Hasil Uji Coba: Belanda, Prancis, Portugal Kalah di Kandang

Italia menghantam tuan rumah Belanda dengan skor 2-1 pada pertandingan persahabatan di Amsterdam Arena, Belanda, Rabu pagi WIB (29/3/2017).
M. Syahran W. Lubis | 29 Maret 2017 07:28 WIB
Cristiano Ronaldo setelah mencetak untuk Timnas Portugal ke gawang Swedia. Portugal akhirnya kalah 2-3. - Reuters/Duarte Sa

Bisnis.com, JAKARTA - Italia menghantam tuan rumah Belanda dengan skor 2-1 pada pertandingan persahabatan di Amsterdam Arena, Belanda, Rabu pagi WIB (29/3/2017).

Ini merupakan kekalahan kedua beruntun yang dialami Belanda setelah dikalahkan Bulgaria pada kualifikasi Piala Dunia akhir pekan lalu yang berbuah pemecatan pelatih Danny Blind.

Di sisi lain, kemenangan ini membuat Gli Azzurri melakoni tujuh pertandingan tanpa kekalahan yang semakin membuktikan kematangan skuat racikan Giampiero Ventura yang didominasi pemain muda.

Belanda unggul lebih dulu 1-0 setelah aksi Davy Klaassen berbuah gol bunuh diri Alessio Romagnoli pada menit 10.

Namun skor menjadi imbang 1-1 setelah tendangan bebas bintang Paris Saint Germain (PSG) Marco Veratti gagal dihentikan Wesley Hoedt dan bola mengarah kepada Eder Citadin Martins yang langsng melepaskan tendangan keras yang berbuah gol pada menit 11.

Leonardo Bonucci memastikan Italia menang 2-1 berkat gol yang diciptakannya dari tendangan bebas yang gagal dihentikan barisan pertahanan Belanda pada menit 32. Skor 2-1 bertahan hingga akhir pertandingan, demikian ditulis Antara yang mengutip Sky Sports.

Sementara itu, sebagaimana dilaporkan Reuters, kekalahan di kandang sendiri juga dialami Portugal dan Prancis.

Di Stadion Dos Barreiros di Funchal, Madeira, kampung halaman Cristiano Ronaldo, Portugal sempat unggul 2-0 atas Swedia, namun hasil akhir berbalik menjadi 2-3 untuk kemenangan tim tamu.

Di hadapan penonton yang sangat boleh jadi termasuk sanak saudaranya, Ronaldo membuka skor pada menit ke-18 dan Portugal menggandakan keunggulan setelah pemain belakang Swerdia Andreas Granqvist membuat gol bunuh diri pada menit ke-34.

Namun, pada babak kedua, Swedia bangkit. Viktor Claesson mencetak dua gol pada menit 57 dan 76, dan kemenangan tamu ditentukan gol bunuh diri pemain Portugal Joao Cancelo ketika pertandingan telah memasuki injury time.

Kekalahan di hadapan pendukung sendiri pun dialami Prancis yang digasak Spanyol 0-2 di Stade de France di Paris. David Silva sukses mengeksekusi penalti pada menit 68 untuk membuka skor dan tim tamu memastikan membungkus kemenangan dengan gol kedua yang dilesakkan Gerard Deulofeu.

Berikut hasil beberapa pertandingan uji coba internasional yang berlangsung pada Rabu pagi WIB: Rusia 3 vs Belgia 3; Estonia 3 vs Kroasia 0; Albania 1 vs Bosnia-Herzegovina 2; Austria 1 vs Finlandia 1; Belanda 1 vs Italia 2; Republik Irlandia 0 vs Islandia 1; Portugal 2 vs Swedia 3; Prancis 0 vs Spanyol 2.

Sumber : Reuters & Antara/Sky Sports

Editor : M. Syahran W. Lubis
Top