Hasil Pra-Piala Dunia 2018: Prancis Menatap Rusia, Belanda Terancam Gagal Lolos

Belanda, tiga kali runner up Piala Dunia, terancam gagal lolos ke Piala Dunia 2018, setelah menerima kekalahan kedua di Grup A kualifikasi zona Eropa.
M. Syahran W. Lubis | 26 Maret 2017 05:48 WIB
Pemain Timnas Belanda Arjen Robben tampak muram setelah skuat Oranje ditaklukkan Bulgaria 0-2 di Pra-Piala Dunia 2018. Belanda pun terancam gagal lolos ke putaran final Piala Dunia di Rusia tahun depan. - Reuters/Laszlo Balogh

Bisnis.com, JAKARTA - Timnas Belanda, tiga kali runner up Piala Dunia yakni pada 1974, 1978, dan 2010, terancam gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2018, setelah menerima kekalahan kedua di Grup A babak kualifikasi zona Eropa.

Dalam pertandingan Stadion Nasional Levski, Sofia, Bulgaria, pada Minggu pagi WIB (26/3/2017), Belanda menyerah dengan skor 0-2 dari tuan rumah.

Bulgaria menang meski tampil di bawah tekanan tim tamu yang menguasai 75 persen pengendalian bola sepanjang laga serta melepaskan sembilan percobaan tembakan yang hanya tiga di antaranya tepat sasaran.

Penyerang Spas Delev berhasil mengemas dua gol kemenangan tuan rumah di laga tersebut yang dicetaknya dalam 20 menit pertama pertandingan.

Laga baru berjalan 5 menit saat Delev dengan mudah menyontek umpan kiriman Simeon Slavchev demi membuka keunggulan untuk Bulgaria.

Lantas pada menit 20, Delev menggandakan keunggulan Bulgaria menjadi 2-0 atas Belanda dengan tendangan dari luar kotak penalti menyelesaikan bola yang diumpankan oleh Georgi Kostadinov dengan sundulannya.

Peluang demi peluang diperoleh Georginio Wijnaldum dan kawan-kawan, namun tak satu pun membuahkan hasil hingga laga berakhir dengan kemenangan dua gol tanpa balas bagi tuan rumah.

Ini merupakan kekalahan kedua Belanda di babak kualifikasi ini. Sebelumnya skuat asuhan Danny Blind menyerah 0-1 di kandang sendiri, Amsterdam Arena, dari Prancis.

Posisi Belanda makin sulit sebab dalam dua laga lainnya Prancis dan Swedia berhasil mencatat kemenangan.

Prancis memantapkan posisinya di puncak Grup A selepas mengalahkan timnas Luksemburg 3-1 dalam lawatan ke Stadion Josy Barthel, Luksemburg.

Kemenangan itu diraih berkat dua gol Olivier Giroud ditambah satu tendangan penalti Antoine Griezmann, yang membuat tim asuhan Didier Deschamps di puncak klasemen dengan 13 poin.

Sementara itu, Swedia meraih kemenangan 4-0 saat menjamu Belarusia di Stadion Friends Arena, Stockholm, Swedia. Dalam laga itu, gelandang serang Emil Forsberg, mengemas dua gol.

Gelandang tim Bundesliga Jerman RB Leipzig itu membuka keunggulan Swedia saat laga memasuki menit ke-19 lewat eksekusi penalti sempurna, setelah Marcus Berg dijatuhkan Igor Shitov di dalam area terlarang.

Kedudukan 1-0 bagi keunggulan Swedia bertahan hingga turun minum, sebelum Forsberg menggandakan keunggulan tuan rumah dengan sepakan kaki kanannya dari tengah kotak penalti 4 menit memasuki babak kedua.

Berg lantas turut mencatatkan namanya di papan skor dengan mencetak gol lewat tandukan jarak dekat demi memperbesar keunggulan Swedia menjadi 3-0 pada menit 57.

Pada menit 77, Isaac Thelin, yang baru 3 menit merumput menggantikan Ola Toivonen, memperbesar kemenangan Swedia menjadi 4-0 lewat golnya menyelesaikan umpan terobosan dari Oscar Hiljemark.

Dengan hasil tiga laga itu, Prancis memuncaki klasemen sementara Grup A dengan 13 angka, diikuti Swedia 10, Bulgaria 9, Belanda 7, Belarusia 2, dan Luksemburg di dasar klasemen dengan hanya satu poin.

Dengan hanya ada di posisi keempat dengan nilai hanya separuh dari pemuncak klasemen, hampir dapat dipastikan Belanda bakal gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia tahun depan.

Sebaliknya, Prancis, juara Piala Dunia 2018, asalkan bisa tetap tampil konsisten dalam laga-laga kualifikasi berikutnya, dapat dikatakan telah menatap Rusia 2018.

Hanya juara grup yang langsung lolos ke Rusia, sedangkan peringkat kedua setiap grup harus beradu dengan runner up grup lainnya di jalur play-off untuk meraih selembar tiket ke putaran final.

Berikut hasil pertandingan matchday kelima Grup A: Swedia4 vs Belarusia 0; Bulgaria2 vs Belanda 0; Luksemburg1 vs Prancis 3.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
timnas prancis, timnas belanda, pra piala dunia 2018, Timnas Swedia, Timnas Bulgaria

Sumber : Reuters, Soccerway, & Antara/FIFA.com

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top