Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Piala Afrika: Mahrez Dkk Tersingkir, Tunisia Ikut Senegal Lolos

Aljazair, yang diperkuat dua pemain Leicester City Riyad Mahrez dan Islam Slimani, kandas di fase grup Piala Afrika 2017.
Gelandang Senegal Papakouli Diop (kanan) merayakan gol ke gawang Aljazair bersama Zargo Toure. Skor akhir 2-2 dan Aljazair tersingkir./EuroSport
Gelandang Senegal Papakouli Diop (kanan) merayakan gol ke gawang Aljazair bersama Zargo Toure. Skor akhir 2-2 dan Aljazair tersingkir./EuroSport

Bisnis.com, JAKARTA - Aljazair, yang diperkuat dua pemain Leicester City Riyad Mahrez dan Islam Slimani, tersingkir setelah dalam laga lainnya Tunisia mempecundangi Zimbabwe dengan skor 4-2 dalam perhelatan Piala Afrika di Gabon.

Di Stadion D'Angondje di Libreville, ibu kota Gabon, pada Selasa dini hari WIB (24/1/2017) Tunisia menang 4-2 atas Zimbabwe berkat gol-gol yang seluruhnya terjadi pada babak pertama melalui Naim Sliti (9’), Youssef Msakni (22’), Taha Yassine Khenissi (36’), dan penalti Wahbi Khazri (45’).

Adapun dua gol Zimbabwe dalam matchday terakhir Grup B itu dilesakkan oleh Knowledge Musona (42’) dan Tendai Ndoro (58’).

Dengan kemenangan 4-2, apa pun hasil pertandingan Aljazair versus Senegal—yang telah memastikan lolos sejak pertandingan kedua—tidak bermanfaat lagi bagi Mahrez dan kawan-kawan untuk lolos ke babak perempat final atau 8 besar.

Kemenangan pun hanya akan menempatkan Aljazair di posisi ketiga dengan nilai 4, sedangkan Tunisia, berkat kemenangan atas Zimbabwe, telah menuai nilai 6.

Bermain di Stadion Franceville, dua kali Aljazair unggul, namun dua kali pula berhasil disamakan oleh Senegal. Islam Slimani membuka skor untuk Aljazair pada menit ke-10, namun disamakan oleh Papakouli Diop, yang sehari-hari merumput bersama klub La Liga Espanyol, 2 menit menjelang jeda.

Pada babak kedua, baru berjalan 7 menit, Islam Slimani kembali membawa Aljazair unggul 2-1, namun hanya dalam hitungan detik kemudian Senegal kembali membuat skor imbang 2-2 lewat kontribusi gol Moussa Sow, pemain klub Turki Fenerbahce.

Dengan hasil ini, Senegal lolos ke perempat final sebagai juara Grup B dengan nilai 7, didampingi Tunisia 6. Adapun dua tim yang tersingkir ialah Aljazair (2) dan Zimbabwe (1).

Juara bertahan turnamen ini ialah Pantai Gading yang 2 tahun lalu menundukkan Ghana dalam pertandingan final di Bata, Guinea Khatulistiwa, melalui adu penalti dengan skor 9-8 setelah permainan selama 120 menit skor imbang tanpa gol.

Sebanyak 16 tim akan bertarung meraih kehormatan tertinggi pentas sepak bola di Benua Hitam edisi tahun ini. Ke-16 tim itu dibagi menjadi empat grup.

Grup A diisi tuan rumah Gabon, Burkina Faso, Kamerun, dan Guinea Bissau. Grup B Aljazair, Tunisia, Senegal, Zimbabwe. Grup C juara bertahan Pantai Gading, Republik Demokratik Kongo (dahulu Zaire), Maroko, Togo. Grup D Ghana, Mali, Mesir, Uganda.

Juara turnamen kali ini akan mewakili Afrika ke Piala Konfederasi 2017 di Rusia yang diselenggarakan Federation Internationale de Football Association (FIFA).

Turnamen kali ini merupakan edisi ke-30. Mesir merupakan negara pengoleksi gelar juara terbanyak sejak turnamen antarnegara Afrika ini dimulai pada 1957 yakni tujuh kali yakni pada edisi 1957, 1959, 1986, 1998, 2006, 2008, dan 2010.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper