PIALA DUNIA 2018: Rusia vsKroasia, Head To Head, Prediksi, Preview: Dukungan Putin

Rusia akan menghadapi Kroasia di perempatfinal Piala Dunia Sabtu (7/7/2018) atau Minggu (8/7/2018) dini hari WIB dengan dukungan dari Presiden Vladimir Putin, kata pelatih Stanislav Cherchesov.
Martin Sihombing | 07 Juli 2018 20:45 WIB
Perdana Menteri Rusia Dmitry Medvedev mengucapkan selamat atas keberhasilan Timnas Rusia mengalahkan Timnas Spanyol, Minggu (1/7) di Luzhniki Stadium, Moskow Rusia. - Reuters

Bisnis.com, SOCHI, Rusia - Rusia akan menghadapi Kroasia di perempatfinal Piala Dunia Sabtu (7/7/2018) atau Minggu (8/7/2018) dini hari WIB dengan dukungan dari Presiden Vladimir Putin, kata pelatih Stanislav Cherchesov.

Putin menghadiri partai pembukaan  Rusia atas Arab Saudi tetapi belum mengatakan apakah dia akan datang ke Sochi untuk pertandingan perempat final.

Cherchesov, bagaimanapun, mengatakan Putin telah berhubungan untuk mendukung para pemain tuan rumah.

"Dia telah memanggil saya, dia memanggil saya sebelum dan sesudah pertandingan (terakhir) dengan Spanyol," kata Cherchesov. "Ketika presiden mendukung Anda, itu membuat kami nyaman dan ini merupakan dorongan ekstra bagi kami dalam hal motivasi."

Pertandingan Sabtu adalah pertandingan besar bagi Rusia, yang belum pernah mencapai semi-final Piala Dunia, meskipun Uni Soviet tiba di sana pada 1966.

Tuan rumah adalah underdog melawan tim Kroasia yang mengalahkan Nigeria, Argentina dan Islandia di babak grup sebelum mengatasi Denmark pada adu penalti di babak 16 besar.

Mereka berharap untuk memiliki Alan Dzagoev yang tersedia untuk pertama kalinya sejak pertandingan Arab Saudi.

 

FAKTA

Rusia vs Kroasia

Fisht Stadium - Sochi - 48.000 Kursi

Sabtu (7/7/2018) atau Minggu (8/7/2018) - Pkl 01.00 WIB

Wasit: Sandro Ricci (Brasil

Statistik kunci:


* Rusia mengalahkan Spanyol 4-3 melalui adu penalti di babak 16 besar berkat dua penyelamatan gemilang  kiper Igor Akinfeev.

* Mereka runner-up di Grup A, mengalahkan Arab Saudi 5-0 dan Mesir 3-1 tetapi kemudian kalah 3-0 dari Uruguay.

* Rusia bermain di perempat final Piala Dunia untuk pertama kalinya sebagai negara merdeka. Uni Soviet mencapai semi-final 1966.

* Artem Dzyuba dan Denis Cheryshev telah mencetak tiga gol masing-masing untuk Rusia di turnamen, sementara Luka Modric adalah pencetak gol terbanyak untuk Kroasia dengan dua gol.

* Pemain Rusia Aleksandr Golovin, Fyodor Smolov, Yury Gazinsky, Ilya Kutepov dan Roman Zobnin semuanya satu kartu kuning dan jika dapat lagi akan absen di partai kemudian. Igor Smolnikov akan kembali dari skorsing untuk perempat final bagi tuan rumah.

* Pemain Kroasia Ivan Rakitic, Marcelo Brozovic, Ante Rebic, Mario Mandzukic, Sime Vrsaljko, Vedran Corluka, Marko Pjaca dan Tin Jedvaj akan absen di semi final jika mereka dapat kartu kuning pada  partai Sabtu.

* Kroasia mengalahkan Denmark lewat  adu penalti dalam pertandingan babak 16 besar mereka, penjaga gawang Danijel Subasic membuat tiga penyelamatan dalam kemenangan 3-2 mereka.

* Kroasia memuncaki Grup D dengan tiga kemenangan dari tiga pertandingan, termasuk 3-0 dari tim Argentina yang dipimpin Lionel Messi.

* Kroasia berusaha untuk meniru hasil terbaik mereka pada  1998, ketika mereka mencapai semifinal dan menempati posisi ketiga setelah menang 2-1 atas Belanda di babak playoff.

* Kroasia telah tampil  lima kali dari enam turnamen Piala Dunia sebagai negara merdeka sejak mereka memisahkan diri dari bekas Yugoslavia pada tahun 1991.

Gelandang itu cedera hamstring dalam kemenangan 5-0, tetapi Cherchesov mengatakan Dzagoev  berlatih dengan anggota skuad lainnya pada hari Jumat.

"Sungguh memalukan kehilangan pemain seperti itu di pertandingan pertama," katanya. "Dia melewatkan sesi latihan sehari sebelum kemarin dan hari ini dia berlatih. Kita akan lihat apakah aku bisa mengizinkannya bermain sejak menit pertama. Aku sedang mempersiapkannya, hanya itu yang bisa kukatakan padamu."

Sebuah Cherchesov yang keras mengatakan kepada wartawan  dia tidak terbawa oleh euforia pawai Rusia saat  lolos ke delapan besar.

"Saya akan memberitahu Anda secara terbuka  sebagai pelatih saya mencoba untuk tidak menonton TV dan tidak membaca koran," katanya. "Saya berkonsentrasi pada pekerjaan saya dan saya pikir itu sama untuk para pemain.

"Ini adalah langkah besar, tetapi mari kita lihat ke depan. Perempat final adalah level yang berbeda. Anda mengatakan orang-orang gembira tetapi kita bukan orang-orang yang seharusnya gembira, itu untuk Anda para jurnalis.

"Kami orang Rusia suka ekstrem jadi jangan pergi ke titik ekstrim ini."

Pemenang pertandingan akan pergi ke Moskow untuk menghadapi Inggris atau Swedia, yang juga bermain pada hari Sabtu.

Pertemuan sebelumnya


* Rusia dan Kroasia tidak pernah berhadapan di Piala Dunia. Mereka telah bermain tiga kali, dengan Rusia belum mencatat kemenangan. Dua pertandingan imbang tanpa gol, dengan Kroasia mengalahkan Rusia 3-1 dalam pertandingan persahabatan pada November 2015 - pertemuan terakhir mereka.

 

 

Sumber : Reuters

Tag : piala dunia 2018
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top