Prediksi Skor Jepang Vs Senegal, Susunan Pemain, Head to Head, Data Fakta

Prediksi Skor Jepang Vs Senegal, Susunan Pemain, Head to Head, Data Fakta
Newswire | 24 Juni 2018 17:09 WIB
Tim nasional Jepang berlatih jelang 'perang' melawan Senegal di Piala Dunia 2018, Minggu 24/6/2018) - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Pemenang pertandingan di Yekaterinburg Arena, Rusia, ini untuk memastikan satu tiket ke babak 16 Besar. Kedua tim sudah memenangkan pertandingan pembukanya; Jepang mengalahkan Kolombia 2-1 dan Senegal mengalahkan Polandia, juga 2-1.

Tetapi, Senegal yang bertanding pada Piala Dunia keduanya setelah edisi 2012 ketika mereka terhenti pada babak perempat final dan tidak terkalahkan dalam pertandingan fase grup Piala Dunia, lebih difavoritkan menang.

Pertandingan ini digambarkan sebagai pertarungan otak melawan otot, tetapi pelatih Senegal Aliou Cisse menyangkal asumi ini.

"Ya, mereka memang sudah berjuang keras untuk sampai ke sini dan kemampuan teknik mereka di atas rata-rata", katya Cisse seperti dikutip Reuters, tetapi, "Saya tidak akan menyebut pertandingan ini sebagai kualitas fisik Senegal melawan kualitas teknik Jepang."

Prediksi Susunan Pemain Jepang Vs Senegal:

Memar pada paha usai pertandingan melawan Kolumbia lalu akan membuat Keisuke Honda absen menghadapi Senegal, sebaliknya Senegal tak didera krisis cedera setelah menang 2-1 melawan Polandia sehingga kemungkinan besar memasang starting line-up yang sama.

Sementara itu, ujung tombak Yuya Osako yang menciptakan gol penentu kemenangan saat melawan Kolumbia akan kembali diturunkan dan bakal ditopang oleh mantan gelandang Manchester United Shinji Kagawa yang akan kembali memainkan peran integral saat melawan Senegal.

Senegal sendiri bakal memasang lagi dua pencetak golnya ke Polandia lalu, M'Baye Niang dan Idrissa Gueye, tapi bukan berarti menomorduakan Sadio Mane yang tetap harus diwaspadi Jepang karena pemain Liverpool ini selalu mampu menciptakan hal-hal spesial.

Jepang: Eiji Kawashima; Hiroki Sakai, Maya Yoshida, Gen Shoji, Yuto Nagatomo; Makoto Hasebe, Gaku Shibasaki, Genki Haraguchi, Shinji Kagawa, Takashi Inui; Yuya Osako.

Senegal: Khadim Ndiaye; Moussa Wague, Salif Sane, Kalidou Koulibaly, Lamine Gassama; Ismaila Sarr, Alfred Ndiaye, Idrissa Gane Gueye, Sadio Mane; Mame Diouf, Mbaye Niang.

SENEGAL
Senegal aagj sulit dianalisis. Jauh sebelum menggasak Polandia 2-1, mereka pernah diluluhlantakkan Guinea 0-5 pada Piala Afrika sebelum kemudian bangkit tidak terkalahkan pada babak akhir kualifikai Piala Dunia zona Afrika.

Tetapi setelah memastikan lolos ke Rusia, mereka hanya memetik tiga hasil seri dari tiga laga persahabatan yang seharusnya mereka menangkan, lalu kalah tipis melawan Kroasia dan menggebuk Korea Selatan sebelum mengawali putaran final Piala Dunia di Grup H dengan mempermalukan Polandia.

Namun Senegal memiliki catatan mengerikan selama fase grup dua Piala Dunia yang diikutinya termasuk edisi sekarang, yakni tidak ada satu pun tim yang bisa mengalahkannya.  Mereka juga sangat efisien di kotak penalti seperti dilakukan saat menghajar Polandia.

Dalam konteks ini, Senegal memiliki pemain paling berbakat di dalam tim pada diri Sadio Mane.

Jika Mane sampai sulit bermanuver, dia punya Idrissa Gueye yang menjadi tandem untuk melindungi fondasi yang dibuat Mane.

