Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelatih Timnas Spanyol Mengundurkan Diri

Pelatih timnas Spanyol Vicente del Bosque mengatakan bahwa ia mengundurkan diri dari pekerjaannya, hanya tiga hari setelah sang juara bertahan disingkirkan Italia pada putaran final Piala Eropa 2016 yang berlangsung di Prancis.
Pelatih Spanyol, Vicente Del Bosque/Reuters
Pelatih Spanyol, Vicente Del Bosque/Reuters

Bisnis.com, MADRID - Pelatih timnas Spanyol Vicente del Bosque mengatakan bahwa ia mengundurkan diri dari pekerjaannya, hanya tiga hari setelah sang juara bertahan disingkirkan Italia pada putaran final Piala Eropa 2016 yang berlangsung di Prancis.

"Tentu saja, saya tidak berniat meneruskannya," ucapnya pada wawancara dengan Radio Nacional de Espana pada Kamis. "Ini merupakan keputusan yang telah saya ambil sebelumnya." Spanyol, yang berusaha untuk memenangi mahkota Eropa ketiga mereka secara beruntun, kalah 0-2 dari Italia pada 16 besar yang berlangsung pada Senin.

Del Bosque (65) memimpin Spanyol menjuarai Piala Dunia untuk pertama kalinya pada 2010, dan meneruskan kesuksesan itu dengan mengamankan mahkota Piala Eropa Spanyol untuk kedua kalinya dua tahun kemudian.

Pada titik itu, Spanyol merupakan tim dominan di dunia sepak bola, dengan permainan penguasaan bola tempo tinggi mereka yang kemudian berupaya ditiru banyak tim.

Bagaimanapun, status tidak tersentuh mereka memudar pada Piala Dunia 2014, ketika mereka tersingkir di fase grup setelah kalah pada dua pertandingan pembukaan.

Del Bosque, yang memenangi dua mahkota Liga Champions dan dua gelar Liga Spanyol saat mengarsiteki Real Madrid selama empat tahun sejak 1999, dibujuk untuk bertahan sebagai pelatih Spanyol dan memimpin mereka ke putaran final Piala Eropa 2016 di mana mereka mencapai 16 besar.

Bagaimanapun, mereka ditaklukkan oleh tim Italia yang bermain terorganisir dan terlihat seperti bayang-bayang dari tim-tim asuhan Del Bosque sebelumnya.

"Bagaimanapun hasil di Piala Eropa, saya tidak ragu tentang masa depan saya," tuturnya.

"Ini merupakan keputusan yang telah saya ambil sebelumnya. Saya tidak mau bersembunyi ataupun memamerkan diri saya."


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA/REUTERS
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper