Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SEMIFINAL PIALA DUNIA 2018: Fans Kroasia Berebut ke Moskow

Kroasia mungkin adalah negara kecil, tetapi ketika mereka menghadapi Inggris di semifinal Piala Dunia pada Rabu (11/7/2018), pendukung tim mereka berjanji akan lebih keras.
Pendukung Kroasia saat timnya loloske semifinal Piala Dunia 2018/Reuters
Pendukung Kroasia saat timnya loloske semifinal Piala Dunia 2018/Reuters

Bisnis.com, SARAJEVO / MOSCOW - Kroasia mungkin adalah negara kecil, tetapi ketika mereka menghadapi Inggris di semifinal Piala Dunia pada  Rabu (11/7/2018), pendukung tim mereka berjanji akan lebih keras.

Fans dari negara Adriatik dengan 4,2 juta orang, yang mengalahkan tuan rumah Rusia untuk mencapai empat besar, telah berebut untuk sampai ke Moskow.

"Anda dapat membayangkan situasi yang sibuk di rumah. Semua orang ingin berada di stadion. Ini sesuatu yang sangat besar bagi kami," kata penggemar Kroasia Neman, tiba di bandara Sheremetyevo Moskow.

"Jika Anda membandingkan ukuran negara, saya ragu akan ada lebih banyak orang Kroasia (daripada penggemar Inggris). Namun,  kami akan sangat lantang," tambahnya.

BOEING TERBESAR

Dengan ribuan pendukung yang putus asa untuk pergi ke Moskow, operator tur Kroasia telah berjuang untuk mengamankan ruang pesawat yang cukup.

Sepuluh pesawat sewaan yang membawa lebih dari 1.500 penggemar lepas landas dari ibu kota Zagreb untuk ke Moskow pada  Selasa (10/7/2018), kata media online Kroasia, TPortal.

Satu operator tur telah menyewa Boeing 777-300ER, pesawat terbesar untuk mendarat di Kroasia, untuk membawa 457 penggemar ke Moskow pada  Rabu, lapor kantor berita negara Kroasia HINA.

"Di bandara itu gila. Tidak ada cukup banyak penerbangan charter di bandara," kata pendukung Kroasia Igor Cicak di gerbang kedatangan di Moskow.

"Saya pikir akan ada lebih banyak fans Inggris, atau setidaknya sama. Namun, Rusia akan menguntungkan kita, jadi kita akan (dalam mayoritas)," kata Cicak.

Tur pada menit-menit terakhir ke Rusia menelan biaya sekitar 7.500 kuna (US$1.200), menurut TPortal.

Itu setara dengan sekitar seperempat dari pendapatan rumah tangga per kapita tahunan rata-rata di Kroasia per Desember 2016, menurut data dari lembaga analisis makroekonomi CEIC. Paket tidak termasuk tiket pertandingan.

“Akan ada lebih banyak orang Inggris karena mereka lebih kaya dan mampu membayar lebih dari orang Kroasia," kata Stepan Pezo, 40, dari Kroasia selatan. "Tapi kita akan menjadi lebih keras."

Federasi Sepak Bola Kroasia telah mengamankan lebih dari 3.000 tiket pertandingan tambahan, menempatkan mereka untuk dijual di portal resmi secara online.

INGGRIS PENGGEMAR INGGRIS

Fans Inggris juga telah menuju ke Moskow, dengan puluhan konvergen di bandara Heathrow London pada  Selasa dalam upaya untuk menjadi bagian dari momen olahraga yang berpotensi bersejarah.

Kementerian Komunikasi Rusia mengatakan jumlah aplikasi oleh warga Inggris untuk dokumen identitas penggemar Piala Dunia meningkat lebih dari 29%, atau dengan 6.300 aplikasi, sejak 7 Juli.

Salah satu penggemar Inggris di Moskow mengatakan warga Inggris tertarik untuk pergi ke Rusia setelah awalnya ditunda oleh kekhawatiran kekerasan dan hooliganisme.

"Media kami membenarkan kami sejak saat itu benar-benar diumumkan," kata Andrew Barnett, dari Telford dekat Birmingham. "Aku tahu orang-orang yang putus asa untuk mendapatkan tiket sekarang."

British Airways, yang telah melihat peningkatan 700% dalam pencarian penerbangan ke Rusia sejak kemenangan adu penalti 16 besar Inggris atas Kolombia, telah menciptakan ratusan kursi lebih banyak di penerbangan Moskow dengan menggunakan pesawat yang lebih besar.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper