dan pertemuan kedua tim tersebut 4 hari mendatang hanya untuk menentukan juara grup.

China memimpin klasemen sementara di atas Korsel karena mempunyai selisih gol yang lebih baik yakni 5-1 (+4) berbanding Korsel yang hanya 2-0 (+2).

Kirgistan dan Filipina menempati posisi dua terbawah di klasemen sementara Grup C. Meski keduanya telah sama-sama menelan dua kekalahan, mereka masih memiliki kesempatan untuk lolos ke babak 16 besar sebagai salah satu dari empat peringkat ketiga terbaik dari enam grup.

Tim yang pertama kali lolos ke 16 besar ialah Yordania dari Grup B setelah mempecundangi Australia 1 - 0 dan Surtiah 2 - 0.

Sumber : Reuters

Tag : Timnas Korsel, Piala Asia 2019, Timnas China, Timnas Yordania
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top