Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Pemain Timnas Indonesia U-23 Hajar Malaysia Skor 1-0, Gol Tendangan Pisang Wawan

Timnas Indonesia U-23 menang 1-0 atas Malaysia U-23 hingga dalam laga uji coba yang digelar di Stadion Si Jalak Harupat di Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada Kamis (21/5/2015).
Timnas Indonesia U-23/Antara-Wahyu Putro
Timnas Indonesia U-23/Antara-Wahyu Putro

Bisnis.com, JAKARTA - Timnas Indonesia U-23 menang dengan skor tipis 1-0 atas Malaysia U-23 dalam pertandingan uji coba di Stadion Si Jalak Harupat di Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada Kamis (21/5/2015).

Pertandingan uji coba menjelang Sea Games 2015 di Singaopura bulan depan yang dipimpin wasit Thong Chanketya (Kamboja) dan disiarkan secara langsung oleh RCTI ini tidak dapat disaksikan penonton secara langsung di dalam stadion karena tidak terbitnya izin dari pihak berwenang.

Gol semata wayang yang terjadi pada menit ke-35 yang dikontribusi oleh Wawan Febrianto dengan tendangan melengkung, atau biasa disebut tendangan pisang, dari luar kotak penalti yang tidak disangka oleh kiper Malaysia Farhan Abu Bakar berbelok masuk di sutud kanan atas gawangnya.

Satu-satunya itu merupakan realisasi tunggal dari demikian banyak peluang terbuang bagi Indonesia sepanjang babak pertama. Sejumlah peluang muncul terutama dari Yohanes Ferinando Pahabol yang ditempatkan sebagai ujung tombak oleh pelatih Aji Santoso.

Setidaknya tiga kali Pahabol berhadapan dengan kiper lawan, namun eksekusinya yang lambat membuat peluang akhirnya musnah karena kehilangan momentum dan sebagian bisa disapu pemain belakang Harimau Muda.

Ada pula dua tendangan Pahabol yang sempat mengancam gawang Malaysia, namun satu masih tipis di atas mistar gawang dan satu lagi tendangan keras dari luar kotak penalti dapat diterpis kiper Farhan Abubakar.

Memasuki babak kedua, malaysia langsung menggedor pertahanan Indonesia dan beberapa kali membahayakan gawang Garuda Muda yang dikawal kiper Persib bandung Muhammad Natshir.

Namun, di tengah derasnya serangan Malaysia, Indonesia justru mendapat peluang pada menit ke-60 ketika sundulan kepala Hansamu Yama Pranata sambil menjatuhkan diri menyambar umpan lambung Wawan hanya dalam hitungan sentimeter jatuh di sisi luar kanan gawang Malaysia.

Sayang dan ironis, hanya semenit kemudian Hansamu kena kartu kuning kedua lantaran melanggar lawan dari belakang. Akibat pada babak pertama juga telah kena kartu kuning, maka Hansamu harus meninggalkan lapangan.

Bermain dengan hanya 10 pemain, Malaysia terus meningkatkan intensitas tekanan ke wilayah pertahanan Merah Putih.

Hanya 6 menit atau pada menit 67, setelah Indonesia hanya main dengan 10 pemain, Malaysia nyaris menyamakan skor. Amirul Hisyam menerobos hingga kotak penalti dan melepas tendangan keras, beruntung dalam kondisi sulit kiper Natshir masih dapat menepis bola sehingga hanya menerpa dengan keras mistar gawang.

Berselang 3 menit kemudian giliran Sahrul Azwari yang hampir saja mencetak gol ke gawang Natshir. Dia bisa melewati pemain pengganti Agung Prasetyo dan langsung berhadapan dengan kiper Natshir, namun tendangan menyimpang dari bidang sasaran.

Menit 73, lagi-lagi Malaysia punya peluang lewat tendangan keras Devandran Saarvindran dari luar kotak penalti, namun kiperNatshir berjibaku menepis bola.

Pada menit 80 giliran Indonesia membuang peluang. Saiful Indra Cahya telah berada di kotak gawang lawan, namun belum juga bisa menjebol gawang Malaysia. Skor akhir tetap 1-0 untuk Garuda Muda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper