PIALA DUNIA 2018: Kroasia vs Inggris, Data dan Fakta, Rekor Pertemuan, Prediksi, Hasil

Dua negara yang telah menunggu bertahun-tahun untuk mengenang kenangan pahit dari kekalahan di semifinal Piala Dunia akan saling berhadapan pada Rabu (11/7/2018) atau Kamis (12/7/2018) pukul 01.00 WIB di Moskow yang berpeluang untuk melangkah lebih jauh.
Martin Sihombing | 10 Juli 2018 14:15 WIB
Eric Dier dan Timnas Inggris - Reuters

Bisnis.com, REPINO, Rusia - Dua negara yang telah menunggu bertahun-tahun untuk mengenang kenangan pahit dari kekalahan di semifinal Piala Dunia akan saling berhadapan pada Rabu (11/7/2018) atau Kamis (12/7/2018) pukul 01.00 WIB di Moskow yang  berpeluang untuk  melangkah lebih jauh.

Penampilan terakhir Inggris pada tahap ini adalah pada  1990 ketika mereka kalah dalam adu penalti ke Jerman Barat di Turin, sementara delapan tahun kemudian, di Piala Dunia pertama mereka sebagai negara merdeka, Kroasia kalah dari tuan rumah yang akhirnya juara Prancis.

Sementara banyak orang luar melihat  Kroasia yang tak terduga berlari ke empat besar sebagai sukses besar, di dalam negeri banyak yang berbagi pandangan dari manajer tim saat itu Miroslav Blazevic bahwa itu adalah kesempatan yang hilang.

PIALA DUNIA 2018: Prancis v Belgia, Head To Head, Prediksi, Preview: Lukaku vs Varane?PIALA DUNIA 2018: Kroasia vs Inggris, Rekor Pertemuan, Susunan Pemain, Prediksi, Preview: Modric vs Kane?

Inggris juga meninggalkan Italia 28 tahun yang lalu merasa  tim yang menampilkan Gary Lineker dan Paul Gascoigne tidak bisa pergi jauh-jauh.

Namun, tidak ada pihak yang berminat untuk nostalgia atau menggunakan masa lalu sebagai motivasi.

Sementara para pemain Kroasia, yang selalu ditanya tentang generasi 1998 dan tidak pernah gagal mengungkapkan kekaguman mereka pada orang-orang seperti Zvonimir Boban dan Davor Suker, perbandingan itu adalah beban yang mereka rasa tidak dibutuhkan.

"Kami tidak memberi lebih banyak tekanan pada diri sendiri dengan apa yang terjadi pada 1998," kata gelandang Ivan Rakitic.

"Apa yang mereka lakukan sangat mengesankan, tetapi kami ingin terus menulis sejarah kami sendiri dan menikmati apa yang kami lakukan yang sangat positif," tambahnya.

Kekalahan Inggris pada  1990 berubah menjadi film dokumenter dan telah menjadi bagian dari "52 tahun kesakitan" negara itu sejak kemenangan Piala Dunia 1966 mereka.

Namun pada  Senin, bek Ashley Young dengan cepat mengabaikan pentingnya itu. "Kami berkonsentrasi pada apa yang terjadi sekarang. Bukan apa yang terjadi di masa lalu. Kami menantikan masa depan," kata Young.

TERBURUK

Tidak ada tim yang datang ke Rusia digembar-gemborkan sebagai favorit, tetapi mereka telah menghasilkan pertunjukan di seluruh kompetisi yang telah menunjukkan  mereka diremehkan oleh para pakar.

Kemenangan 3-0 Kroasia atas Argentina di babak penyisihan grup adalah sinyal yang jelas bahwa tim yang dipimpin oleh maestro lini tengah Luka Modric adalah ancaman nyata dengan passing dan gerakan cerdas mereka.

Dalam pertandingan perempat final mereka melawan Rusia, Kroasia menunjukkan tim yang berbeda, bersedia untuk menghabisi mereka dengan Rusia selama 120 menit sebelum menjaga ketenangan mereka dan memenangkan adu penalti dalam suasana partisan.

