Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

REAL MADRID Pecat Ancelotti, Ini Catatan Kariernya

Real Madrid resmi memecat Carlo Ancelotti sebagai pelatih klub berjuluk Los Blancos tersebut pada Selasa dini hari WIB (26/5/2015). Muncul dua nama terkuat sebagai pengganti pos panas yang ditinggalkan lelaki Italia itu yakni Rafael Rafa Benitez dan Zinedine Yazid Zidane.
Carlo Ancelotti/Reuters-Ina Fassbender
Carlo Ancelotti/Reuters-Ina Fassbender

Bisnis.com, JAKARTA - Real Madrid resmi memecat Carlo Ancelotti sebagai pelatih klub berjuluk Los Blancos tersebut pada Selasa dini hari WIB (26/5/2015). Muncul dua nama terkuat sebagai pengganti pos panas yang ditinggalkan lelaki Italia itu yakni Rafael ‘Rafa’ Benitez dan Zinedine Yazid Zidane.

Berikut catatan perjalanan karier Carletto, panggilan Ancelotti, sebagai pemain dan pelatih:

* Lahir di Reggiolo, Italia, pada 10 Juni 1959

* Bermain sebagai gelandang di klub Parma, AS Roma, dan AC Milan, membantu Roma memenangi titel juara Serie A pada 1983 dan empat gelar Coppa Italia sebelum bergabung ke Milan pada 1986.

* Bersama Milan, menambah lagi dua gelar Serie A dan meraih dua gelar Piala Eropa antarklub (kini Liga Champions) secara berturut-turut pada 1989 dan 1990.

* Memperkuat Timnas Italia dalam 26 pertandingan, termasuk membawa tim berjuluk Gli Azzurri itu menempati peringkat ketiga Piala Dunia 1990.

* Memulai karier sebagai pelatih di klub Serie B Reggiana pada 1995 dan membawanya promosi ke Serie A, kemudian bergabung ke Parma untuk dua musim berikutnya.

* Menggantikan pelatih kawakan Marcelo Lippi di Juventus pada Februari 1999 dan kembali menangani Milan sebagai pelatih pada 2001.

* Bersama Milan, memenangi dua gelar Liga Champions, satu titel Serie A, satu Coppa Italia, dan menjuarai Piala Dunia Antar-Klub 2007. Pada akhir Mei 2009, meninggalkan Milan setelah membawa klub finis di posisi ke-3 Serie A.

* Sehari kemudian, dia menggantikan Guus Hiddink sebagai pelatih klub Liga Primer Inggris Chelsea untuk kontrak berdurasi 3 tahun.

* Pada musim pertamanya langsung membawa Chelsea meraih gelar juara Liga Primer dengan melewati Manchester United dalam enam pertandingan terakhir kompetisi termasuk kemenangan 2-1 atas MU sendiri.

* Membawa Chelsea melengkapi trofi pada musim 1009-2010 dengan meraih gelar juara Piala FA setelah menang 1-0 atas Portsmouth dalam pertandingan final.

* Musim berikutnya Chelsea harus melalui perjuangan berat agar bertahan di empat besar dan pemilik klub Roman Abramovich juga menginginkan gelar di Liga Champions, namun 3 bulan kemudian harapan itu dikandaskan MU di perempat final.

* Ancelotti dipecat pada akhir musim setelah kalah 0-1 dari Everton yang membuat Chelsea hanya menempati posisi ke-2, tertinggal 9 angka dari rivalnya MU yang menjadi juara.

* Bergabung dengan Paris Saint Germain (PSG) pada Desember 2011 dan memulai musim pertamanya dengan finis di posisi kedua Ligue 1 di belakang juara Montpellier.

* Musim berikutnya membawa PSG juara Ligue 1 ketika setiap tim masih menyisakan dua pertandingan.

* Bergabung dengan Real Madrid pada Juni 2013 mengambil alih posisi yang ditinggalkan Jose Mourinho yang balik menangani Chelsea dan langsung mengantar Real Madrid menjadi juara Liga Champions untuk ke-10 kali atau terbanyak dalam sejarah. Pada musim yang sama Real juga juara Piala Raja (Copa del Rey).

* Pada musim 2014-2015 membawa Real Madrid memenangi 22 pertandingan berturut-turut dan memimpin klasemen Divisi Primer La Liga Spanyol hingga akhir putaran pertama, namun memasuki 2015 atau putaran kedua Real madrid jeblok dan akhirnya dilewati rival abadinya, FC Barcelona.

* Nasib buruk mulai terlihat menghampiri Ancelotti ketika gagal mengambil alih lagi kepemimpinannya di klasemen La Liga dari Barcelona dan tumbang pula dari Juventus dalam semifinal Liga Champions.

* Akhirnya Ancelotti dipecat pada Selasa dini hari WIB (26/5/2015) sebelum habis masa kontrak selama 3 tahun.

* Ancelotti merupakan salah satu dari hanya enam orang—bersama Miguel Munoz, Giovanni Trapattoni, Johan Cruyff, Frank Rijkaard, dan Pep Guardiola—yang memenangi Piala Eropa antarklub (Liga Champions) sebagai pemain dan pelatih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper