Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HASIL SEA GAMES: Indonesia vs Filipina Skor 2-0, Cukup 1 Angka Lagi ke Semifinal

Indonesia untuk sementara unggul dengan skor 2-0 atas Filipina dalam pertandingan lanjutan Grup A cabang sepak bola Sea Games 2015 di Stadion Jalan besar di Kallang, Simgapura.
Timnas Indonesia U-23/Antara-Wahyu Putro
Timnas Indonesia U-23/Antara-Wahyu Putro

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia unggul dengan skor 2-0 atas Filipina dalam pertandingan lanjutan Grup A cabang sepak bola Sea Games 2015 di Stadion Jalan besar di Kallang, Singapura.

Dengan hasil itu, Indonesia menempati posisi kedua klasemen sementara Grup A di bawah Myanmar. Myanmar punya nilai 9, sedangkan Indonesia sama dengan Singapura yakni 6, namun Indonesia unggul selisih gol +5 berbanding +2.

Dengan demikian, dalam pertandingan terakhir Indonesia hanya perlu seri dengan Singapura untuk lolos ke semifinal mendampingi Myanmar. Pertandingan Indonesia versus Singapura dijadwalkan berlangsung pada Kamis (11/6/2015) mulai pk. 19:30 WIB dan kembali akan disiarkan secara langsung oleh SCTV.

Sebagaimana tayangan langsung SCTV, kedua gol Indonesia ke gawang Filipina dicetak oleh kapten tim Evan Dimas Darmono. Dalam pertandingan Selasa malam WIB (9/6//2015), pelatih Aji Santoso menepati janji untuk menekan sejak kick off.

Alhasil, Indonesia langsung unggul 1-0 berkat gol Evan Dimas Darmono ketika pertandingan baru saja dimulai. Mendapat umpan terobosan jarak jauh dari area tengah lapangan, dia menggiring bola melewati satu pemain belakang lawan dan melepas tendangan silang mendatar ke pojok kanan bawah gawang Filipina. Skor 1-0.

Pada menit 13, Evan Dimas kembali menjebol gawang Filipina dengan memanfaatkan umpan silang Paulo Oktavianus Sitanggang yang mengelebuui dua pemain lawan di sisi kanan pertahanan Filipina, 2-0.

Sejumlah peluang yang berawal dari bola mati pun hampir saja menambah gol untuk skuat Garuda Muda. Sundulan Hansamu Yama tepat jatuh di pelukan kiper Filipina Florencio Badelic, sementara sundulan kepala Ahmad Noviandani jatuh tipis di kanan gawang.

Indonesia terus melanjutkan tekanan. Pada menit ke-28 Muchlis Hadi Ning Saifulloh mendapat peluang terbaik saat berhadapan dengan kiper lawan, tapi tendangannya masih dapat diblok penjaga gawang Badelic.

Hanya 2 menit kemudian gawang Indonesia nyaris kebobolan. Beruntung tendangan keras dari luar kotak penalti dari Gerrardo Valmayor tipis saja menyamping kiri gawang Merah Putih.

Pada menit ke-30, tendangan dari luar kotak penalti dari Zulfiandi ditepis kiper Badelic, sayang bola rebound tidak mengarah ke Evan Dimas yang datang menyongsong sehingga akhirnya bisa dibuang pemain belakang lawan.

Pada menit ke-37 Indonesia hampir menambah keunggulan saat tendangan keras jarak jauh dari Ahmad Noviandani tipis melayang di atas mistar gawang Filipina.

Dani lagi-lagi mendapat peluang 2 menit berselang. Mendapat umpan pendek di dalam kotak penalti dari bek Muhammad Abdul Lestaluhu yang melakukan overlapping, Dani berhadapan langsung dengan kiper lawan, namun sang kiper Badelic berjibaku merebut bola dari kaki Dani.

Namun pada menit ke-42 jebakan offside yang gagal dari pemain Indonesia nyaris membuat gawang Indonesia jebol. Valmayor kembali mendapatkan peluang dan kali ini merupakan peluang terbaik untuk Filipina, namun upayanya melob bola melewati jangkauan kiper Teguh Amiruddin gagal, karena penjaga gawang skuat Garuda Muda itu mampu membaca arah bola dan memetiknya di udara.

Memasuki babak kedua Indonesia terus menekan. Baru 5 menit berjalan, Indonesia layak mendapat gol tambahan. Berawal dari overlapping bek Vava Mario Zagalo yang mengiris sisi kiri pertahanan Filipina, umpannya kepada Dani diteruskan ke Muchlis, namun eksekusi Muchlis tak sempurna sehingga bisa digagalkan oleh bek Filipina yang mengejar dari belakang.

Pada menit 65 Evan Dimas digantikan Wawan Febrianto. Dampaknya, permainan Indonesia menurun dan Filipina bangkit menekan. Sejumlah tendangan jarak jauh dari para pemain Filipina mengancam gawang Indonesia.

Puncaknya dua peluang terjadi pada injury time. Mulai berani masuk kotak penalti Indonesia, Paolo Saolenga dengan kepala menyambar umpan lambung Paolo Bugas, beruntung bola jatuh di sisi kiri gawang Teguh.

Semenit kemudian Shirmar Felongco melakukan tendangan salto di depan gawang Indonesia, beruntung kiper Teguh kembali berdiri dalam posisi yang tepat untuk menangkap bola yang dilepas pemain lawan yang telah berdiri begitu bebas. Skor akhir 2-0.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper