INDONESIA VS MYANMAR Skor 1-2, Sudah Bekerja Keras, Peluang Tetap Terbuka

Indonesia takluk dengan skor 2-4 dari Myanmar dalam pertandingan Grup A cabang sepak bola Sea Games 2015 di Stadion Jalan Besar Singapura pada Selasa malam (2/6/2015).
M. Syahran W. Lubis | 02 Juni 2015 21:33 WIB
Evan Dimas (tengah), andalan Timnas Indonesia di Sea Games - Antara/Ismar Patrizki

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia takluk dengan skor 2-4 dari Myanmar dalam pertandingan Grup A cabang sepak bola Sea Games 2015 di Stadion Jalan Besar Singapura pada Selasa malam (2/6/2015).

Dalam pertandingan yang disiarkan secara langsung oleh SCTV, Myanmar lebih banyak melakukan tekanan dibandingkan dengan Evan Dimas Darmono dkk terutama pada babak pertama.

Pada 45 menit babak pertama, meskipun dalam tekanan Myanmar, sebenarnya Indonesia justru lebih dulu mempunyai peluang ketika tendangan keras Ahmad Noviandani pada menit ke-17 masih dapat ditahan kiper lawan Kyaw Zin Phyo.

Semenit kemudian Mukhlis Hadi Ning Saifulloh menerobos kotak penalti lawan, mengelabui dua pemain Myanmar, tapi tendangannya masih terlalu pelan dan jatuh di sisi kiri gawang Myanmar.

Ironisnya justru 3 menit berikutnya Myanmar membuka gol melalui tendangan perlahan namun terarah ke sudut kiri gawang Indonesia dengan memanfaatkan assist Kaung Sat Naing.

Militansi Myanmar berlanjut dan mereka menggabndakan keunggulan pada menit ke-38 melalui sundulan kepala Sithu Aung memanfaatkan bola rebound yang lepas dari tangkapan kiper Muhammad Natshir yang mencoba mengantisipasi tendangan bebas kapten tim Nay Lin Tun.

Indonesia menghidupkan asa untuk tetap bisa bersaing setelah menjelang babak pertama selesai bek Muhammad Abduh Lestaluhu melepas bola lambung dari sisi kanan kotak penalti lawan dari sudut sempit. Bola terlalu tinggi untuk dijangkau kiper Phyo dan masuk menerpa sisi dalam jaring samping gawang Myanmar.

Memasuki babak kedua, Indonesia coba mengambil insiatif serangan lebih dulu. Namun, 10 menit berjalan, kesalahan fatal dan sangat mendasar dilakukan bek Hansamu Yama Pranata. Bola yang di daerah sendiri yang seharusnya cepat dia buang, malah dipermainkan terlalu lama dan akhirnya direbut Sithu Aung yang mudah saja menjebol gawang Natshir. Skor 1-3.

Hanya berselang 5 menit kemudian, giliran Shine Thura kembali membahayakan gawang Natshir. Menerima umpan lambung silang dari sisi kiri pertahanan Indonesia, gerakannya mendahului Saiful Indra Cahya dan meleas tendangan ke sudut kanan bawah gawang Indonesia, beruntung kiper Natshir masih bisa memblok dengan kaki kanan.

Namun pada menit 66 akhirnya gol keempat Myanmar datang juga melalui pemain pengganti bek Kyaw Zin Lwin yang memanfaatkan bola rebound dari Hansamu Yama yang dengan kepala menyapu bola tendangan bebas kapten tim Nay Lin Tun. Proses yang hampir serupa dengan gol kedua.

Indonesia berhasil memperkecil ketinggalan 2 menit kemudian melalui Ahmad Noviandani yang ngotot berebut bola dengan Hein Thiha Zaw dan akhirnya melepas tendangan keras ke sudut kiri gawang lawan. Skor 2-4.

Masuknya Ilham Udin Armayn, Yandi Sofyan Munawar, dan Paulo Oktavianus Sitanggang sempat menambah daya tekan Garuda Muda. Pada injury time tendangan Paulo sempat hanya tipis jatuh di sisi kanan gawang Myanmar.

Kekalahan ini belum mematikan asa skuat asuhan pelatih Aji Santoso. Masih ada tiga pertandingan melawan Filipina, Kamboja, dan Singapura yang diperjuangkan untuk meraih 3 angka. Bagaimana pun anak-anak Garuda Muda telah bekerja keras dan peluang tetap terbuka untuk lolos ke semifinal. Jadwal lengkap Grup A klik di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
timnas u-23, sea games 2015

Editor : M. Syahran W. Lubis
Top