Italia Gagal Lolos ke Piala Dunia 2018

Italia gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia setelah dalam leg kedua play-off kualifikasi zona Eropa dipaksa imbang 0-0 oleh Swedia.
M. Syahran W. Lubis | 14 November 2017 05:01 WIB
Sebastian Larsson (depan) dan para pemain Swedia lainnya merayakan kelolosan ke Piala Dunia 2018, menyingkirkan Italia di babak play-off. - Reuters/Max Rossi

Bisnis.com, JAKARTA - Italia gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia setelah dalam leg kedua play-off kualifikasi zona Eropa Selasa pagi WIB (14/11/2017) dipaksa imbang 0-0 oleh tamunya Swedia.

Dalam pertandingan di Stadion Giuseppe Meazza di San Siro, Milan, sebagaimana siaran langsung RCTI, Italia terus menekan pertahanan tim tamu, namun rapatnya barisan belakang Swedia memaksa laga usai tanpa satu gol pun tercipta.

Dengan demikian, Italia kalah agregat 0-1 lantaran di leg pertama di Friens Arena di Solna, Swedia, skuat berjuluk Gli Azzurri asuhan pelatih Giam Piero Venrura menyerah dengan skor tipis 0-1.

Reaksi duka pemain Italia selepas kegagalan lolos ke Piala Dunia 2018 - Reuters/Max Rossi

Ini untuk kedua kalinya Italia gagal lolos dari babak kualifikasi ke putaran final Piala Dunia, pertama kali terjadi pada Piala Dunia edisi 1958 yang digelar di Swedia di mana kemudian Brasil tampil sebagai juara untuk pertama kali.

Italia juga tidak terlibat dalam Piala Dunia edisi perdana pada 1930 yang berlangsung di Uruguay, tuan rumah yang kemudian menjadi juara, tetapi hal itu bukan disebabkan gagal lolos dari kualifikasi, melainkan karena kesulitan transportasi yang masih menggunakan kapal laut.

Bagi Swedia, ini menjadi keterlibatannya ke-12 kali di putaran final Piala Dunia sejak pertama kali pada edisi 1934 di Italia dengan hasil terbaik sebagai runner up edisi b1958 di negaranya.

Hasil cukup bagus bagi Timnas Swedia di putaran final Piala Dunia juga dicapai pada edisi 1994 di Amerika Serikat dengan finis sebagai peringkat ketiga di bawah Brasil sebagai juara dan Italia runner up.

Sumber : Reuters

Top