Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OLIMPIADE 2016: Juara di Uruguay, Argentina Tim Pertama Lolos ke Brasil

Argentina menjadi negara pertama yang lolos babak kualifikasi ke Olimpiade 2016.
Timnas Argentina U-20/Reuters-Andres Stapff
Timnas Argentina U-20/Reuters-Andres Stapff

Bisnis.com, JAKARTA - Argentina berhasil memuncaki Kejuaraan Sepak Bola Amerika Selatan 2015 yang berlangsung di Uruguay. Turnamen itu sekaligus merupakan babak kualifikasi Piala Dunia U-20 2015 di Selandia Baru dan kualifikasi Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil.

Empat tim teratas yakni Uruguay, Kolombia, Uruguay, dan Brasil lolos ke putaran final Piala Dunia 2015 yang bakal dilaksanakan di Selandia Baru pada pertengahan tahun ini. Sementara sebagai juara, Argentina langsung lolos ke Olimpiade 2016.

Argentina menjadi negara pertama yang lolos melalui babak kualifikasi ke Olimpiade 2016, tentunya bersama Brasil yang masuk sebagai tuan rumah. Baru Argentina yang lolos ke Olimpiade lewat kualifikasi. Kontestan dari zona lainnya belum ada karena memang kualifikasi belum digelar.

Selain Argentina dan Brasil sebagai tuan rumah, zona Amerika Selatan yang di bawah naungan Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol) masih memungkinkan menambah satu lagi wakil di Olimpiade 2016 yakni runner up Kejuaraan Sepak bola Amerika Selatan U-20 Kolombia.

Hanya saja, Kolombia harus melewati satu lagi fase yakni babak kncok out melawan wakil dari zona Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Karibia (Concacaf) yang belum diketahui timnya.

Babak kualifikasi Olimpiade 2016 zona Concacaf baru digelar pada Januari 2016. Juara kualifikasi langsung lolos ke Rio, sedangkan runner upnya akan melawan Kolombia.

Sementara itu dari zona Asian Football Confederation (AFC), tiga negara akan lolos ke Olimpiade 2016 yang akan ditentukan melalui Piala Asia U-23 yang berlangsung pada 12-30 Januari 2016 di Qatar.

Dari zona Afrika, tiga tim akan lolos yang ditentukan melalui Piala Afrika U-23 2015 yang digelar di Republik Demokratik Kongo (dahulu Zaire) pada 5-19 Desember 2015.

Dari zona Oseania babak kualifikasi baru dilaksanakan pada Desember 2015 di Tonga dengan jatah hanya satu dari Oceania Football Confederation (OFC).

Sementara itu Eropa mendapat jatah enpat tim untuk Olimpiade 2016 yang akan ditentukan melalui babak kualifikasi yang akan digelar pada Juni 2015 di Republik Ceska bersamaan dengan Piala Eropa U-21.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper