Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIALA FA: Tekuk Tottenham Hotspurs, MU Melaju ke Final

Manchester United berhasil membungkam Tottenham Hotspurs 2-1 dalam laga semifinal Piala FA di Stadion Wembley, London, Inggris, Minggu (22/4/2018) dini hari, WIB.
Suporter Manchester United/Reuters
Suporter Manchester United/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Manchester United berhasil membungkam Tottenham Hotspurs 2-1 dalam laga semifinal Piala FA di Stadion Wembley, London, Inggris, Sabtu (21/4/2018), WIB.

Berkat kemenangan itu, Manchester United (MU) memastikan diri melangkah ke final Piala FA.  MU kini tinggal menunggu lawannya di final apakah akan bertemu Chelsea atau Southampton. Adapun, partai terakhir Piala FA ini akan digelar pada 19 Mei 2018 di stadion yang sama yaitu Wembley. 

Dalam partai semifinal yang berlangsung keras, Ander Herrera menjadi penentu kemenangan MU setelah sebuah sepakan kerasnya berhasil membobol gawang Spurs yang dikawal Michel Vorm pada menit ke-62. Sebelumnya, Alexis Sanches sukses menaklukkan kiper Vorm dengan sundulan terarah seusai mendapatkan umpan matang dari Paul Pogba pada menit ke-24. 

Spurs bukannya tanpa perlawanan, pasukan Mauricio Pochettino ini justru mendominasi jalannya pertandingan dengan penguasaan bola 66% berbanding 34%. Sejak menit pertama, pasukan Lilywhite ini terus menekan ke jantung pertahanan MU.

Tak ayal, Spurs bahkan mampu menjebol gawang MU yang dikawal kiper David de Gea lebih dahulu pada menit ke-11 yang dilesakkan oleh Dele Alli.

Adalah Christian Eriksen yang memberikan umpan matang dari sisi kanan. Sementara itu, para pemain bertahan MU tak mampu menangkal kecepatan Alli yang sukses memanfaatkan umpan matang tersebut lewat sontekan kaki kanannya. 

Bermain dengan strategi terbuka, kedua kesebelasan menyuguhkan tontonan yang sangat menarik sejak babak pertama hingga pertandingan berakhir. Jual beli serangan antara MU dan Spurs membuat suasana pertandingan berlangsung menegangkan. 

Berdasarkan statistik yang dikutip dari livescore.com, Setan Merah mencatatkan total tembakan 9 kali, yang 5 di antaranya mengarah ke gawang. Adapun, Spurs membukukan 12 tembakan dengan 3 tendangan di antaranya mengarah ke gawang.

Setan Merah terus berusaha membalas setelah gol pertama Spurs. Namun, bukan Spurs jika memilih bertahan. Setelah gol pertama dari Alli, Liliywhite justru terlihat masih lapar gol.

Beberapa kali upaya menyerang Spurs dilakukan dari sayap kiri melalui Heung-min Son. Sayangnya, berulang kali itu pula dua pilar MU yang dikawal Phil Jones dan Chris Smalling mampu menghalau serangan.

Salah satu peluang Spurs yang nyaris menjadi gol kedua sempat terjadi pada menit ke-17. Berawal dari bola mati dari sisi kiri, Christian Eriksen memberikan umpan ke depan yang nyaris disambut striker Harry Kane. Namun, posisi Kane kurang menguntungkan dan bola pun keluar lapangan.

Sebelum turun minum, tendangan keras jarak jauh yang dilesakkan oleh Eric Dier juga nyaris membuat Spurs unggul 2-1. Tendangan keras itu hanya berselisih beberapa inchi dari tiang kiri gawang De Gea dan hanya menghantam tempat minum sang kiper. 

Seusai jeda babak pertama, Spurs tetap mampu mendominasi dan mengendalikan jalannya pertandingan. Dua pemain gelandang bertahan MU Ander Herrera dan Nemanja Matic untungnya selalu bisa meredam kreasi serangan Spurs yang dibangun baik dari sisi kiri maupun kanan. 

Baru pada menit ke-62, petaka untuk Spurs datang. Berawal dari kontrol bola yang apik dari Sanches di sisi kiri, lantas dia meneruskan umpannya ke dalam kotak penalti. Sanches berniat memberikan umpan kepada Lukaku yang berdiri cukup bebas tetapi penyerang Timnas Belgia ini kurang bisa mengontrol bola.

Bola yang sempat menyentuh Lukaku, meski gagal mengontrolnya dengan baik, untungnya bisa disambut oleh Ander Herrera yang datang dari arah belakang. Tak ayal, pemain Spanyol ini pun tanpa ampun langsung menyambut bola dengan tendangan kerasnya.

Kiper Vorm gagal mengantisipasi tendangan Herrera sehingga terpaksa harus memungut bola keluar dari sarang untuk kedua kalinya. Sementara itu, Lukaku tercatat sebagai pemberi assist bagi gol Herrera.

Spurs makin berusaha meningkatkan serangan dengan memasukkan 3 pemainnya yaitu Lucas Moura, Victor Wanyama, dan Eric Lamela yang menggantikan Ben Davies, Mousa Dembele, dan Heung-min Son. Adapun, MU harus mengganti bek kanannya Antonio Valencia dengan Matteo Darmian karena cedera betis.

Marcus Rashford juga diturunkan pelatih Jose Mourinho menggantikan Lingard untuk tetap menjaga napas penyerangan MU. Satu menit sebelum masa perpanjangan waktu berakhir, Mourinho menurunkan Marouane Fellaini menggantikan Sanches sebagai cara untuk mempertahankan kemenangan.

Pertandingan yang berlangsung keras ini menghasilkan total 28 pelanggaran--18 pelanggaran di antaranya dilakukan oleh MU. Hujan kartu kuning pun tak terelakkan. Wasit Anthony Taylor harus mengeluarkan 7 kartu kuning dari sakunya untuk kedua kesebelasan yang 4 kartu kuning di antaranya diberikan kepada MU. 

Hingga pertandingan usai, MU berhasil mempertahankan keunggulan 2-1 dan berhak melaju ke final Piala FA. Lawan MU akan bergantung pada hasil pertandingan Chelsea kontra Southampton yang baru digelar pada Minggu (22/4/2018) pukul 21.00 WIB. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper