Prediksi Skor Kolombia Vs Senegal: Mane Vs James, Susunan Pemain, Head to Head

Prediksi Skor Kolombia Vs Senegal: Mane Vs James, Susunan Pemain, Head to Head
Newswire | 28 Juni 2018 15:51 WIB
James Rodriguez dalam balutan jersey Timnas Kolombia - Reuters/Jaime Saldarriaga

Bisnis.com, JAKARTA - Misi tunggal Kolombia saat menghadapi Senegal dalam pertandingan terakhir Grup H, Kamis malam pukul 21.00 WIB nanti, adalah menang.

Seri memang masih membawa harapan lolos ke 16 Besar tapi itu akan menyakitkan karena harus tergantung kepada hasil pertandingan lain antara Jepang melawan Polandia ketika Kolombia sama sekali tak berkuasa atas pertandingan Grup H satunya lagi itu.

Dan pelatih Jose Pekerman sudah tahu Senegal akan mati-matian menghadang Kolombia, tapi tim asuhannya sudah siap menghadapinya. "Moral lagi tinggi sekali, dan kami harus optimistis, khususnya jika melihat apa yang terjadi pada pertandingan terakhir (menang 3-0 melawan Polandia)," kata Pekerman seperti dikutip Reuters.

Tak kalah ambisiusnya, Senegal tidak sudi kehilangan poin. Bukan saja demi lolos ke 16 Besar, tetapi negara ini membawa gengsi Afrika yang tinggal menyisakan Senegal setelah Tunisia, Maroko, Mesir dan Nigeria terlempar dari kompetisi kendati menyengat lawan-lawanya.

Senegal tak merasa tertekan oleh beban Afrika itu, sebaliknya menjadi faktor pendorong positif.

"Itu hal positif, ketimbang dianggap tekanan," kata bek tengah Kalidou Koulibaly yang juga palang pintu tangguh di klub Serie A, Napoli.

Prediksi susunan pemain Kolombia Vs Senegal:

Pelatih Senegal Aliou Cisse tahu pasti satu poin memang sudah cukup mengantarkan timnya ke 16 Besar tetapi dia tak mau berjudi dengan skenario tersebut sehingga dia akan memasang tim ofensif berujung trisula serang dalam formasi 4-3-3.

Senegal 4-3-3: Khadim Ndiaye; Youssouf Sabaly, Kalidou Koulibaly, Salif Sane, Moussa Wague; Cheikhou Kouyate, Pape Alioune Ndiaye, Idrissa Gana Gueye; Sadio Mane, Mbaye Niang, Ismaila Sarr

Sebaliknya pelatih Jose Pekerman akan memerintahkan para pemain untuk sejak awal menekan dengan memasang lima gelandang dan satu striker tunggal dalam formasi 4-2-3-1 dengan menempatkan James Rodriguez sebagai striker pelapis setelah ujung tombak Radamel Falcao, untuk secepat mungkin menciptakan gol.

Kolombia 4-2-3-1:  David Ospina; Santiago Arias, Davinson Sanchez, Yerry Mina, Johan Mojica; Mateus Uribe, Carlos Sanchez; James Rodriguez, Juan Quintero, Juan Cuadrado; Radamel Falcao.

Kolombia

Setelah takluk 1-2 kepada Jepang pada laga pembuka, Kolombia bangkit untuk menampilkan lagi gaya bermain ala Brasil saat menggasak Polandia 3-0 pada pertandingan kedua.

James Rodriguez yang menjadi pemain pengganti pada pertandingan pertama gara-gara cedera, merancang dua gol ke gawang Polandia.

Banyak orang menantikan gol pertama Rodriguez di Rusia setelah pada tujuh pertandingan Piala Dunia terakhir yang diikutinya dia sudah mengemas enam gol dan empat assist.

Los Cafeteros lolos jika seri melawan Senegal tetapi saat bersamaan Jepang harus dikalahkan Polandia. Jika Jepang kalah, maka Kolombia harus menang melawan Senegal demi melawan Belgia atau Inggris pada 16 Besar.

Senegal

Moussa Wague harus memikul tugas berat menjinakkan Juan Cuadrado. Di klubnya di Belgia, Wague biasa beroperasi di bek kanan, tetapi di timnas dia ditugaskan menguasai sektor pertahanan kiri. Tapi dia sudah siap menangkal penetrasi Cuadrado agar tak bisa memasok umpan kepada Radamel Falcao.

Pada dua pertandingan pertama, Singa Teranga sudah membuktikan diri tangguh dalam menangkal invasi lawan setelah menggebuk Polandia 2-1 dalam laga pembuka. Taktik itu nyaris berlanjut saat menghadapi Jepang, tetapi Samurai Biru tak kalah taktis untuk memaksakan hasil seri 2-2 yang membuat kecewa pelatih Senegal Aliou Cisse.

"Kami sudah bekerja keras, kami hanya perlu satu poin untuk lolos, ini sasaran kami, generasi ini pantas melangkah lebih jauh dalam kompetisi ini," kata Cisse.

Statistik dan Data Fakta Kolombia dan Senegal:

- Senegal dan Kolombia hanya pernah sekali bertemu sebelum ini pada Mei 2014 saat seri 2-2 ketika Kolombia disamakan pada babak kedua.
- Senegal juga pernah bertemu tim Amerika Selatan lainnya pada 2002, yakni Uruguay, dan waktu itu mereka juga seri 3-3.
- Pertemuan pertama Kolombia dengan tim-tim Afrika dalam Piala Dunia terjadi pada 1990, kalah 1-1 melawan Kamerun, tapi sejak itu menang melawan Tunisia pada 1998 dan Pantai Gading pada 2014.
- James Rodriguez sudah 10 kali terlibat dalam tujuh gol Kolombia pada Piala Dunia (6 gols, 4 assist).
- Kolombia mencatatkan kemenangan terbesar dalam Piala Dunia sewaktu mengalahkan Polandia 3-0, marjin tiga gol sama pernah diciptakan saat melawan Yunani (3-0) dan Jepang (4-1) pada 2014.
- Moussa Wague menjadi remaja Afrika pertama yanng mencetak gol Piala Dunia ketika Senegal seri 2-2 melawan Jepang.
- Sadio Mane menciptakan gol ke gawang Jepang yang berarti dia sudah mencetak gol untuk Senegal pada 15 pertandingan berbeda di mana Senegal tak pernah kalah (9 menang, 6 seri).
- Kolombia mencetak empat gol dari total tujuh tendangan menyasar gawang pada Piala Dunia 2018, mencetak tiga gol hanya dari empat tendangan ke arah gawang ketika menundukkan Polandia 3-0.
- Sejak mempertahankan diri tidak kebobolan sewaktu melawan Prancis pada pertandingan pertama Piala Dunia yang pertamnya pada 2002, Senegal tak pernah tidak membobol lawan dalam enam pertandingan terakhirnya, kemasukan tiga gol dari tujuh tendangan lawan mengarah gawang pada turnamen tahun ini.

Prediksi Skor Kolombia Vs Senegal:

Skor Kolombia Vs Senegal: 1-1
Skor Kolombia Vs Senegal: 0-1
Skor Kolombia Vs Senegal: 1-

Sumber : Antara

Tag : piala dunia 2018, timnas kolombia, Timnas Senegal
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top