Menjelang Pra-Piala Dunia, Robbie Keane Pensiun dari Timnas Irlandia

Top skor sepanjang masa Timnas Republik Irlandia Robbie Kane segera mengundurkan diri dari tim nasional setelah 18 tahun membela negaranya dan mencetak 67 gol.
M. Syahran W. Lubis | 25 Agustus 2016 08:53 WIB
Robbie Keane - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Top skor sepanjang masa Timnas Republik Irlandia Robbie Kane segera mengundurkan diri dari tim nasional setelah 18 tahun membela negaranya dan mencetak 67 gol, yang menempatkannya di peringkat ke-15 tertinggi top skor timnas di seluruh dunia.

Striker klub Major League Soccer (MLS) AS Los Angeles Galaxy itu akan memainkan pertandingan terakhir melawan Timnas Oman yang dijadwalkan berlangsung pada 31 Agustus 2016 di Dublin, ibu kota Republik Irlandia.

Sebenarnya pemain berusia 36 tahun itu masuk dalam Timnas Republik Irlandia yang akan bertanding dalam Pra-Piala Dunia 2018 melawan Serbia pada 5 September 2016, namun tentu saja namanya harus digantikan dengan pengunduran dirinya ini.

“Bisa main untuk Irlandia selama lebih dari 18 tahun sejak debut pada 1998 sungguh menakjubkan. Sebagai anak muda yang mulai main bola di jalanan di Dublin, saya tak pernah membayangkan hidup yang telah saya lalui, ini melewati harapan yang paling liar sekalipun,” tuturnya pada Rabu (24/8/2016).

Robert David Keane, begitu nama aslinya, kelahiran Dublin, 8 Juli 1980, memulai debut untuk timnasnya pada 1998 ketika baru berusia 18 tahun. Dia hanya perlu 6 tahun untuk mengambil alih posisi top skor sepanjang masa Irlandia dari Niall Quinn.

Terakhir dipercaya sebagai kapten timnas dan juga di klubnya, LA Galaxy. Sebelum dengan klub AS itu, dia sempat merumput bersama sejumlah tim kondang seperti Wolverhampton Wanderers, Coventry City, Inter Milan, Leeds United, Tottenham Hotspur, Liverpool, Celtic, West Ham United, dan Aston Villa.

Dengan bermain dalam 145 pertandingan, Keane juga pemegang caps terbanyak untuk negaranya. Di antara 67 golnya, satu di antaranya yang paling patut diingat ialah ketika mencetak gol di ujung laga ke gawang Jerman dalam pertandingan Grup E Piala Dunia 2002 di Ibaraki, Jepang, yang berakhir 1-1, hasil yang mengantar Timnas Irlandia lolos ke fase knock out.

Pelatih Timnas Irlandia Martin O’Neill mengemukakan Robbie Keane merupakan salah satu pemain terbaik dalam sejarah sepak bola negara tersebut. “Kita tak akan melihat pemecahan rekor golnya dalam waktu yang lama, kalau tidak selamanya.”

Pernyataan sang pelatih masuk akal, sebab pemain yang masih aktif saat ini yang mengikuti rekor gol Robbie Keane adalah Shane Long, pemain Southampton, yang baru mencetak 16 gol untuk Timnas Irlandia, sementara usianya pun telah 29 tahun yang berarti masa produktifnya segera berakhir.

Sumber : Reuters & BBC

Tag : Timnas Republik Irlandia
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top