Hasil Pra-Piala Asia U-16: Thailand Ikuti Jejak Indonesia, Gasak Mariana

Thailand menaklukkan Northern Mariana Islands dengan skor telak 10-0 dalam lanjutan Pra-Piala Asia 2018 U-16 Grup G.
M. Syahran W. Lubis | 18 September 2017 23:48 WIB
Ilustrasi bola - Twitter

Bisnis.com, JAKARTA - Tuan rumah Thailand menaklukkan Northern Mariana Islands dengan skor telak 10-0 dalam lanjutan Pra-Piala Asia 2018 U-16 Grup G. Namun, Indonesia masih di posisi teratas setelah memenangi dua laga awal.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Rajamangala di Bangkok, tuan rumah Thailand menguliti tim yang datang dari Samudera Pasifik tersebut 10 gol tan pabalas dengan tiga pemainnya yakni Waragon Thongbai, Thanarin Thumsen, dan Nattakit Butsing masing-masing mengontribusi dua gol.

Waragon mencetak gol pada menit 53 dan 55, Thanarin menit 82 dan 86, serta Nattakit pada menit 47 dan 90.

Seperti juga ketika melawan Indonesia di mana Northern Mariana Islands kalah dengan angka supertelak 0-18 dan di babak pertama baru kemasukan enam gol, melawan Thailand pun tim yang datang dari wilayah protektorat Amerika Serikat itu baru kebobolan tiga gol hingga jeda.

Ketiga gol yang dihasilkan Thailand sepanjang babak pertams dikontribusi Puunawat Chote-Jirachaiton (30’), Jakkrapong Sanmahung (40’), dan Arthit Buangam (45’).

Namun, begitu memasuki babak kedua, Thailand mengamuk dengan menggelontorkan tujuh gol lagi. Selain enam gol yang diproduksi tiga pemain yang masing-masing memberi dua gol, satu gol lagi dicetak oleh Thakdanai Jaihan (58’).

Dengan hasil itu, Indonesia masih memimpin klasemen sementara Grup G dengan nilai 6 setelah menang dua kali yakni 18-0 versus Northern Mariana Islands dan 3-1 versus Timor Leste.

Secara keseluruhan babak kualifikasi diikuti 44 tim anggota Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) yang dibagi menjadi 10 grup. Setiap juara grup dan lima runner up terbaik langsung lolos ke putaran final yang dilaksanakan di Malaysia pada 20 September hingga 7 Oktober tahun depan.

Sebagai tuan rumah, Malaysia dipastikan langsung masuk putaran final. Dengan demikian, apabila di kualifikasi Grup J yang justru digelar di venue netral di Stadion Wibawa Mukti, Bekasi, Indonesia, pada 20-24 September ini Malaysia tampil sebagai juara atau salah satu dari lima runner up terbaik, maka runner up terbaik keenam akan ikut lolos ke putaran final.

Mengintip peluang Indonesia di Grup G, melihat kualitas lawan-lawan, selayaknya paling tidak Timnas Indonesia U-16 mampu menempati posisi sebagai runner up.

Dengan demikian, kemenangan dengan selisih sebesar mungkin akan menentukan bukan hanya di posisi runner up grup, namun lebih jauh untuk diadu dengan perolehan gol tim-tim runner up di sembilan grup lainnya.

Berikut klasemen sementara Grup G (main, menang, seri, kalah, gol memasukkan, gol kemasukan, selisih gol, nilai):

 Indonesia

2

2

0

0

21

1

+20

6

 Thailand

1

1

0

0

10

0

+10

3

 Timor Leste

2

1

0

1

6

5

+1

3

 Laos

1

0

0

1

2

5

−3

0

 Northern Mariana Islands

2

0

0

2

0

28

−28

0

Sumber : The-afc.com

Tag : timnas indonesia, Timnas U-16
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top