Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Belanda Terancam Gagal ke Piala Dunia 2018, Blind Segera Mundur?

Pelatih Belanda Danny Blind mempertimbangkan masa depannya di timnas setelah kalah dari Bulgaria dengan skor 0-2 dalam matchday kelima Grup A Piala Dunia 2018.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 26 Maret 2017  |  22:12 WIB
Pelatih Timnas Belanda Danny Blind - Reuters/Toussaint Kluiters
Pelatih Timnas Belanda Danny Blind - Reuters/Toussaint Kluiters

Bisnis.com, JAKARTA - Pelatih Belanda Danny Blind mempertimbangkan masa depannya di timnas setelah kalah dari Bulgaria dengan skor 0-2 dalam matchday kelima Grup A Piala Dunia 2018 zona Eropa yang mengancam skuat Oranje gagal lolos ke putaran final di Rusia tahun depan.

Kekalahan itu membuat Belanda kini berada di peringkat empat klasemen sementara Grup A, padahal hanya juara grup yang langsung lolos ke Rusia, sementara runner up grup harus bertemu peringkat kedua grup lainnya untuk berebut selembar tiket.

"Saya yang bertanggung jawab atas hasil itu. Saya mesti berpikir apakah masih mampu atau tidak menjadi pelatih. Tiba waktunya berkaca karena situasi tidak bisa berjalan terus seperti ini," kata Danny selepas pertandingan pada Minggu WIB 26/3/2017).

Dengan kekalahan tersebut, rekor Blind selama menangani Belanda adalah tujuh kemenangan dan tujuh kekalahan dari 17 kali penampilan.

Pada pertandingan pertamanya sebagai pelatih, Blind menyaksikan anak-anak asuhnya kalah secara mengejutkan dari Islandia dalam Pra-Piala Eropa 2016.

"Saya harus jujur pada diri sendiri dan federasi KNVB. Saya bisa memperbaiki keadaan, tetapi di sisi lain lolos ke Piala Dunia di Rusia adalah sesuatu yang sulit," kata Blind.

Setelah pertandingan melawan Bulgaria, ayah pesepak bola Manchester United Daley Blind ini mendapat banyak kritikan terutama karena menurunkan bek berusia 17 tahun Matthijs de Ligt sejak menit pertama walau minim bermain di level klub bersama Ajax Amsterdam.

De Ligt pun menjadi sorotan sebab kesalahannya berujung pada gol pertama Bulgaria pada menit ke-5 oleh Spas Delev, yang kemudian juga membuat gol kedua.

"Saya mengaku terlalu dini memasukkan namanya dalam tim. Apa yang saya harapkan dari Matthijs ternyata tak terjadi dan itu sepenuhnya tanggung jawab saya. Namun, para pemain bintang di skuat juga tidak bisa memberi kemampuan terbaiknya," ujar Blind.

Adapun kegagalan Belanda lolos ke Piala Eropa 2016 merupakan pukulan telak karena 2 tahun sebelumnya mereka berhasil menjadi peringkat ketiga Piala Dunia di Brasil dan 7 tahun lalu runner up Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Pada kualifikasi Piala Dunia 2018, Belanda baru mengoleksi tujuh poin di Grup A, dan berada di peringkat keempat di bawah Prancis (13 poin), Swedia (10) dan Bulgaria (9).

Berikutnya, Belanda bertemu dengan Italia dalam laga persahabatan pada Selasa (28/3) waktu setempat. Sementara di kualifikasi Piala Dunia, Belanda akan melawan Luksemburg pada 9 Juni 2017.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

timnas belanda pra piala dunia 2018

Sumber : Antara/Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top