Inggris, yang membuat kesan awal dengan kemenangan telak 6-1 di Panama di babak penyisihan grup, kemudian mengatasi hoodout tembak-menembak mereka dalam mengalahkan Kolombia di babak 16 besar dan tampak tenang dan matang dalam kemenangan 2-0 perempat final atas Swedia.

Mengingat Kroasia memiliki waktu ekstra dan penalti untuk pulih, Inggris harus datang ke permainan lebih segar dan mereka juga memiliki keunggulan dalam pertemuan sebelumnya, memenangkan empat dari tujuh pertemuan, termasuk kemenangan 5-1 dalam pertandingan terakhir mereka - Dunia Kualifikasi Piala pada tahun 2009.

FAKTA

LIVE Bisnis.com

Kroasia vs Inggris

Stadion Luzhniki, Moskow -- 80.000 Kursi

Rabu (11/7) Pukul 01.00 WIB

Statistik kunci

* Inggris membuat penampilan semifinal Piala Dunia pertama mereka sejak 1990, ketika mereka kalah dari Jerman melalui adu penalti.
* Satu-satunya gelar internasional The Three Lions adalah kemenangan Piala Dunia 1966 di kandang sendiri.
* Kroasia, yang menjadi independen pada awal 1990-an, telah mencapai di empat Piala Dunia terakhir  sebelumnya, debut mereka di Piala Dunia  pada  1998. Mereka kalah dari tuan rumah, yang  akhirnya juara Prancis.

* Kroasia memuncaki grup Piala Dunia mereka di Rusia dengan tiga kemenangan dari tiga pertandingan, mencetak tujuh gol dan hanya kebobolan satu. Mereka belum terkalahkan sejauh ini di turnamen.

* Inggris menempati posisi kedua di grup mereka, setelah kalah (0-1) dalam pertandingan grup terakhir mereka ke Belgia.

* Gelandang Luka Modric adalah pencetak gol terbanyak Kroasia di turnamen dengan dua gol.

* Pemain depan Inggris Harry Kane, yang menduduki puncak daftar pencetak gol Piala Dunia di Rusia dengan enam gol, sejajar dengan mantan striker Gary Lineker untuk sebagian besar gol yang dicetak oleh pemain Inggris di satu Piala Dunia.

* Inggris telah mencetak delapan dari 11 gol mereka sejauh ini dari bola mati termasuk penalti.

* 11 gol Inggris sejauh ini sama dengan catatan  dari sebagian besar gol Inggris di satu Piala Dunia yang dimulai pada  1966, ketika mereka memenangkan gelar.

* Gelandang Jordan Henderson belum pernah kalah dalam 30 pertandingan terakhirnya di Inggris, yang merupakan rekor tak terkalahkan paling lama dari pemain Inggris manapun dalam sejarah.

* Inggris membutuhkan penalti untuk mengalahkan Kolombia di Babak 16 besar, tetapi lolos ke babak empat besar dengan kemenangan 2-0  atas Swedia.

* Meskipun berjalan dengan nyaman melalui grup mereka, Kroasia memiliki perjalanan yang lebih keras di babak sistem gugur, membutuhkan perpanjangan waktu dan penalti untuk menyingkirkan Denmark di babak 16 besar dan kemudian menjamu Rusia di babak empat besar.

Pertemuan sebelumnya:

* Inggris dan Kroasia belum pernah bertemu di Piala Dunia, dan hanya sekali bertemu di turnamen internasional, ketika Inggris mengalahkan mereka 4-2 di Euro 2004

* Secara total kedua belah pihak saling bermain tujuh kali, dengan Inggris mencatat empat kemenangan bagi Kroasia. Pertemuan pertama mereka, pada tahun 1996, berakhir dengan hasil imbang tanpa gol.

Sumber : Reuters

Tag : piala dunia 2018
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top