PIALA DUNIA 2018: Lolos ke Final, Ekonomi Kroasia Raih Kemenangan

Lolosnya Kroasia ke final Piala Dunia untuk pertama kali telah membuktikan kemenangan ekonomi di kandangnya dengan pengeluaran mencapai tingkat rekor saat para penggemar bergegas membeli bir, kudapan, dan televisi untuk mengikuti aksi di Rusia.
Martin Sihombing | 13 Juli 2018 00:51 WIB
Presiden Kroasia Kolinda Grabar-Kitarovic menyaksikan pertandingan antara Kroasia dan Rusia di perempat final Piala Dunia 2018, Sochi Rusia, 7 Juli 2018. - Reuters

Bisnis.com, ZAGREB  - Lolosnya Kroasia ke final Piala Dunia untuk pertama kali telah membuktikan kemenangan ekonomi di kandangnya dengan pengeluaran mencapai tingkat rekor  saat para penggemar bergegas membeli bir, kudapan, dan televisi untuk mengikuti aksi di Rusia.

Jaringan ritel lokal terbesar di negara itu, Konzum, mengatakan  penjualan keripik naik hingga 100% pada  Rabu, dibandingkan dengan tahun lalu, ketika para penggemar mengunyah kemenangan 2-1 perpanjangan waktu atas Inggris di semifinal.

Banyak yang akan menonton pertandingan final hari Minggu melawan Prancis di televisi baru, dengan beberapa toko melaporkan kenaikan 400%  penjualan selama Piala Dunia dibandingkan dengan tahun lalu.

Penjualan tersebut telah berkontribusi pada 12,95 miliar kuna (US$2,05 miliar) yang dibelanjakan oleh Kroasia dan wisatawan sejak Piala Dunia dimulai pada pertengahan Juni, menurut data kantor pajak yang diterbitkan oleh Daftar Vecernji setiap hari pada hari Kamis (12/7/2018).



Angka penjualan tiga minggu telah mendekati rekor 13,8 miliar kuna yang ditetapkan pada Desember 2017 karena belanja liburan Natal.

Para menteri kabinet Kroasia senang mengenakan seragam kotak-kotak merah dan putih pada  Kamis, dengan perdana menteri Andrej Plenkovic mengatakan lolos ke final adalah "promosi terbaik yang mungkin untuk negara pada tingkat global".

Analis setuju, memprediksi peningkatan pariwisata yang sudah menyediakan hampir 20%  dari produk domestik bruto negara itu.

"Ini adalah promosi besar bagi Kroasia secara global yang tentunya akan mencerminkan peningkatan minat di negara itu," kata seorang analis ekonomi, Mladen Vedris.

"Saya berharap kita akan memiliki lebih banyak turis, tetapi itu seharusnya bukan satu-satunya fokus. Kita harus menggunakan kesempatan ini untuk menarik lebih banyak investasi juga."

Sumber : Reuters

Tag : piala dunia 2018
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top