Tetapi dia harus berhati-hati karena sudah mendapatkan kartu kuning saat melawan Polandia. Jika sampai kartu kuning lagi maka Senegal bisa bertanding melawan Kolombia tanpa dia dan ini akan mengerikan jika Senegal gagal meraih poin penuh saat melawan Jepang.

JEPANG
Jepang sempat dianggap tim yang paling tidak menarik di Grup H, tetapi pandangan itu berubah setelah laga melawan Kolombia di mana Shinji Kagawa dan Yuya Osako menjebol Kolombia ketika mengantarkan Jepang menang 2-1.

Pelatih Jepang Akira Nishino kemungkinan besar mempertahankan starting line-up yang sama dengan pertandingan melawan Kolumbia. Artinya, Keisuke Honda tetap di bangku cadangan.

Nishino akan berusaha memastikan Jepang menandingi etos kerja dan semangat bertanding Senegal. Jepang juga akan mencermati ancaman serangan balik Senegal.

"Kecepatan dan fisik mereka sangat saya perhatikan, tetapi yang utama adalah disiplin mereka," kata bek Yuto Nagatomo.  "Mereka bergerak sebagai unit terkoneksi dengan setiap bagian saling terpaut."

Hampir sama dengan Senegal, perjalanan Jepang juga sulit diduga. Sebelum mengalahkan Kolumbia, mereka dikalahkan Ukraina dan Ghana pada laga persahabatan dan ditahan seri Mali pada persahabatan lainnya.

Namun, jika pertandingan melawan Kolumbia menjadi ukuran, maka Senegal bakal menghadapi tim terorganisasi, ulet dan memiliki kualitas dalam menuntaskan permainan pada tingkat maksimal.

STATISTIK
- Ini adalah pertemuan keempat Jepang dan Senegal di mana tim Afrika ini tidak terkalahkan dalam tiga pertemuan sebelumnya (menang dua kali, sekali seri, semuanya dalam laga persahabatan).
- Pertemuan terakhir kedua negara terjadi pada September 2003 ketika Senegal menang 1-0 di Niigata berkat gol Papa Bouba Diop.
- Jepang sudah memenangkan dua dari tiga pertandingan Piala Dunia mereka melawan tim-tim Afrika, namun yang terakhir dari ketiga itu mereka kalah 1-2 melawan Pantai Gading pada Piala Dunia 2014.
- Ini pertama kalinya Senegal menghadapi tim Asia dalam sebuah pertandingan Piala Dunia.
- Sebelum ini, tidak ada satu pun tim Asia yang memenangkan dua pertandingan pembuka Piala Dunia.
- Jepang gagal menang dua kali berturut-turut dalam Piala Dunia sejak edisi 2002 ketika menjadi tuan rumah bersama dengan Korea Selatan.  Pada edisi itu kegagalan Jepang tersebut terjadi pada pertandingan kedua dan ketiga fase grup (melawan Rusia dan Tunisia).
- Senegal sudah memenangkan tiga dari total enam pertandingan putaran final Piala Dunia yang telah diikutinya (menang 1-0 atas Prancis dan 2-1 atas Swedia pada Piala Dunia 2012, dan 2-1 atas Polandia pada Piala Dunia 2018). Mereka memiliki rasio kemenangan tertinggi (50%) dalam pertandingan Piala Dunia dibandingkan dengan tim-tim Afrika lainnya.
- Senegal hanya kemasukan lima gol pada sembilan pertandingan terakhirnya dari semua kompetisi yang empat di antaranya tercipta pada babak kedua.
- Hanya dua tim Afrika yang pernah memenangkan dua pertandingan pertama sebuah turnamen Piala Dunia, yakni Kamerun pada 1990 dan Nigeria pada 1998.
- Keisuke Honda terlibat langsung dalam enam dari delapan gol terakhir Jepang pada turnamen-turnamen Piala Dunia, masing-masing tiga gol yang dia ciptakan dan tiga assist.

Prediksi Skor Jepang Vs Senegal:

Skor Jepang Vs Senegal: 2-1

Skor Jepang Vs Senegal: 1-1

Skor Jepang Vs Senegal: 1-2

Sumber : Antara

Tag : piala dunia 2018, timnas jepang, Timnas Senegal
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top