Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIALA DUNIA 2018: Prancis vs Belgia, Thierry Henry Rencanakan Kejatuhan Les Bleus

Ironi Thierry Henry, salah satu pemain hebat Prancis sepanjang masa, merencanakan kejatuhan negaranya sendiri di Piala Dunia di Rusia. Dia belum lupa pada mantan rekan setimnya Didier Deschamps, yang menyebutnya situasi yang ganjil.
Thierry Henry/Reuters
Thierry Henry/Reuters

Bisnis.com, ST PETERSBURG - Ironi Thierry Henry, salah satu pemain hebat Prancis sepanjang masa, merencanakan kejatuhan negaranya sendiri di Piala Dunia di Rusia. Dia belum lupa pada mantan rekan setimnya Didier Deschamps, yang menyebutnya situasi yang ganjil.

Ketika Prancis melawan Belgia di semifinal Piala Dunia di Stadion Saint Petersburg pada h ari Selasa, Henry yang berusia 40 tahun akan berada di bangku lawan, ingin menghentikan negaranya dari maju ke final  pada Minggu.

Dia dan Deschamps,  bermain bersama di skuad pemenang Piala Dunia 1998 dan yang telah menjadi pelatih Les Bleus selama enam tahun terakhir.

"Ini aneh karena dia orang Prancis dan akan berada di bangku lawan," kata Deschamps pada Minggu di acara olahraga Prancis, Telefoot.  "Tapi dia adalah seseorang yang sangat aku hargai, aku bahagia untuknya."

Henry, yang mencetak 51 gol dalam 123 penampilan internasional, bermain untuk Prancis di empat Piala Dunia. Dia adalah runner-up pada  2006 dan juga berkompetisi pada  2002 dan 2010.

Namun, selama dua tahun terakhir dia telah bekerja sebagai salah satu asisten pelatih Roberto Martinez di Belgia, pengalaman pertamanya dalam pelatihan dan tampaknya pilihan yang terinspirasi jika ulasan langka dari pemain Belgia adalah sesuatu untuk dilalui.

"Thierry Henry sangat penting bagi kami. Dia menceritakan kisah-kisah dari hari-harinya bermain dan mereka menginspirasi kami. Jika dia mengatakan sesuatu, itu selalu ternyata menjadi sesuatu yang bermanfaat. Kehadirannya, pengalaman Piala Dunia-nya, itu semua sangat pengaruh positif, "kata bek Toby Alderweireld sebelum dimulainya turnamen.

"Dia akan menginginkan kami tampil di puncak," tambah Kevin De Bruyne setelah Belgia mengalahkan Brasil pada Jumat untuk membukukan tempat semifinal mereka. "Dia selalu berusaha membantu kami memenangkan pertandingan."

Martinez telah memprediksi tahun lalu, setelah Belgia menjadi tim pertama yang lolos dari babak pendahuluan (zona) Eropa,  Henry akan memiliki dampak positif pada pemain Belgia di turnamen.

ELEMEN PENTING

"Dia telah membawa kita elemen penting dari pengalamannya," kata pelatih pada  Jumat.

Namun, Prancis merasa Henry akan senang dengan hasil apa pun pada  Selasa. "Jika kami menang, dia juga akan senang karena pada akhirnya dia adalah orang Prancis," kata bek Prancis Lucas Hernandez pada  Sabtu.

"Semua Prancis tahu dia, betapa hebatnya dia dan betapa ikon untuk sepakbola. Kami hanya berharap dia tidak mengalahkan kami di semifinal ini."


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper