Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

FINAL PIALA DUNIA 2018: Prancis vs Kroasia, Preview dan Head To Head

Prancis dan Kroasia akan saling berhadapan di final Piala Dunia pada Minggu (15/7/2018).
Luca Modric dan pemain Kroasia lainnya bergembira/Reuters
Luca Modric dan pemain Kroasia lainnya bergembira/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Prancis dan Kroasia akan saling berhadapan di final Piala Dunia pada Minggu (15/7/2018).

Prancis mengkandaskan Belgia 1-0 di semifinal Selasa (10/7/2018), sedangkan Kroasia menumbangkan juara 1966 Inggris 2-1 lewat perpanjangan waktu, Rabu (11/7/2018).

Kedua tim nasional sebelumnya saling bermain lima kali. Prancis telah memenangkan tiga pertandingan tersebut, sementara dua lainnya menghasilkan hasil imbang.

Pertandingan pertama dimainkan pada 8 Juli 1998,  semifinal Piala Dunia.  Les Bleus menang 2-1 dan maju ke final, yang mereka menangkan atas Brasil 3-0 di kandang.
Prancis dan Kroasia terakhir saling bermain pada  Maret 2011 pada pertandingan persahabatan internasional, tetapi hasilnya imbang 0-0.

Ini Head To Head  Prancis v Kroasia  (11v11.com):

  • 8 Juli 1998: Prancis 2, Kroasia 1 di Stade de France (Paris)
  • 13 November 1999: Prancis 3, Kroasia 0 di Stade de France (Paris)
  • 28 Mei 2000: Prancis 2, Kroasia 0 di Maksimir (Zagreb, Kroasia)
  • 17 Juni 2004: Perancis 2, Kroasia 2 di Estadio Dr. Magalhaes Pessoa (Leiria, Portugal)
  • 29 Maret 2011: Prancis 0, Kroasia 0 di Stade de France (Paris)

Pada debut Piala Dunia pada  1998, Kroasia berhasil mencapai semifinal, akhirnya memenangkan pertandingan ketiga. Hasilnya melambungkan mereka dari peringkat 125 ke posisi ketiga di peringkat FIFA di seluruh dunia, dan tim ini ditata generasi emas Kroasia.

Pada  2014, Kroasia gagal maju dari babak penyisihan grup, sebagian sebagai akibat dari kekalahan kontroversial ke Brasil.

Tim itu kalah 3-1 dalam pertandingan pertamanya ke Brasil, dalam sebuah kontes yang mengesankan penalti yang diberikan kepada Brasil setelah pemain depan Fred jatuh akibat  "kontak kecil dari bek Kroasia" (beberapa mungkin mengatakan dia diving).

Bagaimana Mereka Sampai pada 2018

Kroasia menyelesaikan performa sempurna 3-0 di babak grup. Tim mengalahkan Nigeria, 2-0, dengan gol bunuh diri dan tendangan penalti. Kemudian itu menghancurkan Argentina dengan selisih 3-0 yang menakjubkan dan menyingkirkan Islandia dengan kemenangan 2-1, dalam pertandingan grup terakhir.

Pertandingan KO tim melawan Denmark berakhir 1-1 setelah sepasang serangan awal dalam empat menit pertama permainan. Tapi setelah itu, bermain tetap semangat bahkan  Kroasia akhirnya menang 3-2 di adu penalti.

Di perempatfinal Kroasia mengakhiri perjalanan mengejutkan Rusia, menang 4-3 lewat adu penalti. Di semifinal mereka membekap Inggris 2-1 lewat extra time.

Tim Kroasia memiliki peluang yang cukup tak terduga untuk memenangkan gelar dengan perjalanan yang memukau tahun ini.  Tim bermain dalam bayangan skuad 1998, tetapi tampaknya itu justru menginspirasi para pemainnya. Bek Vedran Corluka mengatakan: “Kami berada di semifinal lagi, setelah 20 tahun. Itu sesuatu yang istimewa di negara kita. ”

Untuk bintang Kroasia Luka Modric, final adalah kesempatan untuk menyelamatkan hubungan yang penuh dengan publik Kroasia, berkat dakwaan sumpah palsu. Pada usia 32 tahun, ini mungkin menjadi Piala Dunia terakhirnya dan kesempatan terakhir untuk memperbaiki hubungan dengan pendukung negaranya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Reuters/SI/Newyork Times
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper